Efek Samping Minum Rebusan Daun Bidara

Efek samping minum rebusan daun bidara – Halo sahabat @PakTani11, ada banyak manfaat daun bidara untuk kesehatan tubuh manusia. Diantaranya seperti menurunkan resiko terkena diabetes, membantu menjaga kesehatan jantung, dan lain-lain.

Manfaat daun bidara disebabkan karena kandungan daun bidara yang terdiri dari senyawa kimia seperti asam amino, protein, alkolid, glikosida, saponin, serat, senyawa fenolik, tanin, flavonod, dan terpenoid.

Selain itu, menurut data dari Nutrisi USDA mengatakan bahwa 100 gram daun bidara mengandung energi sebanyak 55,92 kcal, protein sebanyak 0,8 gram, lemak 0,07 gram, karbohidrat sebanyak 17 gram, dan air sebanyak 81,6 gram.

Kandungan lainnya yaitu ada gula, kalsium, fosfor, zat besi, riboflavin, tiamina, serat pangan, dan niasin. Kurang lebihnya seperti itu info yang didapat.

Berbicara tentang kandungan-kandungan daun bidara yang bagus untuk kesehatan tubuh, bukan berarti daun bidara tidak memiliki efek samping negatif.

Ada beberapa efek samping dari daun bidara. Untuk tahu lebih jauh Silahkan baca-baca sampai akhir artikel ini.

Baca efek samping minum rebusan daun sirih.

Efek samping minum rebusan daun bidara

Efek Samping Minum Rebusan Daun Bidara
Sumber Gambar: i2.wp.com

Daun bidara adalah daun yang kaya akan manfaat. Ada pun jika ada efek samping negatif dari daun bidara, biasanya kalau tidak karena sebab alergi, berarti salah konsumi.

Salah konsumsi yang dimaksud adalah salah cara mengkonsumsi daun bidara. Entah karena ngonsumsi yang berlebihan, atau karena lainnya.

Menurut salah satu sumber yang kami baca, Departemen Farmasi ITB melakukan penelitian terhadap pengaruh infus bidara laut pada efek anti radang di tikus putih wistar.

Hasil dari penelitian tersebut katanya jika mengkonsumsinya berlebihan dapat menyebabkan terjadinya kaku pada muka juga leher, nafas pendek, dan kejang.

Dan sumber lainnya mengatakan, efek samping minum rebusan daun bidara adalah sebagai berikut:

  • Mengantuk.
  • Mual.
  • Alergi kulit.
  • Lidah terasa pahit.

Jadi efek samping minum rebusan daun bidara umumnya yaitu karena salah konsumsi. Akhirnya bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan. Intinya, jika mempercayai daun bidara kaya manfaat, tetaplah untuk mengkonsumsinya secara tidak berlebihan.

Selain dikonsumsi, daun bidara juga bisa dicampurkan dengan air yang nantinya digunakan untuk mandi.

Namun, lagi-lagi ada efeknya. Menurut sumber yang kami baca, ketika daun bidara dijadikan sabun mandi, apabila kulitnya sensitif, daun bidara bisa bereaksi pada kulit alergi.

Jadi jika merasa memiliki kulit sensitif, harus berhati-hati ketika ingin mengkonsumsi atau menggunakan daun bidara.

Baca juga efek samping minum rebusan jahe dan sereh.

Manfaat Daun Bidara Arab

Manfaat atau Khasiat Daun Bidara Arab
Sumber Gambar: i0.wp.com

Daun bidara sering disebut dengan daun bidara arab. Dinamakan daun bidara arab karena menyesuaikan dengan tempat tumbuhnya.

Manfaat atau khasiat daun bidara boleh dikatakan ada banyak. Terutama untuk membantu menjaga kesehatan tubuh manusia.

Apa saja manfaat dari daun bidara untuk kesehatan? Jawabannya sebagai berikut.

1. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung yang sehat akan membawa jiwa dan raga yang sehat pula. Maka penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Salah satunya dengan menggunakan atau mengkonsumsi rebusan daun bidara secukupnya.

Selain itu, pola makan dan pola hidup yang baik juga berpengaruh terhadap kesehatan jantung.

2. Menurunkan Kolesterol

Salah satu kandungan dari daun bidara adalah serat yang baik. Serat dari daun bidara dipercaya mampu membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang ada pada tubuh manusia.

Sistem kerjanya yaitu mengikat kolesterol jahat di dalam sistem pencernaan lalu membuangnya lewat feses.

3. Bagus untuk Sistem Pencernaan

Daun bidara yang dikonsumsi dipercaya mampu membantu membasmi racun-racun di dalam sistem pencernaan.

Hal ini bagus untuk mencegah terjadinya infeksi di saluran pencernaan. Cara mengkonsumsinya bisa dengan meminum rebusan daun bidara, atau bisa juga dengan memakan buahnya langsung, atau bisa juga daun bidara dibikin menjadi teh.

4. Membantu Mengatasi Jerawat

Khasiat daun bidara juga bagus untuk mengatasi jerawat pada kulit muka. Kandungan anti bakterinya mampu untuk membantu melindungi kulit wajah dan membersihkannya dari penyebab-penyebab munculnya jerawat.

Caranya bagaimana? Mudah saja, keringkan daun bidara sampai benar-benar kering. Lalu jadikan bubuk yang sangat halus. Bubuk daun bidara tersebut bisa digunakan sebagai masker wajah.

5. Bagus untuk Menurunkan Berat Badan

Ketika seseorang rutin mengkonsumsi rebusan daun bidara, atau teh dari daun bidara, maka perut akan merasa kenyang lebih lama.

Hal ini tentu memicu berkurangnya nafsu makan yang mengakibatkan mudahnya untuk melakukan diet.

Dari penjelasan di atas, kami berharap anda sudah menemukan jawaban yang pas di hati terkait pembahasan efek samping minum rebusan daun bidara. Terima kasih sudah berkunjung di tanaman.web.id

Tinggalkan komentar