Jenis Jenis Tanaman Hias

Jenis Jenis Tanaman Hias – Halo sahabat @PakTani11, berikut ini adalah kumpulan jenis tanaman hias outdoor, indoor, daun, bunga, buah, gantung, dan merambat.

Tidak dapat dipungkiri, jenis tanaman hias merupakan salah satu tumbuhan yang banyak diincar oleh orang-orang untuk dijadikan hiasan.

Berbeda dengan jenis tanaman obat atau tanaman lainnya, tanaman hias dapat membuat bangunan, taman, kolam, atau bahkan dapat menjadikan ruangan didalam rumah menjadi lebih indah.

Selain beberapa hal tersebut, jenis tanaman hias juga dapat dijadikan sebagai bisnis yang menggiurkan karena dari beberapa jenis tanaman hias ini terdapat beberapa jenis tanaman hias yang memiliki harga cukup tinggi.

Jenis tanaman hias bukan hanya dapat dijadikan sebagai hobi semata namun dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan.

Lantas apa sajakah jenis tanaman hias yang dapat dijadikan hiasan rumah atau bahkan dijadikan sebagai bisnis yang menggiurkan? Berikut ulasannya.

Artikel lain: Jenis Tanaman Buah.

1. Jenis Tanaman Hias Outdoor

Jenis Tanaman Hias Outdoor
Sumber Gambar: i1.wp.com

Memiliki halaman rumah atau taman disekitar rumah yang banyak terdapat tanaman hias merupakan idaman bagi setiap orang. Selain dapat memperindah pemandangan, banyaknya tanaman hias di sekitar rumah juga dapat menjadikan udara terasa lebih sejuk.

Inilah beberapa tanaman hias yang dapat kalian tanam diluar rumah atau di halaman sekitaran rumah.

a. Pohon Cemara

Pohon Cemara
Sumber Gambar: 2.bp.blogspot.com

Tanaman hias pertama yang dapat kalian tanam disekitar rumah adalah pohon cemara. Pohon cemara sangat cocok ditanam di daerah tropis seperti negara kita ini karena pohon cemara tahan terhadap cuaca panas dan juga lembab.

Terdapat sekitar 70 jenis pohon cemara yang tersebar di berbagai belahan dunia baik itu yang berukuran kecil hingga yang memiliki ukuran sangat besar. Kalian dapat memilih sesuai selera untuk ditanam disekitar halaman rumah.

b. Bambu Hias (Dracanea sanderiana)

Bambu Hias (Dracanea sanderiana)
Sumber Gambar: bibittanaman.id

Di Indonesia banyak orang yang menanam bambu hias disekitar rumah. Beberapa manfaat bisa kalian dapatkan jika menanam bambu hias ini. Bambu hias bisa dimanfaatkan sebagai penahan angin, serta dapat mengurangi polusi udara.

Selain itu, beberapa orang percaya jika menanam bambu hias disekitar rumah maka dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Jenis bambu hias ini berbeda dengan bambu biasa karena jenis bambu ini memiliki ukuran batang yang lebih kecil serta lebih pendek jika dibandingkan dengan jenis bambu biasa. Sedangkan tumbuh maksimal bambu hias ini hanya mencapai 3 meter saja.

c. Tanaman Hias Kaktus (Outdoor)

Tanaman Hias Kaktus
Sumber Gambar: befren.com

Jenis taman hias selanjutnya yang dapat kalian tanam disekitar rumah adalah kaktus. Tanaman ini sangat terkenal sebagai tanaman yang memiliki daya tahan sangat kuat terhadap cuaca panas.

Biasanya kaktus tumbuh liar di daerah gurun yang sangat sedikit sumber mata air. Namun kaktus juga cocok ditanam di daerah tropis seperti Indonesia. Kaktus sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias karena memiliki banyak jenis yang indah dipandang mata.

Diantara jenis kaktus yang paling terkenal diantaranya adalah kaktus panda, kaktus centong, dan juga kaktus anggur.

d. Bunga Tabebuya

Bunga Tabebuya
Sumber Gambar: 1.bp.blogspot.com

Bagi kalian yang tinggal di kota Surabaya mungkin sudah tidak asing lagi dengan bunga ini. Meski memiliki kemiripan dengan bunga sakura, tetapi asal tanaman ini bukanlah berasal dari Jepang, melainkan berasal dari Brazil. Bunga ini memiliki warna yang sangat terang dan mencolok, misalnya warna merah, putih, dan kuning.

e. Bunga Gaillardia

Bunga Gaillardia
Sumber Gambar: s4.bukalapak.com

Sekilas bentuk bunga Gaillardia memang mirip dengan bunga matahari. Hal ini karena bunga Gaillardia masih satu keluarga dengan bunga matahari. Bunga Gaillardia berasal dari Amerika serta memiliki beberapa nama, diantaranya blanketflower dan firewheel.

f. Bunga Geranium (Tapak Dara)

