Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Hamil

Adakah manfaat daun kelor untuk ibu hamil ? Halo sahabat @PakTani11, dari banyaknya manfaat daun kelor, apakah ada manfaat untuk ibu hamil?

Sebelum kita bahas tema utama, kami akan mengulas sedikit tentang daun kelor. Jadi, daun kelor adalah jenis tanaman yang memiliki nama latin Moringa Oliefera.

Tanaman ini bisa tumbuh secara cepat dan berumur panjang meski dalam kondisi ekstrim sekalian. Menurut brilicious.brilio.net, belum lama ini tanaman pohon kelor dinobatkan oleh WHO sebagai tanaman ajaib.

Karena berkhasiat untuk membantu menjaga kesehatan, termasuk pada ibu yang sedang hamil.

Nah, itulah sedikit ulasan tentang daun kelor. Pada intinya, daun kelor memang sudah dipercaya sejak dulu akan khasiatnya. Berikut ini adalah contoh khasiat daun kelor untuk ibu hamil.

Baca: Manfaat daun Kelor lebih banyak lagi

Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Hamil

Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Hamil dan Cara Penggunaannya
Sumber Gambar: muslimahzone.id

Kandungan daun kelor seperti mineral dan vitamin A,C, dan E, menjadi bukti bahwa daun kelor memang bekhasiat untuk kesehatan. Termasuk bermanfaat untuk ibu hamil.

Berikut ini akan kami lampirkan 11 manfaat daun kelor untuk ibu hamil dan cara menggunakannya.

1. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung Ibu yang Sedang Hamil

Daun kelor berkhasiat mampu mejaga kolesterol darah dan kontrol lipid ibu hamil. Maka dengan hal tersebut, daun kelor bisa untuk mencegah terjadinya pembentukan plak di arteri.

Sehingga jantung aman dan terhindar dari penyakit serangan jantung atau pun penyakit jantung lainnya. Selain itu, mengkonsumsi daun kelor juga merupakan cara alami yang minim akan resiko.

2. Baik untuk Menjaga Kesehatan Lambung Ibu yang Sedang Hamil

Muntah dan mual adalah hal yang umum tejadi pada ibu hamil. Namun ini bisa berpengaruh pada kesehatan lambung ibu hamil.

Sifat daun kelor yang bagus untuk menenangkan kondisi tubuh, bisa berdampak positif pada rasa mual dan muntah.

Jadi, mengkonsumsi daun kelor bisa meminimalisir rasa mual dan muntah yang biasa terjadi pada ibu hamil.

3. Menurunkan Resiko Peradangan

Dilansir dari biricious.birilio.net, daun kelor dipercaya dapat membantu mengatasi masalah peradangan. Jadi, daun kelor dapat menekan enzim tubuh yang menyebabkan terjadinya inflamasi.

Maka hal tersebut bagus untuk menurunkan resiko penyakit-penyakit yang disebabkan karena peradangan.

Kita tidak boleh menyepelekan masalah peradangan pada ibu hamil. Karena ini masuk dalam kategori serius. Karena radang di dalam tubuh merusak sistem metabolisme.

4. Mencukupi Kebutuhan ASI Pasca Melahirkan

Daun kelor dipercaya baik untuk memperlancar ASI pada ibu yang baru melahirkan. Di dalam kandungan daun kelor, ada yang bermanfaat untuk memperlancar ASI.

Jadi, daun kelor bisa dimanfaatkan sebagai penambah ASI. Ada kandungan alami yang bagus untuk rangsangan kesehatan kelenjar yang mengliri ASI.

5. Mencegah Penyakit Liver dan Racun

Kandungan daun kelor yang bernama polifenol begitu tinggi. Polifenol berperan sebagai antioksidan yang dapat menjaga pembuluh darah, mencegah liver dan kanker.

Jadi, daun kelor bermanfaat untuk bersih-bersih liver dan menjaga kesehatan liver untuk menghasilkan enzim yang sehat.

6. Bagus Untuk Menjaga Kesehatan Otak pada Ibu Hamil

Menjaga kesehatan otak menjadi suatu hal yang sangat penting baik bagi orang belum berkeluarga maupun yang sudah berkeluarga.

Vitamin C dan E pada daun kelor dapat digunakan sebagai penjaga nutrisi pada ibu hamil. Yang mana ibu hamil harus benar-benar terjaga nutrisinya.

