Cara Mengobati Vertigo dengan Jahe

Cara Mengobati Vertigo dengan Jahe – Halo sahabat @PakTani11, cara alami untuk mengobati penyakit vertigo adalah dengan herbal. Salah satunya yaitu menggunakan jahe.

Penyakit vertigo adalah penyakit dengan ciri-ciri rasa pusing yang berputar-putar sehingga menyebabkan hilangnya keseimbangan.

Orang yang terkena vertigo biasanya bersifat kambuhan. Dan kambuhnya berbahaya karena tidak bisa disangka-sangka dan datangnya tiba-tiba tidak melihat sedang beraktifitas apa.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mengobati vertigo dengan cara alami. Salah satunya yaitu dengan manfaat jahe. Hal ini bisa digunakan untuk meringankan penderita sebelum mendapat penanganan khusus dari dokter.

Cara Mengobati Vertigo dengan Jahe

Cara Mengobati Vertigo dengan Jahe secara alami
Sumber Gambar: kurio-img.kurioapps.com

Karena sifatnya yang kambuh atau menyerang secara mendadak, maka penting untukj kita mengetahui cara mengobati secara alami.

Setidaknya ada pertolongan pertama yang bisa dilakukan ketika menghadapi orang yang terserang vertigo.

Cara mengobati vertigo secara alami bisa dilakukan dengan menggunakan rempah-rempah yang bernama jahe.

Bagaimana caranya? Nah ini penting diketahui, khususnya bagi yang anggota keluarga terdekat memiliki penyakit vertigo.

1. Mengobati Vertigo dengan Teh Jahe

Ketika menghadapi seseorang yang terkena vertigo secara mendadak. Kita dapat membuatkan untuknya teh jahe atau rebusan jahe.

Meskipun ini dipercaya dapat membantu menyembuhkan vertigo ketika kambuh, bukan berarti dengan banyak meminum rebusan jahe vertigo akan hilang selamanya.

Justru jika kebanyakan minum rebusan jahe menjadi tidak baik untuk kesehatan. Baca efek samping minum rebusan jahe secara berlebihan.

Cara membuatnya seperti membuat wedang jahe pada umumnya. Boleh ditambahkan gula untuk menambah rasa manis pada teh jahenya.

2. Mengobati Vertigo dengan Ramuan Jahe

Selain dijadikan teh jahe, alternatif lainnya adalah dengan merubah jahe menjadi ramuan khususs.

Caranya sangat mudah, yaitu dengan menghaluskan jahe lalu tambahkan gula merah dan air panas atau hangat.

Jika menggunakan air panas, maka tunggu sampai hangat baru bisa diminum. Cara ini adalah sebagai pertolongan pertama ketika tidak ada penangan khusus.

Misalkan jauh dari rumah sakit atau puskesmas atau tempat berobat semacamnya. Maka sambil menunggu mendapat penanganan khusus, berikan ramuan jahe atau teh jahe untuk membantu menghilangkan pusing yang menyerang.

Kenali Bahaya Vertigo

Bahaya Vertigo dan cara mengobati vertigo secara alami
Sumber Gambar: harapanrakyat.com

Menurut situs dokter alodokter.com, jika dilihat dari penyebabnya, vertigo dibagi menjadi 2 jenis.

Pertama adalah vertigo sentral, dan kedua adalah vertigo perifer. Apa perbedaan dari kedua jenis tersebut?

Vertigo sentral merupakan jenis vertigo yang sumber penyebabnya adalah gangguan dari sistem syaraf pusat.

Sedangkan vertigo yang kedua yakni vertigo perifer merupakan jenis vertigo yang sumber penyebabnya datang dari masalah oragan keseimbangan ynag terletak di bagian dalam telinga.

Vertigo yang sering dialami oleh seseorang kebanyakan adalah jenis vertigo perifer. Adapun bahaya yang bisa disebabkan karena vertigo yaitu sebagai berikut.

1. Jatuh secara tiba-tiba tanpa melihat dimana lokasi berada

Bahaya mengancam ketika vertigo kambuh sampai menyebabkan kehilangan keseimbangan yang membuat penderita jatuh secara tiba-tiba.

Ini sangat berbahaya jika vertigo kambuh namun sedang berada di tepi sungai, di atas ketinggian, atau di lokasi-lokasi berbahaya lainnya.

2. Gangguan pendengaran

Vertigo jenis perifer yang merupakan jenis vertigo yang paling sering mengalami kambuh. Seperti yang sudah dibahas di atas, bahwa vertigo perifer merupakan jenis vertigo yang pusatnya di syaraf telinga bagian dalam.

Tentu ini akan memberikan efek tidak baik pada pendengaran. Bisa saja berdenging secara berlebihan, dan bisa juga sampai kehilangan pendengaran.

3. Tanda-tanda penyakit stroke

Vertigo juga bisa dikatakan sebagai tanda bahwa seseorang akan terserang stroke. Jika vertigo kambuh dengan gejala seperti melemahnya pada salah satu sisi tubuh, atau sulit untuk mengontrol gerakan pada tubuh, ini perlu diwaspadai dan segera beri penanganan khusus.

Gejala Umum yang Dirasakan Ketika Vertigo Kumat

Cara mengobati vertigo secara alami
Sumber Gambar: harapanrakyat.com

Ketika vertigo menyerang, biasanya ada beberapa gejala yang muncul. Yaitu sebagai berikut.

  • Rasa pusing yang berlebihan sampai-sampai disekililing terlihat berputar. Gejala ini yang paling sering dialami.
  • Mual sampai muntah.
  • Berkeringat.
  • Telinga berdenging (gangguan pendengaran)
  • Sakit di kepala.

Langkah-langkah untuk Menangani Vertigo

Jika dilihat dari bahaya-bahaya yang menancam penderita vertigo, maka penderita vertigo membutuhkan penangan khusus.

Setidaknya untuk mencegah atau mengurangi tingkat kambuh yang dialami. Langkah-langkah berikut bisa menjadi panduan untuk penderita vertigo.

  • Mengontrol konsumsi kadar garam. Ini dilakukan guna mengurangi gejala pada vertigo yang disebabkan karena penyakit meniere.
  • Mengikuti anjuran yang diberikan dokter untuk membantu dalam pencegahan vertigo kambuh.
  • Bagi yang memiliki hipertensi, riwayat stroke, diabetes, maka dianjurkan untuk rutin melakukan periksa ke dokter.

Itu saja pembahasan tentang vertigo di artikel ini. Intinya cara mengobati vertigo dengan jahe atau mengobati vertigo secara alami pada dasarnya merupakan pertolongan pertama. Jadi, langkah paling dianjurkan untuk mengobati vertigo adalah penanganan dokter secara langsung.

Tinggalkan komentar