Efek Samping Minum Air Rebusan Daun Sereh

Efek Samping Minum Air Rebusan Daun Sereh – Sahabat @PakTani11, sereh merupakan tanaman yang banyak manfaatnya. Contoh manfaat sereh seperti membantu mengatasi kolesterol tinggi, meredakan sakit perut, dan lainnya.

Namun di sisi lain, sereh juga memiliki efek samping yang perlu diperhatikan. Tentunya berbeda dengan efek samping minum rebusan jahe dan sereh pada pembahasan sebelumnya. Yang jelas segala sesuatu pasti memiliki nilai baik dan nilai positif.

Termasuk dalam hal mengkonsumsi air rebusan daun sereh. Boleh dikatakan air rebusan daun sereh merupakan herbal yang sangat minim resiko. Namun beberapa faktor bisa saja merubahnya menjadi beresiko. Seperti penggunaan yang tidak benar, mengkonsumsi berlebihan.

Wow… Jenis Tanaman Hias Ini Indah Sekali.

Efek Samping Minum Air Rebusan Daun Sereh

Efek Samping Minum Rebusan Daun Sereh
Sumber Gambar: cdn-asset.jawapos.com

Pada dasarnya mengkonsumsi atau meminum air rebusan daun sereh aman-aman saja. Tentunya jika dikonsumsi dalam dosis yang dianjurkan.

Air rebusan daun sereh juga tidak ada kontra indikasi dengan suplemen atau obat-obatan lain. Dan tidak ada efek samping yang berbahaya jika mengkonsumsinya untuk jangka panjang.

Namun semua itu bisa saja berubah, jika digunakan tidak sesuai anjuran atau berlebihan dalam mengkonsumsinya.

1. Pusing

Efek samping sereh bisa saja menyebabkan kepala pusing. Meminum rebusan daun sereh yang berlebihan bisa menimbulkan efek samping berupa kepala pusing.

Meskipun efek ini belum tentu terjadi ketika benar-benar mengkonsumsi rebusan daun sereh secara berlebihan. Namun kemungkinan besar bisa terjadi.

2. Mulut Kering

Mengalami mulut kering tentu tidak nyaman. Bahkan bisa memicu terganggunya sistem pencernaan.

Meskipun niatnya baik, mengkonsumsi rebusan daun sereh secara berlebihan tetap sesuatu yang tidak dianjurkan.

3. Kelelahan

Efek samping lainnya jika berlebihan dalam mengkonsumsi atau meminum rebusan daun sereh adalah kelelahan.

Entah karena efek dari kandungan daun sereh, atau karena sistem tubuh yang tidak menerimanya. Tentu efek samping sereh membuat kelelahan bisa saja terjadi.

4. Iritasi Kulit

Efek ini bisa terjadi khusus untuk penggunaan minyak sereh. Untuk menghindari iritasi kulit, sebaiknya encerkan terlebih dahulu sebelum penggunaan.

Informasi di atas kami dapatkan dari situs dokter resmi alodokter.com. Maka, bagi anda yang menyukai rebusan daun sereh, sebaiknya tetap mengontrol penggunaannya.

Manfaat Minum Rebusan Daun Sereh

Manfaat Daun Sereh untuk Kesehatan
Sumber Gambar: cdn1-production-images-kly.akamaized.net

Mengkonsumsi daun sereh memang ada efek sampingnya. Namun, manfaat dari daun sereh sendiri memang banyak dan bagus untuk mendukung kesehatan tubuh.

Daun sereh dipercaya kaya akan manfaat untuk mendukung kesehatan tubuh. Khususnya konsumsi dalam bentuk rebusan daun sereh atau teh sereh.

Apa saja manfaatnya? Silahkan simak di ulasan tentang manfaat rebusan daun sereh berikut ini.

1. Mampu Melawan Radikal Bebas

Kandungan antioksidan yang tinggi sangat berperan dalam melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Antiokisdan yang terkandung di dalam daun sereh diantaranya adalah isoorientin, swertiajaponin, dan klorogenat.

2. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Di dalam sereh terkandung mineral yang namanya adalah kalium. Yang mana, ini bagus untuk membantu dalam mengontrol tekanan darah.

3. Membantu Dalam Mengatur Fungsi Otot

Daun sereh dipercaya mengandung kalium dan magnesium. Kandungan tersebut memberikan manfaat bagi tubuh apabila rutin mengkonsumsinya. Termasuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang ada kandungan serehnya.

Salah satunya bermanfaat dalam pengaturan fungsi otot, saraf, dan jantung. Meskipun begitu, tentunya tetap harus dalam penggunaan yang dianjurkan.

4. Membantu Dalam Meringankan Gejala Sindrom Pramenstruasi

Ini khusus untuk perempuan. Jadi, rebusan daun sereh, atau teh sereh, bagus untuk membantu mengatasi kram menstruasi. Selain itu, teh sereh juga membantu mengatasi rasa kembung saat perempuan mengalami sindrom pramenstruasi (PMS).

5. Membantu Memberikan Ketenangan

Aroma dari minyak sereh bisa digunakan untuk aromaterapi. Di saat posisi sedang cemas, atau kurang tenang, minyak sereh bisa menjadi salah satu option untuk aromaterapi.

Aturan Mengkonsumsi Rebusan Daun Sereh

Anjuran Konsumsi Daun Sereh
Sumber Gambar: cdn0-production-images-kly.akamaized.net

Menurut alodokter.com, tidak ada anjuran pasti untuk meminum rebusan daun sereh. Namun, untuk menghindari terjadinya efek samping minum rebusan daun sereh, sebaiknya konsumsi satu cangkir teh rebusan daun sereh per harinya.

Jika sudah sering konsumsi lebih dari satu cangkir, coba tanyakan pada dokter. Dan bisa menanyakan langsung berapa takarang yang dianjurkan untuk anda,

Karena setiap orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang berbeda-beda. Tentu ini berpengaruh juga dengan takaran konsumsi obat-obatan atau herbal seperti rebusan daun sereh ini.

Nah, itulah beberapa informasi terkait daun sereh. Pokok pembahasan utama kita adalah efek samping minum rebusan daun sereh. Informasi manfaat daun sereh dan anjuran mengkonsumsi daun sereh hanyalah sebagai informasi tambahan.

Tinggalkan komentar