Cara Menanam Strawberry

Cara Menanam Strawberry – Halo sahabat @PakTani11, siapa yang tidak kenal dengan buah strawberry? Tentunya semua orang mengenal buah ini baik dari kalangan anak-anak, remaja, bahkan dewasa. Apa lagi di kalangan perempuan, bagi mereka manfaat strawberry sangat bagus untuk membantu menjaga kecantikan kulit wajahnya.

Strawberry merupakan buah dengan bentuk cantik, rasanya nikmat, dan segar yang di gandrungi oleh hampir semua kalangan.

Di Indonesia, buah strawberry merupakan salah satu buah yang cukup populer di budidaya oleh petani atau bahkan oleh sebagian orang yang hanya ingin menanam strawberry di sekitar rumah.

Buah strawberry di samping dapat dimakan langsung, oleh sebagian orang buah ini juga dapat diolah menjadi makanan atau minuman.  Contohnya selai, jus, dan lain sebagainya.

Buah ini juga banyak membawa manfaat di bidang kesehatan dan dijadikan sebagai campuran alami untuk pembuatan produk kesehatan dan kecantikan.

Dengan berbagai manfaat dan kegunaannya, serta mudah untuk di budidaya, menjadi salah satu faktor bukan hanya petani tetapi orang awam pun banyak yang membudidayakan buah ini.

Sebelum berlanjut ke pembahasan selanjutnya, ada baiknya Anda perhatikan hal-hal yang mempengaruhi tumbuh berkembangnya strawberry di bawah ini.

Cara Jika Anda berminat untuk budidaya buah strawberry ini, berikut akan Saya jelaskan beberapa cara menanam strawberry dengan media polybag atau pot.Menanam Strawberry di Polybag atau Pot

Cara menanam strawberry di polybag atau pot
Sumber Gambar: faunadanflora.com
  • Tahap awal yaitu siapkan bibit strawberry, bisa dengan membeli atau menyemai biji strawberry seperti yang Saya jelaskan diatas.
  • Kemudian, siapkan polybag atau pot dan media pengisi nya. Media pengisi ini dibuat dari susunan tanah serta pupuk kompos dengan perbandingan 1:1.
  • Campuran media tanam langsung dapat di masukan kedalam polybag atau pot, dan karung yang dijadikan wadah tampung tanaman.
  • Buat lubang, lalu tanam bibit strawberry ke dalamnya.
  • Siram bibit tersebut setiap hari pada waktu pagi dan sore. Jangan lupa jaga tingkat kelembaban tanah.

Setelah tahap penanaman selesai, maka tahap selanjutnya adalah tahap perawatan dan pemeliharaan.

Tahap Perawatan dan Pemeliharaan

Tahap perawatan tanaman strawberry
Sumber Gambar: warasfarm.files.wordpress.com

1. Penyiraman

Siram tanaman strawberry menggunakan embrat secara rutin dari awal pertumbuhan hingga masuk fase generatif. Lakukanlah penyiraman secara intensif.

Pastikan Anda menjaga kelembaban media tanam, jangan sampai kekurangan air atau terlalu banyak air.

2. Penyulaman

Jika tanaman strawberry mengalami kendala/gangguan pertumbuhan, rusak, layu, tidak tumbuh sempurna, atau bahkan mati, maka segera lakukan langkah penyulaman.

Ganti tanaman yang mati dengan bibit tanaman baru pada pot yang sama.

Penyulaman ini penting dilakukan guna dapat mengidentifikasi masalah agar berikutnya tidak terjadi lagi atau bahkan sampai gagal panen.

3. Pengendalian Hama Penyakit

Selalu cek tanaman agar tidak terserang hama. Jika terdapat hama yang menempel di tanaman, maka dapat langsung dibuang, atau menyemprotkan pestisida yang dikhususkan untuk tanaman strawberry.

4. Pemupukan

Setelah memasuki masa usia 2 bulan, maka pohon strawberry siap untuk di pupuk, agar dapat mempertahankan kemampuan tumbuh bahkan mempercepat pertumbuhan.

Gunakan lah pupuk organik atau anorganik dengan jumlah dosis yang tidak berlebihan.

Pada saat pemupukan, usahakan tidak mengenai batang, daun, atau buahnya.