Bunga Geranium
Sumber Gambar: s2.bukalapak.com

Bunga Geranium atau tapak dara merupakan salah satu bunga yang dapat ditanam diluar rumah atau outdoor. Tanaman ini cocok ditanam di daerah tropis karena mampu bertahan pada cuaca yang panas. Selain memiliki warna yang indah, bunga Geranium juga bisa dijadikan sebagai tanaman hias untuk mengusir nyamuk.

g. Bunga Kertas (Bougenville)

Bunga Kertas
Sumber Gambar: upload.wikimedia.org

Selanjutnya adalah bunga kertas. Bunga kertas merupakan tanaman yang sangat mudah ditemukan serta memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca panas. Perawatan tanaman ini pun terbilang mudah maka tak heran jika banyak orang yang menanam bunga ini di halaman rumah.

h. Bunga Pentas

Bunga Pentas
Sumber Gambar: pocika.files.wordpress.com

Bunga pentas memiliki warna merah muda atau pink serta bentuknya mirip dengan bunga soka. Tanaman bunga pentas sering dipilih untuk dijadikan sebagai tanaman penghias taman rumah.

Selain memiliki bentuk dan warna yang indah, bunga pentas juga dapat dimanfaatkan sebagai pengusir hama tanaman misalnya ulat, dan juga kutu kebul. Hal ini yang menjadikan tanaman ini baik untuk melindungi tanaman lainnya.

i. Bunga Euphorbia

Bunga Euphorbia
Sumber Gambar: upload.wikimedia.org

Bunga Euphorbia pernah menjadi bunga yang sangat terkenal dan memiliki harga yang tinggi di Indonesia. Terdapat sekitar 2000-an spesies bunga ini dengan beraneka ragam warna seperti hijau, merah, ungu, dan cokelat.

Selain dapat dijadikan sebagai tanaman hias, bunga ini juga bermanfaat sebagai obat. Misalnya saja obat untuk hepatitis, pendarahan rahim, luka bakar, dan bisul.

j. Bunga Kembang Sepatu

Bunga Kembang Sepatu
Sumber Gambar: i1.wp.com

Mungkin karena sangat mudah dijumpai menjadikan bunga ini kurang mendapatkan perhatian di masyarakat. Padahal bunga kembang sepatu dapat menjadi pilihan untuk mempercantik halaman disekitar rumah.

Untuk merawat bunga kembang sepatu juga terbilang sangat mudah dan juga memiliki kelebihan lainnya yaitu tahan akan cuaca ekstrim.

2. Jenis Tanaman Hias Indoor

Jenis Tanaman Hias Indoor
Sumber Gambar: files.sirclocdn.xyz

Agar ruangan didalam rumah terlihat asri dan sejuk maka dapat memanfaatkan tanaman hias indoor. Banyak tanaman hias indoor yang berukuran mini, sehingga tidak memakan banyak tempat. Berikut adalah beberapa tanaman hias indoor yang dapat menjadi pilihan untuk menjadikan ruangan lebih asri dan sejuk.

a. Bunga Lavender

Bunga Lavender
Sumber Gambar: id-test-11.slatic.net

Tanaman hias indoor yang pertama adalah lavender. Jika di taruh didalam ruangan/kamar, bunga lavender bisa mengeluarkan aroma wangi yang dapat membuat tidur semakin lelap.

Aroma yang dikeluarkan dari bunga lavender ini baik untuk mengatasi rasa cemas serta penampilannya yang menyejukkan jika dipandang mata. Dengan alasan tersebut, bunga lavender menjadi salah satu pilihan untuk menjadi tanaman hias indoor karena memiliki bentuk yang kecil namun mengandung efek yang baik bagi manusia.

b. Bunga Rosemary

Bunga Rosemary
Sumber Gambar: cf.shopee.co.id

Memiliki daun yang berbentuk duri kecil merupakan ciri khas tanaman herba rosemary. Tanaman ini sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias indoor karena memiliki aroma wangi serta dihiasi bunga yang berwarna ungu kebiru-biruan yang indah untuk dipandang.

Selain itu, rosemary juga cocok dijadikan sebagai tanaman indoor karena tanaman ini tidak disukai oleh nyamuk dan juga dapat dijadikan sebagai bumbu masakan supaya mengeluarkan aroma yang wangi dan sedap.

c. Bambu Rejeki

Bambu Rejeki
Sumber Gambar: i1.wp.com/dekoruma.blog

Lucky Bamboo atau bambu rejeki merupakan tanaman hias indoor yang biasa dijadikan hiasan di ruangan. Sama seperti bambu hias untuk outdoor, bambu rejeki juga dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Bambu rejeki memiliki bentuk yang indah seperti kumpulan bambu yang tersusun rapat menjadikannya cocok sebagai tanaman hias indoor.

d. Bunga Lidah Mertua

Bunga Lidah Mertua
Sumber Gambar: fokuspurworejo.com

Agar ruangan memiliki udara yang segar maka solusinya dapat memasang AC. Namun udara yang dihasilkan oleh AC ini dapat membuat kulit menjadi kering atau menimbulkan masalah lain yang buruk bagi kesehatan.

