Manfaat Daun Binahong Merah untuk Kesehatan

Manfaat Daun Binahong Merah – Daun herbal yang cukup mudah untuk ditemui di pedesaan salah satunya daun Binahong. Dari segi kandungan, daun ini tinggi akan protein dan vitamin.

Yanga jadi pertanyaan adalah apakah daun Binahong Merah memiliki banyak khasiat? Jawabannya iya benar. Untuk lebih jelas mari simak ulasan berikut ini.

Manfaat Daun Binahong Merah

Manfaat Daun Binahong Merah untuk Kesehatan
Sumber Gambar: nusabudidaya.com

Jangan sepelekan daun-daun herbal seperti daun Binahong. Meski terlihat sederhana, sebenarnya daun-daun ini kaya akan manfaat.

Baik manfaat untuk kesehatan maupun manfaat untuk kecantikan, dan lainnya. Berikut ini ada beberapa manfaat daun Binahong yang perlu kita ketahui.

1. Mengontrol Kolesterol

Salah satu penyebab tejadinya penyakit adalah kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh terlalu banyak.

Jadi, kolesterol jahat yang berlebihan pada tubuh bisa menyebabkan terganggunya aliran darah. Secara otomatis, jika darah di dalam tubuh tidak bisa mengalir dengan baik, pasti akan timbul masalah.

Jika dibiarkan, dalam jangka panjang bisa berakibat fatal. Misalkan seperti terkena serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi.

Nah, untuk membantu mengontrol kolesterol yang masuk ke dalam tubuh, kita bisa manfaatkan daun Binahong.

Caranya cukup mudah. Yakni dengan merebus daun Binahong. Konsumsi air rebusan daun Binahong secara rutin namun tidak berlebihan. Karena jika berlebihan akan berpotensi terjadi efek samping daun Binahong.

2. Membantu Menyembuhkan Maag

Penyakit maag kerap kali menyerang siapa saja yang biasa telat sarapan atau telat makan. Maag adalah jenis penyakit lambung yang terjadi karena kelainan produksi asam lambung.

Yang menyebabkan timbul rasa perih pada lambung. Nah, jika tidak ingin terserang penyakit ini, caranya sangat mudah. Atur pola makan sebaik mungkin. Jangan sampai telat terlebih ketika sarapan.

Bagaimana jika sudah terserang penyakit ini? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangani ini. Salah satunya dengan menggunakan daun Binahong.

Cara mengolah daun Binahong untuk membantu menyembuhkan maag sama seperti sebelumnya, yaitu dengan minum rebusan daun Binahong.

3. Membantu Mengobati Asam Urat

Penyakit yang cukup sering menyerang seseorang lainnya adalah asam urat. Biasanya pada orang yang sudah masuk usia tua.

Asam urat terjadi karena adanya penumpukan atau pengendapan pada sendi-sendi dengan bentuk seperti kristal tajam. Wajar jika orang yang terserang penyakit ini merasakan sakit yang tidak tertahankan.

Jika sudah terserang penyakit ini namun dibiarkan dalam rentan waktu yang lama, maka bisa menyebabkan dampak yang serius, yakni kelumpuhan.

Nah, sama seperti jenis penyakit lainnya. Ada cara-cara khusus untuk mengatasi penyakit ini. Salah satunya dengan terapi herbal. Yakni mengkonsumsi air rebusan daun Binahong secara rutin.

4. Obat Pasca Operasi

Selanjutnya adalah masalah yang terjadi setelah operasi. Biasanya, seseorang yang baru saja menjalankan operasi akan sulit bergerak karena efek dari bedahan yang terjadi pada kulit.

Sering terjadi, proses penyembuhan luka bekas operasi memakan waktu yang cukup lama. Nah, untuk membantu mempecepat proses penyembuhan luka bekas operasi, bisa memanfaatkan daun Binahong yang direbus.

Caranya sama seperti cara meramu daun Binahong untuk maag dan asam urat, yakni mengkonsumsi air rebusan daun Binahong.

Nah, itulah beberapa manfaat daun Binahong merah untuk kesehatan yang penting untuk kita ketahui. Tanaman Binahong adalah jenis tanaman yang mudah tumbuh.

Jadi, biasanya orang-orang menanam tanaman Binahong di Pekarangan rumah atau di halaman rumah. Sengaja ditanam di tempat yang dekat dengan rumah. Jadi ketika sewaktu-waktu butuh, tinggal memetik daun Binahongnya.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan terkait manfaat daun Binahong merah untuk kesehatan. Baca info lebih banyak tentang daun Binahong di sini.

Tinggalkan komentar