Efek Samping Daun Karet Kebo

Efek Samping Daun Karet Kebo – Jadi, selain banyak manfaatnya, daun karet kebo juga ada efek sampingnya. Apa efek sampingnya? Simak ulasan di sini.

Daun karet kebo adalah jenis tanaman yang sering digunakan sebagai bahan dasar obat-obatan alami atau yang biasa kita sebut dengan herbal.

Dan meskipun rasanya tidak terlalu lezat, tetap ada yang memanfaatkan daun karet kebo untuk dijadikan sup, tumis, lalapan, dan lainnya.

Daun karet kebo dikenal akan khasiatnya yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung kesehatan tubuh manusia. Namun, sama seperti halnya daun bidara. Tanaman tersebut banyak khasiatnya, dan ada juga efek sampingnya.

Baca juga: Jenis tanaman herbal lainnya.

Efek Samping Daun Karet Kebo

Efek Samping Daun Karet Kebo
Sumber Gambar: cintaihidup.com

Sejatinya daun atau tanaman herbal sangat minim sekali efek samping. Dalam kata lain, herbal sangat bagus untuk kesehatan. Karena tidak mengandung bahan-bahan kimia buatan.

Namun, tanaman herbal bisa saja berdampak efek buruk bagi kesehatan jika salah menggunakan atau berlebihan dalam menggunakan.

Memang sudah jadi hukum alam, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Bahkan bisa menyebabkan efek samping negatif.

Berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai efek samping daun karet kebo yang kami nukil dari website bang-isman.com.

1. Memicu Penyakit Radang Sendi (Arthritis)

Daun karet kebo dipercaya mengandung senyawa-senyawa yang memiliki sifat asam. Senyawa ini bermanfaat untuk memperkuat sistem imun.

Namun senyawa-senyawa yang memiliki sifat asam tersebut bisa mengancam sistem persendian tulang. Tetapi, ancaman tersebut hanya datang ketika seseorang berlebihan dalam mengkonsumsi daun karet kebo.

Anjuran yang ada untuk saat ini adalah boleh mengkonsumsi daun karet kebo sehari 80-100 gram.

2. Memicu Anemia

Daun karet kebo mengandung zat Asam Askorbat dan Betaine. Jika mengkonsumsinya tidak sesuai anjuran, zat tersebut bisa memicu turunnya produktifitas sel-sel darah.

Hal ini bisa berdampak pada ketidak stabilan kadar jumlah darah yang ada di dalam tubuh. Dalam kondisi tersebut, sangat beresiko terkena penyakit anemia.

3. Menyebabkan Mencret atau Diare

Jika anda seseorang menyukai daun karet kebo, maka aturlah pola konsumsinya. Karena jika terlalu banyak mengkonsumsinya, efek samping daun karet kebo akan terasa.

Salah satunya bisa menyebabkan diare. Jika sangat berlebihan dalam mengkonsumsinya, bisa menyebabkan diare yang berujung pada sakit feses.

Bahkan kandungan zat asam dalam daun karet kebo bisa menyebabkan feses berubah bentuk dan berdarah.

4. Menimbulkan Penyakit Maag

Menurut Prof. Dr. Christiani Jeyakumar Ph.d,M.D. seorang ahli nutrisi yang berasal dari Biochemistry NUS Medicine.

Bahwa ia pernah melakukan penelitian yang menghasilkan sebuah kesimpulan yaitu efek samping daun karet kebo jika daun tersebut dikonsumsi secara berlebihan, bisa menimbulkan penyakit maag.

5. Menyebabkan Penyakit Tulang Keropos (Osteoporosis)

Sebagian kasus penggunaan obat-obatan alami atau herbal yang memiliki bahan dasar daun karet kebo, bisa mengganggu kesehatan tulang.

Kandungan Asam Pantotenat dan Betain di dalam daun karet kebo termasuk tinggi. Jika dalam mengkonsumsi daun karet kebo tidak diatur, maka bisa menyebabkan penyakit osteoporosis atau tulang keropos.

6. Menyebabkan Terhambatnya Sirkulasi Darah

Daun karet kebo dipercaya mengandung Asam Pantotenat dan Asam Askorbat yang cukup tinggi. Maka dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi ramuan daun karet kebo secara berlebihan.

Kandungan yang tinggi, jika overdosis dalam penggunaannya akan menyebabkan terhambatnya sirkulasi darah. Ingat, jangat mengkonsumsi daun karet kebo melebihi dosis.

7. Rusakanya Selaput Dinding Ginjal

Di dalam daun karet kebo, terkandung zat-zat seperti zat pati, Betain, Asam Askorbat, yang jika berlebihan masuk ke dalam tubuh dengan cara dikonsumsi bisa menyebabkan rusaknya selaput dinding ginjal.

Maka, untuk semakin meminimalisir kemungkinan mengalami kerusakan pada selaput dinding ginjal, jangan terlalu sering dan banyak mengkonsumsi daun karet kebo.

8. Menimbulkan Asam Urat

Seorang ahli kedokteran, dari Universitas of Plymouth, yaitu Prof. Dr. Marry Hickson Ph.d, mengatakan bahwasannya daun karet kebo mengandung senyawa Anti-Oksidan dan Anti Inflamasi.

Namun kandungan zat asam yang tinggi, bisa menyebabkan siapa saja terkena asam urat jika mengkonsumsi daun ini secara belebihan.

9. Meningkatkan Resiko Terkena Serangan Jantung dan Stroke

Salah satu manfaat daun karet kebo adalah bagus untuk jantung. Ketika jantung sehat, maka semoga anggota tubuh lainnya kemungkinan besar akan sehat.

Namun, daun karet kebo juga bisa menjadi penyebab terkena serangan jantung. Apabila anjuran mengkonsumsi daun karet kebo berlebihan dan salah penggunaan.

10. Menurunkan Sistem Metabolisme

Dalam hal ini, kandungan zat asam menjadi perhatian utama. Karena kandungan zat asam tersebut yang bisa menyebabkan sistem metabolisme yang tidak sempurna.

Jika daun karet kebo dikonsumsi secara tidak wajar dan berlebihan, maka bersiaplah untuk menghadapi masalah-masalah. Salah satunya adalah masalah pada sistem metabolisme.

Ke-10 efek samping daun karet kebo tersebut bisa saja dengan mudah dihapuskan dan tidak menyerang kita. Caranya bagaimana? Konsumsi daun karet kebo sewajarnya dan janganlah berlebihan.

Tinggalkan komentar