Nah untuk menghindari hal tersebut, maka dapat memilih tanaman lidah mertua untuk dijadikan hiasan di ruangan dan supaya udara di ruangan menjadi lebih segar. Bunga lidah mertua juga dapat menjadi solusi untuk menyerap racun di ruangan.

Kalian cukup menaruh satu pot kecil bunga lidah mertua untuk dijadikan sebagai tanaman hias indoor maka dapat membuat sirkulasi udara semakin segar serta penampilan daun yang panjang tumbuh keatas dapat membuat pandangan semakin adem.

e. Tanaman Jade

Tanaman Jade
Sumber Gambar: s3.bukalapak.com

Tanaman selanjutnya yang dapat dijadikan sebagai tanaman hias indoor adalah tanaman jade. Serupa dengan bambu rejeki, tanaman jade juga dipercaya dapat membawa keberuntungan.

Selain memiliki bentuk yang cantik, tanaman jade juga dapat bertahan lama jika dijadikan sebagai tanaman hias indoor asalkan dirawat dengan baik dan telaten. Bersihkan bagian daun dari debu ruangan, siram atau semprot menggunakan air serta siangi sesekali maka tanaman ini dapat bertahan lama.

f. Pachira atau Money Plant

Pachira
Sumber Gambar: mpowerfulplants.com

Menurut feng shui, tanaman ini dapat mendatangkan rezeki, membawa keberuntungan, serta dapat menambah kelancaran finansial. Inilah tanaman pachira atau money plant yang cocok dijadikan sebagai tanaman hias indoor.

Untuk merawat tanaman ini, kalian cukup memotong dahannya serta memberi sedikit air dan menyiangi untuk terkena sinar matahari maka tanaman ini dapat bertahan hidup didalam ruangan dalam waktu yang cukup lama.

g. Pakis Asparagus

Pakis Asparagus
Sumber Gambar: i1.wp.com/f1-styx.imgix.net

Tanaman selanjutnya yang dapat dijadikan sebagai tanaman hias indoor adalah pakis asparagus. Pakis asparagus memiliki daun yang pipih serta menyebar seperti renda halus.

Kalian dapat memilih tanaman ini sebagai tanaman hias indoor karena salah satu manfaatnya yaitu dapat mengatasi polusi udara didalam ruangan serta enak jika dipandang.

h. Sukulen Echeveria

Sukulen Echeveria
Sumber Gambar: briliantgarden.files.wordpress.com

Echeveria merupakan salah satu tanaman hias indoor yang tergolong kedalam jenis sukulen yang memiliki bunga mirip dengan bunga mawar. Tanaman ini tidak membutuhkan media pot yang besar sehingga cocok dijadikan sebagai tanaman hias indoor.

Tetapi perlu diingat, jangan menempatkan tanaman ini di ruangan yang bersuhu dingin karena dapat berpotensi jamur.

i. Bunga Anthurium

Bunga Anthurium
Sumber Gambar: media.hitekno.com

Bunga anthurium dapat menjadi pilihan untuk mengisi sudut ruangan dirumah kalian karena memiliki bentuk daun yang unik, indah serta bervariasi. Pilihlah bibit bunga anthurium yang bervariasi sehingga hasilnya pun akan bervariasi dan enak dipandang mata.

Tetapi untuk dijadikan sebagai tanaman hias indoor, pilihlah jenis bunga anthurium mini supaya tidak banyak memakan tempat didalam rumah kalian.

j. Lidah Buaya atau Aloe Vera

Lidah Buaya atau Aloe Vera
Sumber Gambar: 1.bp.blogspot.com

Jenis tanaman hias indoor terakhir yang dapat kalian pilih untuk menghiasi ruangan adalah tanaman lidah buaya atau aloe vera. Sebenarnya, tanaman ini dapat dijadikan sebagai tanaman hias indoor atau outdor.

Dengan adanya tanaman lidah buaya didalam ruangan, maka kalian dapat memperoleh berbagai manfaatnya diantaranya untuk dijadikan sebagai obat alami untuk meredakan luka bakar atau pelembab kulit.

3. Jenis Tanaman Hias Daun

Jenis Tanaman Hias Daun
Sumber Gambar: menanam.com

Selain tanaman hias indoor, kalian juga dapat memanfaatkan jenis tanaman hias daun. Tanaman hias daun juga tidak kalah indahnya dengan tanaman hias outdoor atau indoor.

Inilah beberapa jenis tanaman hias daun yang dapat menjadi pilihan untuk memperindah rumah atau tempat kerja kalian.

a. Gelombang Cinta

Gelombang Cinta
Sumber Gambar: rovicky.files.wordpress.com

Tanaman hias daun yang pertama adalah gelombang cinta atau Anthurium. Gelombang cinta merupakan salah satu tanaman hias daun yang sangat populer. Hal ini karena gelombang cinta memiliki bentuk yang indah dan cantik.

