Manfaat Daun Kelor dan Cara Mengolahnya

Halo sahabat @PakTani11, berikut ini adalah manfaat daun kelor dan cara mengolahnya. Sudah sejak lama daun kelor dipercaya akan khasiatnya yang terbukti membantu kesehatan tubuh manusia.

Seperti bagus untuk membantu sistem kekebalan tubuh, penambah tenaga, dan lainnya. Termasuk bagus untuk ibu hamil. Karena menurut beberapa sumber yang kami dapat, daun kelor mengandung flavonoid, asam askorbat, dan polifenol.

Baik, jadi tema kali ini kita akan membahas tentang manfaat daun kelor dan cara mengolahnya. Sebelumnya kami sudah membahas tentang manfaat strawberry untuk wajah, rambut, ibu hamil, dan lainnya.

Manfaat Daun Kelor dan Cara Mengolahnya

Manfaat daun kelor dan cara mengolahnya
Sumber Gambar: asset-a.grid.id

Pada pembahasan ini, kami akan menjelaskan manfaat-manfaat daun kelor terlebih dahulu. Ada 10 manfaat yang akan kami jelaskan.

Setelah itu, dilanjut dengan pembahasan bagaimana cara mengolah daun kelor supaya bisa digunakan untuk mendapatkan manfaatnya.

Baik, berikut ada 10 manfaat daun kelor yang penting untuk diketahui. Apa saja manfaatnya? Silahkan baca di bawah ini.

A. Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Hamil

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Ibu Hamil
Sumber Gambar: cdn-brilio-net.akamaized.net

1. Membantu Meningkatkan Energi di Dalam Tubuh

Energi adalah sesuatu yang sangat diperlukan tubuh untuk bisa beraktifitas. Tanpa adanya energi, tubuh akan terasa lemas dan malas untuk beraktifitas.

Khususnya perempuan yang sedang hamil. Ia membutuhkan energi ekstra untuk menunjang aktifitas kesehariannya. Maka mengkonsumsi daun kelor bisa menjadi sesuatu hal yang sangat bermanfaat bagi orang hamil.

Daun kelor mengandung antioksidan yang bagus untuk membantu mencegah kerusakan sel. Dan jika ditelusuri lebih jauh lagi, daun kelor memiliki banyak kandungan yang bagus untuk kesehatan manusia.

2. Mencegah Potensi Bayi Cacat

Manfaat daun kelor untuk ibu hamil berikutnya adalah bagus untuk mencegah kerusakan DNA dan degradasi DNA janin.

Kandungan flavonoid, asam askorbat, dan polifenol adalah zat yang berperan dalam membantu mencegah kerusakan DNA yang dimaksud.

3. Membantu Mengurangi Resiko Diabetes Getasional bagi Ibu Hamil

Diabetes getasional merupakan diabetes yang berpengaruh pada cara kerja sel dalam menggunakan glukosa yang dapat menyebabkan naiknya gula darah ibu hamil.

Kondisi tersebut bisa mengganggu kesehatan ibu hamil dan kandungannya. Dengan mengkonsumsi daun kelor, hal ini dapat dikurangi. Bagaimana cara mengkonsumsi daun kelornya? Nanti akan kita bahas di bawah.

4. Membantu Proses Pencegahan Sel Kanker

Seperti yang sudah dikatakan di atas, daun kelor kaya akan zat antioksidan. Ini sangat bagus untuk mencegah sel kanker.

Kandungan antioksidannya melebihi bawang putih, teh hijau, dan anggur merah. Fungsi dari senyawa antioksidan adalah membantu mempercepat proses regenerasi sel DNA.

Selain itu, senyawa antioksidan juga sangat membantu dalam mencegah kerusakan pada sel tubuh.

5. Membantu Menjaga Kualitas Tidur yang Baik

Kandungan asam amino di dalam daun kelor bagus untuk menjaga syaraf dalam keadaan baik, sehingga ibu hamil akan merasa nyaman dengan kondisi tubuhnya.

Dengan begitu, ibu hamil akan lebih mudah terlelap dalam tidur yang nyaman dan berkualitas. Seperti yang kita tahu, perubahan kondisi tubuh ibu hamil sering mengganggu kenyaman tidur.

6. Membantu Menjaga Kesehatan Otak Ibu Hamil

Daun kelor kaya akan vitamin C dan E. Ini bagus untuk membantu mejaga kesehatan otak. Ibu hamil sangat memerlukan otak yang sehat supaya bisa berpikir dan konsentrasi dalam menjaga kehamilannya agar tetap sehat.

Faktor yang sangat mempengaruhi kesehatan otak salah satunya adalah kondisi hati. Daun kelor dipercaya bisa membantu mengatasi mood swing (perubahan kondisi hati).

7. Membantu Mengurangi Resiko Penyakit Karena Peradangan

Seorang ibu yang sedang hamil, benar-benar harus menjaga kesehatan tubuhnya sendiri. Karena ini merupakan salah satu faktor yang berpengaruh pada kelainan si bayi.

Jika selama hamil ibunya sehat, maka kemungkinan besar kandungannya juga sehat. Salah satu penyakit yang dapat mmberikan resiko pada kelainan jantung si bayi adalah penyakit yang disebabkan karena peradangan.

Dengan mengkonsumsi daun kelor, ibu hamil sudah mengurangi resiko yang tidak diinginkan ini.