Perampelan dilakukan ketika terdapat batang tunas tanaman yang tumbuh berlebih. Caranya dengan memotong 1-2 tunas di samping tanaman (umumnya merunduk) pada pohon.

5. Memberikan Fitrohormon

Sudah banyak petani holtikultura yang paham dan mengetahui teknik memperbanyak buah yaitu dengan cara memberikan hormon pada tanaman.

Hormon tersebut umumnya di injeksikan atau di suntik di bagian batang tanaman.

Biasanya, hormon yang dipakai adalah hormon gas etilen yang dapat mempercepat proses pematangan buah pada pohonnya. Hormon lain yang digunakan adalah Indol Asam Asetat dengan giberelin untuk mempertebal batang tanaman agar menghasilkan buah lebat dan banyak.

Fitrohormon sendiri merupakan senyawa organik yang terbentuk secara alami atau dibuat sendiri oleh manusia. Fitrohormon ini dapat Anda beli di toko pertanian. Namun sebelum menggunakannya, Saya sarankan untuk konsultasi terlebih dahulu ke dinas pertanian terdekat di daerah Anda.

Hal yang Perlu Diketahui Agar Strawberry Dapat Hidup Tumbuh Berkembang

Hal hal yang harus diperhatikan dalam menanam strawberry
Sumber Gambar: pertanianku.com
  • Strawberry tidak bisa tumbuh atau bahkan hanya sekedar bertahan jika curah hujan tinggi. Strawberry tumbuh baik dan dapat menghasilkan buah dengan sempurna di daerah curah hujan 600-700 mm per tahun.
  • Tumbuh dan berkembangnya strawberry dapat berlangsung dengan baik jika mendapat sinar matahari sekitar 8-10 jam dalam sehari.
  • Di Indonesia, buah strawberry dapat tumbuh dengan baik karena strawberry termasuk dalam tanaman subtropis. Namun, strawberry lebih mudah beradaptasi di dataran tinggi dengan temperatur suhu antara 17-20 derajat celcius,
  • Hasil maksimal akan diperoleh jika strawberry ditanam pada dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1.000-1.500 meter diatas permukaan air laut.
  • Media tanam buah strawberry dengan tabulampot harus mempunyai sifat poros, mudah menelan air, dan unsur hara yang cukup.
  • Derajat keasaman pH tanah ideal untuk budidaya strawberry berkisar antara 6,5-7,0.
  • Dan yang terakhir tingkat kelembaban udara yang dapat mempengaruhi pertumbuhan strawberry adalah sekitar 70-80%.

Untuk memulai menanam strawberry, ada dua cara, cara pertama dengan membeli bibit strawberry yang sudah jadi, dan cara kedua anda bisa membeli biji strawberry dan melakukan penyemaian manual.

Jika Anda ingin memulai menanam strawberry dengan biji, silahkan baca tata cara menyemai biji strawberry di bawah ini.

Cara Menyemai Biji Strawberry

Untuk memulai penyemaian, Saya sarankan menggunakan wadah berupa toples, ember kecil, atau wadah plastik lainnya yang berwarna putih bening/hitam. Jangan menggunakan wadah yang berwarna, karena warna kimia dari wadah bisa menghambat pertumbuhan benih strawberry.

Cuci sampai bersih wadah tersebut hingga tidak ada bekas kotoran, minyak, atau bekas makanan.

Masukan minimal 2 lapis tumpukan tisu ke dalam wadah tersebut dan basahi menggunakan air mineral dan jangan sampai tisu tergenang oleh air.

Perlu diingat! Menggunakan air mineral bukan air sumur, ledeng atau air sungai karena dikhawatirkan terdapat zat yang akan menghambat pertumbuhan benih.

  • Taburkan biji strawberry di atas tisu, dan usahakan tidak ada biji yang saling menempel. Beri jarak agar biji tumbuh dengan baik.
  • Tutup dengan rapat wadah tersebut dan simpan ditempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung.
  • Selalu cek wadah 2-4 hari sekali, dan pastikan tisu selalu dalam keadaan lembab serta basah.
  • Normalnya, biji strawberry membutuhkan waktu 2 pekan untuk berkecambah.
  • Jika bibit yang berkecambah mempunyai panjang rata-rata sekitar 5 mm-1 cm, tandanya bibit siap dipindahkan ke media tanam.