Seperti namanya, tanaman ini memiliki keunikan dimana daunnya berbentuk lebar dan bergelombang seperti gelombang ombak. Kalian dapat memilih tanaman ini untuk memperindah rumah atau kantor.

b. Lidah Mertua

Lidah Mertua
Sumber Gambar: steemitimages.com

Tanaman hias daun ini memiliki nama yang unik yaitu lidah mertua. Ciri-ciri tanaman lidah mertua ini memiliki daun yang tebal serta ujungnya runcing bagaikan duri.

Tanaman lidah mertua mampu untuk beradaptasi pada lingkungan yang kering dan tidak memerlukan banyak air. Hal ini yang menjadikan tanaman ini cocok ditempatkan baik didalam atau diluar ruangan.

c. Lili Paris

Lili Paris
Sumber Gambar: tamantanaman.com

Lili paris atau dalam bahasa latin disebut Chlorophytum Comosum merupakan tanaman hias daun yang memiliki warna yang sangat cantik. Saat tumbuh dewasa, tanaman ini akan memunculkan tunas yang panjang dimana ujungnya memiliki tunas akar.

Tanaman ini cocok ditanam pada pot gantung maupun pot duduk. Kelebihan lainnya dari tanaman lili paris ini adalah mampu beradaptasi di berbagai tempat sehingga dapat diletakkan didalam atau diluar ruangan.

d. Bunga Kuping Gajah

Kuping Gajah
Sumber Gambar: cf.shopee.co.id

Tanaman daun kuping gajah memiliki daya pikat utama yaitu terletak pada bentuk daunnya yang sangat unik. Ukuran daun tanaman ini terbilang cukup besar dan mirip dengan kuping gajah yang menjadikan tanaman ini diberi nama tanaman daun kuping gajah.

Cara merawat tanaman ini pun terbilang mudah dan tidak memerlukan perawatan khusus sehingga cocok ditanam baik didalam atau diluar ruangan.

e. Keladi Red Star

Keladi Red Star
Sumber Gambar: rancupidfarm.com

Caladium Bicolor atau keladi red star memiliki bentuk daun seperti bintang dan berwarna merah cerah. Agar daun tanaman ini memiliki warna merah yang kuat dan sehat, maka kalian dapat meletakkannya ditempat yang sekiranya terkena sinar matahari yang cukup.

Selain memiliki daun yang indah, tangkai daun tanaman ini juga memiliki warna merah belang yang cantik sehingga cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias daun di depan rumah.

f. Tanduk Rusa

Tanduk Rusa
Sumber Gambar: s2.bukalapak.com

Platycerium atau kita biasa mengenalnya tanduk rusa merupakan salah satu jenis tanaman hias daun yang menempel atau menumpang pada tanaman lain. Sesuai dengan namanya, daun tanaman ini memiliki bentuk yang mirip dengan tanduk rusa. Kalian dapat menanam atau menempelkan tanaman hias ini di pohon atau di dekat tembok.

g. Pucuk Merah

Pucuk Merah
Sumber Gambar: m.damailand.com

Tanaman yang memiliki nama latin Syzgium Oleana merupakan salah satu jenis tanaman hias daun yang sangat populer. Sehingga menjadikannya banyak ditanam di halaman rumah atau halaman kantor.

Warna daun tanaman ini dapat berubah-ubah sesuai dengan usia tanamannya. Saat masih muda, daun ini berwarna merah, kemudian akan berubah menjadi kuning, dan akan berubah lagi menjadi hijau.

h. Suplir

Suplir
Sumber Gambar: i0.wp.com/f1-styx.imgix.net

Suplir memiliki bentuk daun kecil-kecil serta dan terlihat segar dan cantik. Warna hijau pada daun suplir ini dapat menjadikan tepat yang terdapat tanaman suplir terlihat lebih sejuk dan segar.

Agar tanaman ini dapat tumbuh dengan baik, kalian dapat meletakkan ditempat yang teduh, lembab, dan memiliki udara yang bersih. Tanaman suplir ini termasuk kedalam tanaman spora yang menjadikan perawatan dan perbanyakannya terbilang cukup mudah.

i. Sirih Gading

Sirih Gading
Sumber Gambar: c1.staticflickr.com

Ada juga tanaman hias daun yang tergolong kedalam tanaman merambat yang menjadikannya cocok ditanam pada area dinding. Inilah sirih gading atau Aepipremnum Aureum. Tanaman ini dapat bertahan hidup didalam ruangan namun harus memerlukan perawatan secara rutin.

j. Philodendron

Philodendron
Sumber Gambar: bibitbunga.com

Philodendron merupakan tanaman hias yang memiliki bentuk daun yang cantik yang menjadikannya cocok diletakkan di dalam atau di luar ruangan. Jenis philodendron yang paling digemari adalah yang memiliki daun berwarna kuning dan hijau.

Tanaman ini cocok di tanam atau diletakkan pada tempat yang teduh dan cenderung lembab. Jika diletakkan pada tempat yang panas maka akan mengakibatkan tanaman ini layu dan mati.

