Jenis Jenis Sawi

Sawi adalah salah satu sayuran yang populer di Indonesia. Kebanyakan orang hanya mengenal jenis sawi putih dan sawi hijau. Hal ini terbilang wajar, karena kedua jenis sawi inilah yang paling banyak di temukan di pasaran.

Cara membudidayakan sawi ini terbilang cukup mudah namun permintaan akan pasar terbilang cukup tinggi. Itulah beberapa faktor banyak petani yang membudidayakan sayur sawi ini.

Pada kesempatan kali ini, Kami tidak akan membahas cara menanam sawi, tetapi akan membahas jenis sawi yang populer di Indonesia.

Jenis Sawi yang Populer di Indonesia

Jenis Sawi Putih, Hijau, dan lain-lain
Sumber: 3.bp.blogspot.com/

Tahukah kalian bahwa terdapat beberapa jenis sawi lainnya yang populer selain yang telah disebutkan diatas? Sama seperti jenis kacang-kacangan, sawi juga memiliki beberapa jenis yang umumnya dapat ditemukan di Indonesia.

Simak pembahasan dibawah ini agar lebih tahu tentang beberapa jenis sawi yang populer dan umumnya dapat ditemukan di Indonesia.

1. Sawi Hijau

Gambar Jenis Sawi Hijau
Sumber Gambar: harapanrakyat.com

Jenis sawi yang pertama adalah sawi hijau. Beberapa orang enggan mengkonsumsi sawi ini karena memiliki rasa yang sedikit pahit. Meski memiliki rasa sedikit pahit, namun rasa pahit ini dapat dihilangkan dengan cara pengasinan.

Ciri-ciri sawi hijau memiliki daun yang lebar dan berwarna hijau lebih tua jika di bandingkan dengan warna daun sawi putih. Sawi hijau memiliki batang yang pendek namun tegap, tangkai daun sedikit pipih dan berliku. Pada umumnya, masyarakat menanam sawi hijau pada lahan yang kering tetapi dengan pengairan yang cukup.

2. Sawi Putih

Gambar Jenis Sawi Putih
Sumber Gambar: happymama.id

Bisa dikatakan, sawi putih memiliki rasa paling enak jika dibandingkan dengan jenis sawi lainnya. Maka tak khayal jika sawi ini paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Masyarakat Jawa biasa menyebutnya dengan nama slobor.

Tanaman sawi putih ini dapat dibudidayakan di tempat yang kering. Sawi putih ini memiliki ciri-ciri daun yang lebar dan berwarna hijau tua, bertangkai panjang namun halus dan lemas. Sedangkan batangnya pendek, tegap dan bersayap.

Terdapat beberapa varietas dari sawi putih ini, yaitu prain dan rugosa roxb. Meskipun berasal dari luar negeri, akan tetapi varietas ini cocok bila di tanam di Indonesia. Umumnya, ketinggian yang cocok untuk menanam jenis ini adalah  antara 500-1.000 mdpl.

3. Sawi Huma

Jenis Sawi
Sumber Gambar: lintasusaha.com

Jenis sawi yang ketiga adalah sawi huma. Mengapa disebut sawi huma? Karena sawi jenis ini dapat tumbuh dengan baik jika ditanam pada tempat kering seperti huma atau tegalan.

Sawi huma sangat cocok ditanam setelah musim hujan karena sawi huma memiliki sifat yang tidak tahan terhadap genangan air. Ciri-ciri sawi huma adalah memiliki daun sempit namun panjang, serta memiliki warna hijau keputih-putihan.

Batang sawi huma berbeda dengan sawi hijau atau sawi putih. Karena sawi ini memiliki batang yang panjang tetapi kecil. Tangkainya berukuran sedang dan seperti memiliki sayap.

Apa itu Sayur Sawi

Jenis Jenis Sawi Putih, Hijau, dan Lainnya
Sumber Gambar: lavilatulisaafrilia.files.wordpress.com

Jika kita ke pasar, pasti akan sangat mudah menemukan sayur bayam dan juga kangkung. Ya, kedua sayur ini memang sangat populer di Indonesia.

Selain kedua sayur tersebut, sayur sawi juga merupakan sayuran yang populer di Indonesia. Ini karena sayur sawi dapat dengan mudah untuk diolah menjadi berbagai makanan.

Sayur sawi dapat diolah menjadi tumis sawi, asinan, atau dijadikan sebagai tambahan pada mie ayam atau bakso, atau bisa juga sebagai tambahan pada mie rebus.

Berdasarkan klasifikasinya, sawi masuk ke dalam genus Brassica dan tergolong pada keluarga sayuran crucifoerus. Tanaman ini masih tergolong satu famili dengan sayur kubis-kubisan yang memiliki kandungan senyawa antikanker. Brokoli, kale, dan juga kembang kol adalah sayuran yang berkerabat dengan sayur sawi.

Nah, setelah pembahasan di atas, kami berharap semoga dapat menambah wawasan sahabat tanam mengenai jenis sawi, apa itu sayur sawi.

Tinggalkan komentar