8. Membantu Memenuhi Nutrisi Tubuh Ibu Hamil

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, beberapa kandungan daun kelor sudah disebutkan. Intinya, daun kelor ini kaya akan berbagai kandungan zat termasuk nutrisi.

Semua kandungannya sangat bagus untuk membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan janinnya. Jadi daun kelor ini sangat bagus untuk ibu hamil.

9. Membantu Menjaga Kesehatan Liver

Kandungan polifenol yang tinggi bagus untuk membantu menjaga kesehatan liver di dalam tubuh.

Kandungan tersebut juga bagus untuk menangkal racun-racun yang menumpuk di dalam tubuh.

10. Baik bagi Wanita Menopause

Ketika masa menopause, tubuh membutuhkan asupan antioksidan yang lebih. Karena pada masa tersebut, produksi antioksidan di dalam tubuh berkurang.

Jadi untuk membantu memenuhi kebutuhan kadar antioksidan di dalam tubuh, daun kelor merupakan alternatif yang bagus.

B. Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan

Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan Kulit Wajah
Sumber Gambar: ginanjarherbal.com

Daun kelor memang kaya akan manfaat. Termasuk manfaat untuk kecantikan kulit wajah.

Jadi, selain bisa dimanfaatkan untuk membantu kesehatan tubuh, khususnya kesehatan tubuh ibu hamil, daun kelor juga bisa dimanfaatkan untuk membantu memberikan kecantikan kulit wajah seseorang.

Apa saja manfaat yang bisa didapat dengan menggunakan daun kelor bagi kulit wajah? Berikut adalah penjelasannya.

1. Dapat Membantu Mengatasi Jerawat

Semua orang tentu tidak menyukai kulit wajahnya terdapat jerawat. Baik itu laki-laki maupun perempuan.

Kekayaan vitamin A, C, dan E yang ada terkandung di dalam daun kelor sangat bagus untuk membantu menghilangkan jerawat dari kulit wajah.

Caranya dengan rutin menggunakan masker yang terbuat dari daun kelor. Hal ini dipercaya mampu membantu membuang racun dan kotoran yang ada di kulit wajah.

2. Membantu Menghilangkan Flek Hitam

Kandungan daun kelor berupa Vitamin C yang sangat tinggi, Vitamin A 4 yang tidak kalah tingginya pula yaitu setara 4 kali lipatnya sayur wortel, serta kandungan lainnya yang tidak bisa disebutkan satu per satu, ini sangat bagus untuk membantu menghilangkan flek pada kulit wajah.

Dan dengan kekayaan vitamin tersebut, daun kelor juga bisa membantu mencerahkan kulit secara alami.

3. Membantu Mencegah Penuaan Dini

Selain bagus untuk menghilangkan flek dan mencerahkan kulit wajah, daun kelor juga bagus untuk mencegah penuaan dini pada kulit wajah.

Kandungan daun kulit mampu membantu menangkal radikal bebas yang bisa membuat kulit keriput. Gunakan secara rutin olahan daun kelor sebagai masker wajah. Supaya wajah sehat, awet muda, dan berseri-seri.

4. Membantu Melembabkan Kulit Wajah

Jika dijabarkan secara detail, menurut sumber yang kami dapatkan daun kelor mengandung 46 antioksidan, 90 nutrisi, 36 senyawa yang bagus untuk antiinflamasi, dan asam amino sekitar 20 jenis.

Semua kandungan di atas bagus untuk kelembaban, kesegaran, dan kesehatan kulit wajah. Dengan seperti itu, kusam pada kulit wajah tidak akan terjadi.

Cara Mengolah Daun Kelor

Cara Mengolah Daun Kelor
Sumber Gambar: doktersehat.com

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengolah daun kelor. Di sini akan menjelaskan dua cara saja yang sudah cukup populer.

Kedua cara ini juga merupakan cara yang boleh dikatakan mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Berikut adalah kedua cara tersebut.

1. Di Rebus

Ini adalah cara yang paling mudah. Cukup dengan merbus daun kelor di dalam air sampai mendidih, lalu jika sudah mendidih, saring supaya terpisah antara daun kelor dan air rebusannya.

Nah, yang dikonsumsi adalah air rebusannya. Sangat mudah bukan? Tidak ribet dan tidak merepotkan.

2. Dijadikan Bubuk

Bagaimana cara membuat bubuk daun kelor? Caranya cukup mudah, namun tidak semudah cara pertama.

Pertama-tama cuci daun kelor sampai bersih, selanjutnya jemur daun kelor sampai benar-benar kering. Bukan kering dari basahnya. Tapi kering kaku.

Mungkin butuh waktu yang tidak sebentar. Setelah benar-benar kering, tumbuk daun kelor sampai halus menjadi bubuk.

Nah bubuk tersebutlah bisa digunakan berbagai cara. Misalkan untuk kesehatan, maka gunakan dengan mencampurkan pada makanan atau minuman.

Jika untuk kesehatan, maka jadi bubuk tersebut sebagai masker. Bisa dicampur dengan air supaya lebih mudah karena lengket di wajah.

Demikian penjelasan tentang manfaat daun kelor dan cara mengolahnya. Bagaimana? Ternyata banyak ya manfaatnya? Cara mengolahnya juga mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Tinggalkan komentar