4. Jenis Tanaman Hias Bunga

Jenis Tanaman Hias Bunga
Sumber Gambar: i0.wp.com/seruni.id

Tanaman hias bunga dapat menjadi solusi supaya taman atau halaman sekitar rumah kalian terlihat lebih cantik. Beberapa jenis tanaman hias bunga dibawah ini dapat kalian tanam agar halaman disekitar rumah terlihat lebih hidup dan indah.

Dibawah ini adalah beberapa jenis tanaman hias bunga yang dapat kalian tanam di halaman sekitar rumah.

a. Bunga Melati

Bunga Melati
Sumber Gambar: 2.bp.blogspot.com

Bunga melati merupakan salah satu bunga hias yang memiliki sekitar 200 jumlah spesies yang tumbuh liar di daerah beriklim tropis. Di Indonesia, bunga melati menjadi salah satu bunga paling populer.

Bahkan di negara kita ini bunga melati jenis Jasminum sambac dijadikan sebagai simbol nasional karena melambangkan kesucian dan kemurnian.

b. Bunga Anggrek

Bunga Anggrek
Sumber Gambar: 1.bp.blogspot.com

Tanaman hias bunga yang selanjutnya adalah bunga anggrek. Bisa dikatakan bunga anggrek merupakan salah satu bunga paling populer untuk ditanam disekitar rumah atau area taman. Bunga anggrek merupakan suku tumbuhan berbunga yang paling banyak jenisnya.

Indonesia sendiri memiliki banyak jenis anggrek yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Sedangkan jenis anggrek epifit merupakan jenis anggrek terbanyak yang tumbuh liar di hutan. Bahkan anggrek bulan merupakan bunga pesona bangsa Indonesia menjadi bunga nasional Singapura dan Thailand.

Kalian juga dapat menjadikan bunga anggrek untuk menghiasi taman atau halaman rumah.

c. Bunga Mawar

Bunga Mawar
Sumber Gambar: kampustani.com

Selain bunga anggrek, bunga yang paling populer dan paling sering ditanam disekitar rumah adalah bunga mawar. Bunga mawar dijadikan sebagai bunga untuk melambangkan cinta dan juga romansa secara global!

Terdapat ribuan jenis bunga mawar yang bisa ditemukan di tiap warnanya. Diantaranya adalah warna merah, ungu, kuning, bahkan mawar berwarna hitam pun dapat kalian temukan.

Untuk menanam bunga mawar ini pun terbilang cukup mudah sehingga dapat menjadi pilihan untuk menanam bunga mawar di halaman rumah.

d. Bunga Bugenvil

Bunga Bugenvil
Sumber Gambar: 1.bp.blogspot.com

Bunga bugenvil merupakan salah satu jenis tanaman hias bunga yang sering ditanam di pinggir jalan untuk dijadikan sebagai penghias jalanan. Sebagian orang menyebutnya sebagai bunga kertas karena bunga ini memiliki kelopak yang mirip seperti kertas.

Meskipun biasa ditanam di pinggir jalan, kalian dapat memilih bunga ini untuk dijadikan hiasan di sekitar rumah. Bunga ini juga tidak memerlukan perawatan khusus supaya dapat terus bertahan hidup karena meski bunga kertas berasal dari Amerika Selatan tetapi bunga bugenvil juga cocok ditanam di Indonesia.

e. Bunga Teratai

Bunga Teratai
Sumber Gambar: rohmatchemistry.staff.ipb.ac.id/

Bunga selanjutnya yang dapat menghiasi halaman rumah adalah bunga teratai. Namun kali ini kalian harus menyiapkan kolam terlebih dahulu jika ingin menikmati keindahan bunga teratai ini.

Bunga teratai memiliki bentuk indah dan juga warna yang cerah. Terdapat sekitar 50 spesies teratai yang tersebar di seluruh dunia.

f. Bunga Tulip

Bunga Tulip
Sumber Gambar: 1.bp.blogspot.com

Tulip merupakan salah satu bunga yang terkenal akan warnanya yang beragam. Diantara warna pada bunga tulip ini adalah warna merang terang, kuning dan ungu kehitaman.

Bunga tulip tersebar luas di benua Afrika, Asia, sampai Eropa. Berdasarkan periodenya, bunga tulip mekar dimulai dari musim semi sampai musim panas. Namun jika di Indonesia, bunga ini mekar sepanjang waktu berdasarkan kondisi cuaca.

Cobalah untuk menanam bunga tulip di sekitaran rumah kalian karena bunga ini sangat indah dipandang mata.

g. Bunga Kantung Semar

Bunga Kantung Semar
Sumber Gambar: cdn.idntimes.com

Nepenthes atau bunga kantung semar merupakan salah satu tanaman hias terindah. Saking indahnya, terdapat beberapa jenis bunga kantung semar yang masuk kedalam jenis tanaman yang dilindungi di Indonesia.

