Cara Meramu Daun Bidara

Cara Meramu Daun Bidara – Halo sahabat @PakTani11, sudah tahu cara mengolah daun bidara supaya bisa dikonsumsi? Bagi yang belum bisa cari tahu di sini. Daun bidara bisa konsumsi dengan cara di rebus lalu dibikin teh.

Manfaat daun bidara yang baik untuk pengobatan membuat daun bidara banyak dicari orang. Wajar saja jika harga bibit pohon bidara cukup mahal.

Selain bermanfaat untuk pengobatan tubuh manusia, daun bidara juga dipercaya oleh umat muslim sebagai penangkal atau media penyembuh sihir. Sebab inilah daun bidara menjadi salah satu pohon favorit kalangan umat muslim.

Namun dalam semua hal tentunya memiliki efek samping yang negatif. Daun bidara jika salah dalam cara menggunakannya, tentu tidak mustahil bisa mendatangkan efek samping daun bidara.

Kali ini kami tidak akan membahas tentang efek samping daun bidara. Yang akan kita bahas adalah cara meramu daun bidara supaya bisa digunakan untuk membantu pengobatan.

Cara Meramu Daun Bidara untuk Pengobatan

Cara Meramu Daun Bidara untuk Pengobatan
Sumber Gambar: 1.bp.blogspot.com

Meramu daun bidara untuk pengobatan boleh dikatakan mudah dan sama sekali tidak ribet. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Petik Daun Bidara yang Paling Ujung (Yang masih Segar)

Langkah pertama adalah memilih daun bidara yang bagus. Yaitu dengan memilih daun yang paling ujung atau paling segar.

Ambilah atau petiklah sebanyak 3, atau 5 lembar, atau 7 lembar, atau 9 lembar, atau lebihnya banyak lagi. Yang penting usahakan dalam jumlah ganjil.

Hal ini dipercaya bermanfaat untuk menangkal sihir-sihir jahat yang dikirim oleh orang lain. Nanti akan dijelaskan diakhir artikel ini.

2. Jemur atau Keringkan Daun Bidara

Setelah memilih daun bidara yang masih segar, langkah selanjutnya adalah meenjemur daun bidara.

Boleh dengan cara dijemur langsung di bawah sinar matahari, atau boleh juga menggunakan bantuan oven atau alat pemanas sejenisnya.

Keringkan sampai benar-benar kering, sampai bertekstur kaku. Jika menjemurnya di bawah sinar matahari mungkin membutuhkan waktu seharian untuk sampai kering.

3. Rebus Daun Bidara yang Sudah Kering di Dalam Air Mendidih

Nah, jika sudah kering. langkah selanjutnya adalah merebus daun bidara. Caranya bagaimana?

Siapkan air sekitar 500 ml. untuk merebus 7 lembar daun bidara yang sudah kering.

Sebelum dimasukan ke dalam air, daun bidara kering boleh diremas-remas dahulu supaya berukuran lebih kecil. Tujuannya untuk mempermudah air meresap daun bidara.

4. Saring dan Tuangkan ke Dalam Wadah Saji

Rebuslah daun bidara sampai air mendidih dan terlihat sudah bercampur antara kandungan daun bidara dengan air mendidih. Ciri-cirinya air rebusan berwarna bening ke kuning-kuningan seperti teh.

Jika sudah seperti itu, angkat dan tuangkan ke dalam gelas atau wadah saji lainnya dengan cara disaring.

Tujuan disaring tidak lain untuk memisahkan air dengan daun bidara. Supaya lebih mudah diminum.

Nah kurang lebihnya seperti itu proses pembuatan air rebusan daun bidara atau biasa dikatakan dengan teh daun bidara.

Manfaat Daun Bidara untuk Pengobatan Kesehatan Tubuh

Khasiat Daun Bidara untuk Pengobatan
Sumber Gambar: 3.bp.blogspot.com

Banyak manfaat yang bisa didapat melalui daun bidara. Dilihat dari sudut pandang medis, daun bidara banyak mengandung senyawa kimia yang bagus untuk membantu menjaga kesehatan tubuh manusia.

Diantaranya ada protein dan asam amino, alkaloid, serat tanin, fenolik, glikosa, saponin, flavonoid, dan terpenoid.

Dari banyaknya kandungan yang ada, daun bidara mampu menunjukan sifat antioksidan, sitoprotektif, imunostimulan, antiinflamasi, antibakteri, dan lainnya.

Dari kandungan-kandungan itulah daun bidara bisa bemanfaat untuk kesehatan manusia. Seperti berikut ini.

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Sifat antibakteri dan antiinflamasi yang ada di daun bidara bisa bermanfaat untuk membantu penyembuhan luka seperti lecet, tersayat, tergores, dan lainnya.

Daun bidara juga mengandung senyawa glikosida yang bagus untuk membantu menyembuhkan luka seperti luka bakar dan menghilangkan bekas luka yang ada dikulit.

2. Menghilangkan Bakteri

Beberapa produk sabun mandi ada yang terbuat dari banyak campuran pembersih bakteri. Salah satunya adalah daun bidara.

Daun bidara dipercaya mampu membersihkan kulit tubuh manusia lebih kesat maksimal.

3. Membantu Mengatasi Keputihan

Manfaat daun bidara untuk wanita tidak jauh seperti manfaat daun sirih untuk mengatasi keputihan.

Daun bidara merupakan antiseptik alami yang bagus. Sehingga daun ini dipercaya bisa membantu membersihkan daerah kewanitaan dengan cara memanfaatkan air rebusan daun bidara.

Untuk lebih tau manfaat daun bidara bisa membacanya di pembahasan efek samping minum rebusan daun bidara.

Manfaat Daun Bidara untuk Ruqiyah (Pengobatan Gangguan Jin atau Sihir)

Manfaat Daun Bidara untuk Pengobatan Ruqiyah
Sumber Gambar: cdn.idntimes.com

Di dala hadits Rasulullah SAW ada yang menjelaskan bahwa daun bidara merupakan salah satu media yang bisa digunakan sebagai pengusir jin pengganggu.

Jika untuk meruqiyah seseorang biasanya daun bidara diolah menjadi teh daun bidara seperti yang sudah dijelaskan di atas. Lalu dibacakan surat-surat yang ada di dalam Al Quran seprti surat Al Fatihah dan Al Baqarah.

Dan dianjurkan daun bidaranya dengan jumlah yang ganjil. Apa alasannya? Anda bisa temukan jawabannya di dalam video yang ada di bawah artikel ini.

Dan jika bertujuan untuk mengusir gangguan-gangguan jin di rumah-rumah, maka cukup dengan air putih biasa ditaruh sebuah wadah (ember, mangkuk, dan sejenisnya) lalu taburkan daun bidara di dalam air tersebut.

Bacakan surat-suratan Al Quran seperti Al Fatihah dan Al Baqarah. Setelah selesai, siramkan atau boleh dicepret-cepretkan ke setiap sudut rumah dan halaman rumah.

Tujuannya tidak lain untuk mengusir jin-jin pengganggu yang ada di rumah. Tentunya atas izin Allah SWT. Jadi kita harus berserah diri kepada Allah SWT.

Video Tutorial Membuat Rebusan Daun Bidara/Teh Daun Bidara

Demikian yang bisa kami informasikan yaitu pembahasan tentang cara meramu daun bidara untuk pengobatan. Semoga artikel ini menjawab rasa penasaran anda.

Tinggalkan komentar