Tahap Tanam Selanjutnya

  • Wadah untuk menanam sementara bisa menggunakan potongan botol air mineral/gelas plastik. Tetap pastikan agar air tidak menggenang di wadah tanam.
  • Gunakan tanah yang sudah digemburkan dengan kompos dan campuran sedikit pasir. Anda juga dapat menggunakan cocopeat yang telah dicampur tanah dengan perbandingan 1:1.
  • Buatlah lubang kecil pada tanah di media tanam, dengan kedalaman 5 mm-1 cm, lalu pindahkan bibit menggunakan alat, misalnya pinset atau tusuk gigi. Jangan pakai tangan secara langsung.
  • Sebaiknya bibit terkubur tipis dengan lapisan diatas nya dan jangan terlalu tebal.
  • Selanjutnya siram wadah tanam secukupnya, jangan berlebih menyiram nya karena dapat membuat bibit menjadi busuk.
  • Tutup wadah tanam menggunakan plastik bening, lalu ikat dengan karet, serta jangan lupa beri lubang kecil 1-2 buah pada plastik tersebut untuk sirkulasi udara.
  • Lalu simpan wadah tanam di dalam ruangan sebaiknya dekat dengan jendela, hindari ditempat yang panas. Disarankan diletakan ditempat yang hangat namun jangan terkena sinar matahari langsung. 
  • Benih strawberry dapat di pindah ke luar ruangan jika sudah memiliki sekitar 6 daun, dan lebih baik tetap jangan terkena sinar matahari langsung dulu. Hal ini dimaksudkan agar tanaman dapat beradaptasi di tempat yang panas seperti dataran rendah.

Lain halnya jika strawberry ditanam di dataran tinggi yang mempunyai suhu dingin/sejuk. Maka hal tersebut tidak usah dilakukan.

Jika sudah memiliki daun lebih dari 8, maka bibit siap dipindahkan ke wadah permanen yaitu polybag atau pot. Perlu diingat, jangan sesekali beri pupuk apapun ke tanaman selama tanaman belum berusia 2 bulan.

Cara Untuk Membuat Tanaman Strawberry Cepat Berbuah

Selain melakukan perawatan, penyiraman secara rutin, serta pemupukan, Anda perlu melakukan kegiatan yang biasa disebut pendangiran dan penyiangan.

Kedua cara ini terbukti dapat membuat tanaman strawberry cepat untuk berbuah. Cara ini juga merupakan kegiatan yang koheren dan kohesif di dunia pertanian.

Kedua kegiatan ini diyakini oleh banyak petani dan pekebun sebagai salah satu faktor penyumbang terbesar dalam suksesnya kegiatan pertanian di seluruh dunia.

Para petani biasanya melakukan pendaringan untuk menggemburkan lahan nya yaitu dengan cara mencangkul kecil-kecil secara hati-hati dan jangan sampai mengenai akar tanaman.

Sementara penyiangan dilakukan dengan cara membersihkan serta mencabut rumput-rumput liar pada tanah dengan tujuan menjaga lahan atau media tanam agar selalu bersih. Tujuannya untuk terbebas dari tumbuhnya jamur, parasit, dan penyakit.

Tahap Panen

Umumnya, setelah berumur 2 bulan, buah strawberry siap untuk dipanen. Namun, tergantung cara perawatan nya, ada yang lebih dari 2 bulan atau kurang dari 2 bulan sudah siap untuk dipanen.

Ciri-ciri buah strawberry siap panen adalah daging buah terasa kenyal serta empuk saat dipegang. Ketika digigit akan ada rasa sedikit asam.

Kulit buah berwarna merah muda atau tua dengan disertai warna tangkai sedikit coklat kekuningan. Cara memanen strawberry ini dapat dilakukan dengan menggunakan gunting khusus untuk memetik buah, bisa juga menggunakan pisau yang tajam.

Bagaimana? Mudah bukan cara budidaya strawberry? Tidak perlu lahan luas untuk menanam strawberry, cukup menggunakan polybag atau pot Anda sudah bisa menjadi petani buah strawberry.

Kuncinya sabar, tekun, serta jangan takut jika menemui kegagalan dalam budidaya strawberry ini. Demikian pembahasan mengenai Cara Menanam Strawberry. Cari tahu lebih banyak manfaat strawbberry.

Tinggalkan komentar