Bunga yang termasuk kedalam jenis tanaman monopolik ini memiliki 130 spesies. Meskipun terlihat indah dan cantik, tumbuhan ini merupakan tumbuhan karnivora. Kalian dapat memilih bunga kantung semar untuk ditanam di halaman rumah agar dapat mengurangi serangga seperti nyamuk dan juga dapat dijadikan sebagai hiasan.

h. Bunga Matahari

Bunga Matahari
Sumber Gambar: cdn-cas.orami.co.id

Bunga matahari atau nama ilmiahnya Helianthus annuus L merupakan jenis tumbuhan semusim dari suku Asteraceae yang terkenal baik sebagai tanaman hias atau tanaman yang dimanfaatkan bijinya. Warna kuning terang ini menjadikan bunga matahari sangat cocok di tanam di lahan sekitar rumah atau taman.

Selain dijadikan sebagai tanaman hias, bunga matahari juga dapat menghasilkan minyak serta bijinya bisa diolah menjadi camilan kuaci.

i. Bunga Iris

Bunga Iris
Sumber Gambar: 3.bp.blogspot.com/

Iris Germanica atau bunga iris merupakan tanaman hias bunga selanjutnya yang dapat kalian manfaatkan untuk memperindah taman. Bunga iris identik dengan warna ungu yang gelap hingga cerah. Beberapa orang menganggap bunga ini identik dengan lambang kebijaksanaan, harapan, dan kesetiaan.

j. Bunga Pentas

Bunga Pentas tanaman
Sumber Gambar: apollo-singapore.akamaized.net

Jenis tanaman hias bunga yang terakhir adalah bunga pentas. Bunga pentas merupakan salah satu bunga yang dapat ditemukan di Komoro, Afrika Selatan, Madagaskar, dan Semenanjung Arab. Tanaman ini memiliki ciri-ciri daun berbulu serta memiliki warna bunga merah, putih, merah muda, dan juga ungu.

Beberapa spesies bunga pentas bahkan dapat ditanam menggunakan media pot. Sehingga dapat menjadi hiasan di halaman rumah.

5. Jenis Tanaman Hias Buah

Jenis Tanaman Hias Buah
Sumber Gambar: d3p0bla3numw14.cloudfront.net

Selain jenis tanaman hias bunga, beberapa jenis tanaman hias buah pun dapat kalian temukan di pasaran dan dapat dijadikan sebagai hiasan di sekitaran rumah. Berikut adalah beberapa jenis tanaman hias buah.

a. Zaitun

Tanaman Hias Buah Zaitun
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Pohon zaitun merupakan salah satu tanaman hias buah yang dapat ditempatkan baik didalam atau diluar ruangan. Batang dan ranting pohon zaitun yang ramping ini membuat tanaman ini dapat ditempatkan pada pot kecil dan tidak memakan banyak ruang.

Meski memiliki ukuran yang kecil, namun buah zaitun memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Jika diolah menjadi minyak, maka dapat digunakan untuk campuran bumbu masak atau dapat dimanfaatkan untuk kecantikan kulit.

b. Strawberry

Jenis Tanaman Hias Buah
Sumber Gambar: d3p0bla3numw14.cloudfront.net

Siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini? Selain memiliki rasa yang enak, buah stroberi juga dapat dijadikan sebagai salah satu tanaman hias buah. Hal ini karena buah stroberi memiliki bentuk yang unik serta tanamannya juga indah untuk dipandang.

Tanaman stroberi dapat ditanam didalam pot sehingga dapat dijadikan sebagai tanaman hias di halaman rumah.

c. Apel Mini

Tanaman Pohon Apel Mini
Sumber Gambar: cf.shopee.co.id

Biasanya pohon apel memiliki ukuran yang besar bukan? Namun faktanya terdapat jenis pohon apel mini atau kerdil yang bisa ditanam menggunakan media pot. Ukuran pohon dan buahnya yang kecil menjadikan keunikan tersendiri sehingga cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias buah.

d. Jeruk Nagami

Tanaman Jeruk Nagami
Sumber Gambar: bibitbunga.com

Tanaman hias buah selanjutnya adalah tanaman jeruk nagami. Ini karena buah yang dihasilkan dari tanaman ini sangat mirip dengan jeruk baik dari bentuknya, rasanya, atau pun aromanya.

Dengan warna oranye yang cerah serta bentuknya yang lonjong dan mungil menjadikan tanaman buah ini sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias buah untuk mempercantik halaman rumah.

e. Nanas Medusa

Nanas Medusa
Sumber Gambar: s1.bukalapak.com

Nanas medusa atau nanas mahkota merupakan salah satu tanaman hias buah yang unik. Jika tanaman ini berbuah, nantinya akan menghasilkan nanas dan diatas nanas tersebut nantinya akan menghasilkan buah nanas lagi namun dengan ukuran yang lebih kecil yang di atasnya terdapat mahkota.

Selain dijadikan sebagai tanaman hias buah, nanas jenis ini juga dapat dikonsumsi karena rasanya tidak kalah dengan jenis nanas biasa.

6. Jenis Tanaman Hias Gantung

Jenis Tanaman Hias Gantung
Sumber Gambar; i.ytimg.com

Bagi kalian yang hidup di daerah pedesaan mungkin bukan hal yang sulit untuk mendapatkan udara segar. Tetapi berbeda dengan yang tinggal di daerah perkotaan, dimana polusi udara seakan-akan sudah menjadi makanan sehari-hari.

