Cara Merawat Pohon Bidara Arab

Cara Merawat Pohon Bidara – Setelah menanam bidara, hal terbaik yang harus dilakukan adalah melakukan perawatan. Hal ini dilakukan supaya pohon bidara tumbuh dengan baik dan sempurna.

Perawatan merupakan bagian yang sangat penting dalam segala hal. Termasuk menanam tanaman bidara ini. Tanpa perawatan, sangat kecil kemungkinan tanaman bidara bisa tumbuh dengan baik, bahkan bisa jadi tanaman mati.

Berikut ini adalah tahapan-tahapan merawat pohon bidara yang harus dilakukan untuk mendapatkan tanaman bidara tumbuh dengan baik.

Baca lebih banyak informasi tanaman ini di artikel tentang tanaman pohon daun Bidara.

Cara Merawat Pohon Bidara Arab

Cara Merawat Pohon Bidara Arab
Sumber Gambar: s2.bukalapak.com

Sebelum membahas perawatan tanaman bidara, apakah anda sudah menanam bidara dengan baik?

Pada artikel sebelumnya, kami sudah membahas tentang cara menanam bidara yang baik dan benar. Jika anda ingin membacanya silahkan membaca artikel kami tentang cara menanam pohon bidara.

Baik, kita langsung saja masuk ke pembahasan cara merawat pohon bidara Arab yang pertama.

1. Penyiraman

Pada dasarnya pohon bidara adalah tanaman yang kuat dan bisa mengatasi suhu panas. Karena habitat aslinya adalah tumbuh di gurun-gurun. Sehingga tanaman ini tidak terlalu membutuhkan banyak air untuk kelangsungan hidupnya.

Namun bukan berarti tanaman pohon bidara tidak membutuhkan air untuk kelangsungan hidupnya. Maka penyiraman menjadi salah satu bagian dari perawatan tanaman pohon bidara.

Lakukan penyiraman minimal sehari 1 kali pada tanaman pohon bidara, terutama saat masih berusia muda. Siramlah dengan air secukupnya saja, jangan belebihan.

2. Pengajiran

Perawatan lainnya setelah penyiraman adalah pengajiran. Apa itu pengajiran? Perawatan dengan memberikan pegangan pada tanaman pohon bidara yang masih muda.

Maksudnya adalah untuk mencegah terjadinya batang tanaman pohon bidara patah, maka diberikan pegangan yang bernama ajir. Pohon bidara yang berusia muda, batangnya masih belum kuat dan sangat rawan sekali patah.

Perawatan yang diberi nama pengajiran ini bisa dikatakan perawatan yang cukup mudah. Pembuatan ajir sendiri sangat mudah, cukup dengan sebuah bambu yang dibelah menjadi beberapa bagian kecil-kecil.

Lalu tancapkan tepat di sebelah tanaman pohon bidara, lalu ikatkan batang tanaman pohon bidara pada ajir yang sudah ditancapkan tadi.

Dengan pengajiran, setidaknya kita sudah berusaha melakukan perawatan untuk membantu tanaman pohon bidara Arab tumbuh tegak dengan baik.

3. Penyinaran

Tanaman pohon bidara Arab sangat menyukai sinar matahari. Jadi usahakan selalu meletakan tanaman bidara Arab di tempat terbuka.

Untuk tanaman bidara Arab yang masih kecil dan masih tertanam di media poly bag atau pot, bisa memindahkan ke tempat terbuka ketika sinar matahari sedang bagus-bagusnya. Yakni antara pukul 06.00-11.00.

Jika matahari sudah berada di siang hari, maka tanaman pohon bidara yang masih kecil bisa dipindah ke tempat yang teduh.

4. Pemupukan

Pemberian pupuk merupakan bagian dari perawatan yang penting dilakukan. Pupuk adalah vitamin bagi tanaman untuk bisa tumbuh sehat dan subur.

Berikan pupuk setidaknya sebulan sekali sampai tanaman benar-benar terlihat sehat dan subur. Ketika menaburkan pupuk, sebaiknya langsung diikuti dengan penyiraman. Supaya pupuk lebih cepat meresap ke dalam tanah, sehingga lebih mudah dicerna oleh akar.

5. Pemangkasan

Perawatan tanaman pohon bidara Arab yang tidak kalah penting adalah pemangkasan. Proses pemangkasan dapat dilakukan ketika cabang tanaman pohon bidara ada yang kering, entah karena sudah tua atau karena terkena penyakit.

Proses pemangkasan sebaiknya menggunakan alat yang bersih dan tajam. Bisa menggunakan gunting atau bisa juga dengan pisau yang tajam.

Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya luka pada tanaman saat proses pemangkasan. Karena jika terjadi luka pada tanaman, maka bisa menghambat pertumbuhan tanaman.

Proses pemangkasan ini bertujuan untuk meremajakan tanaman pohon bidara Arab. Maka jangan tinggal perawatan bagian ini.

Bagaimana? Mungkin terlihat akan ribet ketika membaca cara merawat pohon bidara Arab. Tapi, ketika terjun dan mempraktekan itu akan menjadi hal yang menyenangkan.

Tinggalkan komentar