Efek Samping Daun Sambung Nyawa

Daun sambung nyawa memang kaya akan manfaat. Namun di sisi lain, ada juga efek samping daun sambung nyawa. Apakah anda sudah tahu efek negatif dari daun sambung nyawa?

Yang namanya herbal, tentunya sangat minim sekali efek samping. Mungkin banyak yang mengatakan ramuan herbal lebih aman untuk pengobatan. Karena tidak mengandung bahan kimia.

Memang benar seperti itu. Nah, kenapa dalam artikel ini kami membahas tentang efek samping daun sambung nyawa? Dan sebelumnya kami juga pernah membahas tentang efek samping daun karet kebo. Yang mana keduanya sama-sama daun herbal yang bagus untuk kesehatan.

Apa iya herbal memiliki efek samping? Ada beberapa alasan kami menulis pembahasan ini. Salah satunya karena sebuah kata-kata bijak “berlebih-lebihan itu tidak baik”.

Baca: Cara Mengolah Daun Seledri

Efek Samping Daun Sambung Nyawa

Efek Samping Daun Sambung Nyawa
Sumber Gambar: s2.bukalapak.com

Sesuatu yang berlebihan, bisa merubah yang baik menjadi tidak baik. Misal saja dalam hal makan, semua orang tahu makan itu baik.

Dengan makan stamina akan bertambah dan tenaga menjadi lebih kuat. Namun ketika makannya berlebihan, ia akan berubah menjadi tidak baik. Sulit bergerak, ngantuk, dan perut tidak nyaman.

Menurut kami daun sambung nyawa bisa digambarkan seperti itu. Ketika mengkonsumsi ramuan daun sambung nyawa dengan tidak berlebihan, maka daun sambung nyawa menjadi berkhasiat.

Namun ketika mengkonsumsinya berlebihan, maka beberapa masalah berpotensi muncul. Masalah-masalah tersebut seperti di bawah ini.

1. Diare

Daun sambung nyawa itu mengandung zat asam. Zat ini bisa menyebabkan masalah jika masuk dalam perut (sistem pencernaan) secara berlebihan.

Salah satu contoh masalahnya adalah menyebabkan penyakit diare. Semua orang mungkin tidak bisa terhindar dari penyakit diare. Namun, alangkah lebih baik jika meminimalisir penyebab terjadinya penyakit diare.

Jadi, poin penting di sini adalah mengkonsumsi berlebihan. Jadi jangan sampai yang tadinya zat asam memiliki banyak khasiat, bahkan bisa untuk membantu menyembuhkan diare, menjadi bertolak belakang gara-gara konsumsi yang berlebihan.

2.   Asam Urat

Masih tentang kandungan zat asam. Jangan berlebihan dalam mengkonsumsi daun sambung nyawa. Meskipun niatnya untuk pengobatan.

Tetaplah minum dengan anjuran yang tidak berlebihan. Menurut sumber yang kami dapat, yaitu situs bang-isman.com, mencantumkan anjuran tidak melebihi 100 gr/hari.

3. Ginjal

Daun sambung nyawa merupakan salah satu jenis daun herbal yang mengandung betain, asam askorbat, dan zat pati.

Kandungan tersebut jika dikonsumsi terlalu banyak atau berlebihan, bisa merusak selaput ginjal.

Maka disarankan, jangan mengkonsumsi daun sambung nyawa berlebihan dan imbangi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Contohnya jagung, nasi, daging, ikan, dan lainnya.

4. Jantung

Pada dasarnya, daun sambung nyawa memang bagus untuk membantu mengobati penyakit jantung. Terlebih dalam menstabilkan aktifitas dua pembuluh darah (Vena dan Arteri).

Namun semua itu bisa berbalik jika pola konsumsinya berlebihan. Bahkan bisa menyebabkan jantung menjadi tidak sehat.

5.  Osteoporosis

Betain dan asam pantotenat adalah kandungan yang ada di dalam daun sambung nyawa. Pada dasarnya, kandungan ini bagus untuk kesehatan.

Kembali lagi pada poin penting dalam pembahasan ini, yakni konsumsi berlebihan. Pola konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan tulang mudah keropos.

Pada intinya yang ingin kami sampaikan adalah, jagalah pola konsumsi. Tidak hanya dalam mengkonsumsi daun sambung nyawa, namun dalam semua jenis makanan.

Baik itu makanan untuk obat, maupun makanan sehari-hari. Karena perlu diingat, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, dan bisa menyebabkan keburukan.

Seperti efek samping daun sambung nyawa ini. Yang mana, dasar awal tujuan dari mengkonsumsi daun sambung nyawa adalah sebagai obat, namun bisa berubah menjadi penyebab datangnya penyakit.

Tinggalkan komentar