Bahkan di area lingkungan rumah pun tidak dapat terhindar dari yang namanya polusi udara. Diantara penyebabnya adalah asap yang diakibatkan dari memasak, asap akibat membakar sampah di sekitar rumah atau lainnya.

Namun hal itu dapat diatasi dengan cara menanam tanaman hias gantung. Inilah beberapa rekomendasi tanaman hias gantung yang dapat membuat udara di lingkungan sekitar rumah menjadi lebih segar dan tentunya jauh dari polusi udara.

a. Dischidia Geri

Dischidia Geri
Sumber Gambar: casaindonesia.com

Tanaman hias gantung yang pertama adalah dischidia geri. Dischidia geri sangat cocok di tanam di pot gantung karena tanaman ini tumbuh menjuntai kebawah.

Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias gantung dan bisa ditempatkan didepan rumah.

b. Dischidia Nummularia Variegeta

Dischidia Nummularia Variegeta
Sumber Gambar: worldofsucculents.com

Selanjutnya adalah dischidia nummularia variegeta. Dischidia jenis ini juga sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias gantung dirumah kalian. Selain mudah untuk dirawat, tanaman ini juga dapat tumbuh di ruangan yang kecil.

c. Dischidia Ovata

Dischidia Ovata
Sumber Gambar: s3.bukalapak.com

Memiliki daun yang kecil dengan guratan-guratan garis putih serta daunnya yang lentur merupakan ciri-ciri tanaman hias gantung dischidia ovata.

Untuk perawatan tanaman ini, kalian cukup meletakkannya di area sekitar rumah yang memiliki sirkulasi udara yang baik.

d. Sedum Morganiaum

Sedum Morganiaum
Sumber Gambar: cactusplaza.com

Tanaman hias selanjutnya yang bisa mempercantik rumah kalian adalah sedum morganianum. Jika diperhatikan dengan seksama, jenis tanaman hias gantung ini mirip dengan kaktus.

Hal ini karena sifatnya yang memerlukan banyak sinar matahari dan hanya memerlukan sedikit air sehingga menjadikan tanaman ini sangat mudah untuk dirawat. Beberapa orang juga menyebutnya sebagai kaktus anggur.

e. Creeping Charlie

Creeping Charlie
Sumber Gambar: dekoruma.blog

Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan. Ciri-cirinya memiliki daun yang sangat cepat untuk tumbuh, bentuk daunnya mirip dengan daun mint, inilah creeping charlie. Creeping charlie dapat tumbuh merambat atau menjalar sehingga selain dapat dijadikan sebagai tanaman hias gantung, tanaman ini juga bisa ditanam di dinding atau pun pagar.

f. Million Hearts

Million Hearts
Sumber Gambar: cdn.popbela.com

Million hearts memiliki daun yang kaku serta tebal dan memiliki bentuk yang menyerupai hati. Tanaman ini dapat menjalar hingga mencapai panjang sekitar satu meter.

g. Tradescantia

Tanaman Tradescantia
Sumber Gambar: blogpictures.99.co

Tradescantia identik dengan daun yang memiliki garis berwarna putih, ungu, hijau, dan juga silver. Tanaman ini dapat tumbuh di berbagai lingkungan sehingga dapat dijadikan sebagai tanaman hias gantung.

h. Wijaya Kusuma

Wijaya Kusuma
Sumber Gambar: assets.kompasiana.com

Wijaya kusuma merupakan tanaman hias gantung yang memiliki daun panjang dan tergolong ke dalam jenis succulent. Cara merawat tanaman ini terbilang mudah, kalian cukup menyiraminya seminggu sekali.

i. Sirih Marble

Sirih Marble
Sumber Gambar: casaindonesia.com

Sirih marble memiliki kandungan serat daun yang mirip dengan permukaan marble. Tanaman ini dapat menjadi pilihan sebagai tanaman hias gantung untuk mempercantik rumah kalian.

j. Baby Tears Plant

Baby Tears Plant
Sumber Gambar: i.pinimg.com

Baby tears plant merupakan tanaman hias gantung yang memiliki daun-daun kecil yang sekilas terlihat seperti fragile. Tanaman hias gantung ini cocok ditempatkan pada ruangan indoor.

Letakkan tanaman hias gantung ini di lokasi dengan kondisi minim pencahayaan maka baby tears plant akan tetap tumbuh subur dirumah kalian.

7. Jenis Tanaman Hias Merambat

Jenis Tanaman Hias Merambat
Sumber Gambar: i1.wp.com/dekoruma.blog

Jenis tanaman hias yang terakhir adalah tanaman hias merambat. Tidak kalah dengan jenis tanaman hias lainnya, tanaman hias merambat juga memiliki bentuk dan warna yang begitu indah.

