Cara Mengolah Daun Seledri

Bagaimana cara mengolah daun seledri untuk kesehatan? Tidak hanya bermanfaat sebagai pelengkap masakan, daun seledri dipercaya mampu membantu mengatasi kolesterol, hipertensi, kanker, sampai masalah pencernaan.

Menurut alodokter.com, daun seledri mengandung antioksidan cukup tinggi. Dimana antioksidan adalah zat yang memiliki fungsi sebagai pengurang rusaknya sel tubuh yang disebabkan karena radikal bebas dan proses oksidasi.

Maka tidak heran jika dilihat dari segi manfaatnya, daun seledri tidak jauh seperti daun karet kebo. Yaitu sama-sama bagus untuk dijadikan herbal. Untuk bisa mendapatkan manfaatnya, kita perlu tahu bagaimana cara mengolah daun seledri ini.

Baca: Jenis Tanaman Herbal

Cara Mengolah Daun Seledri

Cara mengolah daun seledri untuk kolesterol
Sumber Gambar: 4.bp.blogspot.com/

Sangat mudah untuk mendapatkan manfaat daun seledri. Yang sulit adalah konsisten dalam mengkonsumsi daun seledri.

Untuk bisa mendapatkan manfaat daun seledri, kita tidak perlu repot-repot meramu daun seledri menjadi sesuatu yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Anda bisa memilih pilihan untuk meramu daun seledri ala alodokter.com. Diantaranya ada sebagai berikut.

1. Jus Seledri

Cukup dengan mengolahnya menjadi jus, maka kita sudah bisa mendapatkan manfaatnya. Bagaimana cara membuat jus seledri?

Membuat jus seledri sama saja dengan membuat jus lainnya. Yaitu dengan menyiapkan blender dan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti air dan es batu.

Supaya rasanya ada variannya, bisa ditambahkan air perasaan buah lemon. Jangan lupa untuk menyaring jus sebelum dikonsumsi.

2. Minuman Segar

Selain dijadikan jus, daun seledri juga bisa diolah menjadi minuman segar. Bagaimana caranya?

Cara meramu daun seledri menjadi minuman segar ada bahan tambahan yang perlu disiapkan. Yaitu gula cair, daun ketumbar, air perasan lemon, es batu, dan daun seledri.

Cukup itu saja campurannya untuk membuat ramuan dari daun seledri. Dengan campuran tersebut, tentu akan menambah segar dan enak minuman segar tersebut.

3. Camilan Sehat

Bagaimana cara membuat camilan sehat dari bahan seledri? Caranya cukup mudah. Siapkan batang tanaman seledri yang masih segar.

Potong batang tanaman seledri. Potong dengan ukuran sedang lalu belah menjadi dua. Tambahkan selai kacang untuk menghadirkan varian rasa yang lebih nikmat.

Cemilan sehat dari tanaman seledri sudah siap untuk dikonsumsi. Ketiga cara mengolah daun seledri di atas, tentu siapa saja bisa melakukannya tanpa harus latihan panjang.

Dari kami itu saja mengenai informasi cara mengolah daun seledri. Mungkin dari teman-teman pembaca ada yang tahu selain cara di atas untuk mengolah daun seledri?

Jika ada, boleh corat-coret untuk saling berbagi informasi. Berikutnya adalah manfaat daun seledri.

Manfaat Daun Seledri

Cara Mengolah Daun Seledri untuk Kesehatan
Sumber Gambar: doktersehat.com

Dengan rutin mengkonsumsi ramuan daun seledri, diharapkan reaksi dari zar-zat daun seledri berdampak positif untuk kesehatan.

Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan daun seledri adalah sebagai berikut.

1. Bagus untuk Kesehatan Jantung

Cara meramu daun seledri untuk menurunkan kolesterol jahat sangat membantu memberikan kesehatan jantung.

Karena seseorang yang terserang penyakit jantung bisa disebabkan karena kolesterol jahat yang tinggi.

2. Mengurangi Hipertensi

Hipertensi merupakan penyakit darah tinggi. Seseorang yang terkena penyakit ini harus benar-benar hati-hati.

Karena hipertensi juga berpengaruh pada kesehatan jantung. Ekstrak yang terkandung di dalam daun seledri, mampu untuk membantu menurunkan tekanan darah, sehingga darah bisa menjadi normal kembali.

3. Mencegah Kanker

Mengkonsumsi olahan daun seledri juga bagus untuk mencegah terjadinya kanker. Ekstrak yang ada di dalam daun seledri, dipercaya bagus untuk menghambat dan menangkal pertumbuhan sel kanker di area perut.

Jadi, jangan pernah membenci makanan atau minuman yang terbuat dari daun seledri ini.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Daun seledri mengandung polisakarida yang berbasis pektin. Kandungan ini bagus untuk melancarkan sistem pencernaan.

Bukan hanya sistem pertanyaan saja. Kandungan tersebut juga bagus untuk pencernaan, maag, dan lambung.

5. Pengusir Nyamuk

Daun seledri mengandung ekstrak gel yang bagus untuk mengusir nyamuk. Untuk hasil yang maksimal, gunakan campuran anti nyamuk sebagai pendukung dalam memanfaatkan daun seledri sebagai pengusir nyamuk.

Selain masalah-masalah kesehatan di atas, daun seledri juga bagus untuk mengatasi kelelahan, menambah nafsu makan, sakit kepala, dan melancarkan sistem kelancaran buang air besar.

Meski banyak manfaatnya, kita harus tetap berhati-hati jika ingin mengkonsumsi suplemen ekstrak seledri. Khususnya bagi para ibu hamil, ibu menyusui, dan orang yang memiliki riwayat alergi.

Itu saja informasi dari kami tentang cara mengolah daun seledri untuk kesehatan. Konsultasikan dengan dokter jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam masalah kesehatan.

Tinggalkan komentar