Penasaran jenis tanaman hias merambat apa saja yang dapat kalian tanam di rumah? Berikut ulasannya.

a. Daun Dolar

Daun Dolar
Sumber Gambar: /i2.wp.com

Daun dolar atau Ficus pumila merupakan salah satu tanaman hias rambat berdaun yang memiliki akar lebar dan juga kuat sehingga mampu menepel atau mencengkram di permukaan tembok yang kasar. Tanaman ini sering dijadikan untuk menghiasi dinding atau pagar rumah.

Supaya dapat tumbuh dengan maksimal, maka pastikan dinding yang akan dijadikan media merambatnya memiliki permukaan yang cukup kasar. Perawatannya pun tergolong sederhana sehingga dapat dijadikan sebagai hiasan dinding atau pagar rumah.

b. Alamanda

Alamanda
Sumber Gambar: images.fineartamerica.com

Tanaman ini termasuk kedalam golongan tanaman merambat berdaun. Inilah tanaman alamanda. Terdapat ciri utama tanaman alamanda ini yaitu memiliki bunga berwarna kuning terang.

Selain memiliki warna bunga yang indah, cara merawat tanaman ini juga cukup mudah sehingga banyak orang menanam tanaman hias rambat ini di kanopi depan rumah.

c. Morning Glory

Morning Glory
Sumber Gambar: images.thestar.com

Morning glory merupakan jenis tanaman hias paling populer diantara jenis lainnya. Tanaman ini memiliki bunga yang cantik dan indah dengan ciri-cirinya berwarna biru keunguan.

Meski memiliki bunga yang indah, tanaman ini juga terbilang cukup mudah untuk merawatnya karena bisa ditanam di berbagai medan seperti pagar, dinding, hingga kanopi. Namun kalian harus menyediakan tulangan yang terbuat dari besi atau kayu yang nantinya digunakan untuk media rambat.

d. Melati Irian

Melati Irian
Sumber Gambar: rumahlia.com

Flame of Irian atau melati Irian merupakan tanaman hias rambat selanjutnya yang dapat memperindah kanopi maupun teras depan rumah. Tanaman ini tergolong kedalam jenis tanaman rambat berbunga yang asalnya dari Papua.

Dimana ciri-ciri tanaman ini yaitu memiliki bunga berwarna merah menyala sehingga indah untuk dipandang mata.

e. Air Mata Pengantin

Air Mata Pengantin
Sumber Gambar: 2.bp.blogspot.com

Tanaman ini memiliki nama yang sangat unik, inilah tanaman air mata pengantin. Awalnya tanaman ini dianggap sebagai tanaman gulma atau pengganggu. Karena tanaman ini memiliki bunga yang berwarna cerah sehingga tanaman ini lambat laun menjadi tanaman hias merambat yang cantik untuk dipandang.

f. Bunga Kuku Macan

Bunga Kuku Macan
Sumber Gambar: 1.bp.blogspot.com

Bunga kuku macan atau biasa dikenal sebagai anggrek dari Irian merupakan tanaman hias merambat yang memiliki bentuk bunga seperti lidah api.

Warna bunga yang merah bersanding dengan warna hijau dari daunnya menjadikan tanaman ini cocok untuk mempercantik atap depan rumah atau taman.

g. Pothos Scandens

Pothos Scandens
Sumber Gambar: asia-medicinalplants.info

Tanaman hias merambat selanjutnya yang dapat diterapkan di dinding atau taman adalah pothos scandens. Bentuk tanaman ini mirip dengan tanaman daun dolar serta sama-sama dapat tumbuh di permukaan yang kasar.

h. Zebrina Pendula

Zebrina Pendula
Sumber Gambar: live.staticflickr.com

Zebrina pendula merupakan tanaman hias rambat yang memiliki warna daun dengan pola garis putih. Pada awal menanam tanaman ini yaitu dengan cara di gantung, seiring berjalannya waktu, daun tanaman ini akan terus memanjang dan merambat.

i. Petrea Volubilis

Petrea Volubilis
Sumber Gambar: plantsgalore.co.ke

Selanjutnya adalah petrea volubilis. Meski tanaman ini berasal dari Amerika Tengah, namun petrea volubilis juga cocok ditanam di negara yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia.

Bunga ini mirip dengan bunga lavender. Ini karena bunganya berwarna ungu serta mekar di sepanjang batangnya. Hal menarik lainnya dari bunga ini yaitu warna bunganya dapat berubah dari ungu kemudian perlahan memudar menjadi hijau. Petrea volubulis sangat cocok ditanam di dinding atau pun pagar rumah.

j. Clematis

Clematis
Sumber Gambar: whiteflowerfarm.com

Jenis tanaman hias merambat terakhir  adalah clematis. Clematis memiliki bunga yang cantik dan warnanya yang sangat memanjakan mata sehingga cocok untuk diaplikasikan di sekitar rumah atau taman kalian.

Itulah berbagai jenis tanaman hias yang dapat mempercantik suasana sekitar rumah dan taman. Sehingga bisa menghadirkan suasana hunian agar terlihat lebih asri dan juga segar.

Tinggalkan komentar