Karena nutrisi dan vitamin C dan E bagus untuk mencegah turunnya fungsi otak dan syaraf otak.

7. Baik untuk Mencegah Insomnia Ibu Hamil

Seseorang yang sedang hamil harus benar-benar terjaga kesehatannya. Kurang tidur akibat insomnia bisa menyebabkan kesehatan ibu hamil berkurang.

Maka penting untuk menjaga ibu hamil dari penyakit insomnia atau tidak bisa tidur. Salah satu cara untuk mencegah insomnia pada ibu hamil adalah dengan mengkonsumsi olahan daun kelor.

Daun kelor berkhasiat membuat ibu hamil merasa lebih nyaman dan tenang. Kandungan asam amino pada daun kelor berkhasiat menjadikan syaraf lebih baik dan ringan yang akan membuat ibu hamil mudah tidur dan istirahat.

8. Mencegah Penyakit Diabetes pada Ibu Hamil

Daun kelor bersifat bagus untuk menurunkan resiko diabetes. Khasiat daun kelor sendiri bagus untuk mengurangi kadar gula dan kadar lipid.

Sehingga, mengurangi resiko terjadinya kerusakan sel dan metabolisme pada tubuh ibu hamil. Dan secara otomatis mengurangi juga resiko Gestational diabetes atau yang sering disebut dengan keadaan tubuh yang membuat kehamilan buruk dan janin tidak sehat.

9. Baik untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Energi

Ibu hamil sangat mudah merasakan lelah dikarenakan energinya terkuras untuk menjaga janin yang semakin lama semakin besar.

Untuk membantu menjaga kondisi energi tubuh tetap terjaga, bisa dengan mengkonsumsi daun kelor.

Daun kelor dipercaya mengandung antioksidan yang baik untuk mencegah berkurangnya sel dan membantu menjaga kesehatan tubuh.

10. Baik untuk Mencegah Kecacatan pada Bayi

Kecacatan yang terjadi pada bayi bisa saja dikarenakan masalah DNA. Namun, tidak hanya itu, kondisi kehamilan juga bisa mempengaruhi kecacatan bayi di dalam kandungan.

Daun kelor mengandung favonoid, asam askorbat, dan polifenol. Kandungan-kandungan tersebut bagus untuk pencegahan kerusakan DNA.

Selain untuk mencegah kecacatan bayi, daun kelor juga dapat membantu menjaga organ ibu dari kerusakan setelah melahirkan.

11. Baik untuk Masalah Penglihatan Ibu dan Bayi

Kandungan vitamin A pada daun kelor dipercaya lebih banyak 3 kali dari pada wortel. Maka, ini menjadikan daun kelor sangat bermanfaat untuk menjaga penglihatan ibu dan bayi agar tetap sehat.

Nah, itulah 11 manfaat daun kelor untuk ibu hamil. Selanjutnya adalah pembahasan cara mengolah daun kelor untuk ibu.

Cara mengolah Daun Kelor untuk Ibu Hamil

Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Hamil
Sumber Gambar: doktersehat.com

Ada 2 cara mengolah daun kelor yang bisa diterapkan untuk ibu hamil. Pertama adalah menjadikan bubuk daun kelor.

Kedua menjadikan teh daun kelor atau rebusan daun kelor. Bagaimana cara mengolahnya?

1. Bubuk Daun Kelor

Bagaimana cara mengolah daun kelor menjadi bubuk daun kelor? Buat anda yang ingin mencoba cara pengolahan daun kelor yang pertama, silahkan praktekan berikut ini.

  • Siapkan daun kelor untuk dijadikan bubuk daun kelor.
  • Cuci bersih dan jemur sampai kering. Usahakan jemur di tempat yang teduh atau tidak terkena sinar matahari.
  • Jika sudah kering, tumbuk sampai halus.
  • Bubuk daun kelor sudah jadi.

Nantinya bubuk daun kelor ini bisa digunakan sebagai minuman teh daun kelor, masker wajah, dan lain-lain.

2. Rebusan Daun Kelor

Cara yang kedua adalah dengan merebus daun kelor, lalu diambil air rebusannya untuk dikonsumsi.

Cara pengolahannya tergolong mudah dan tidak ribet. Anda bisa langsung mempraktekkannya tanpa belajar mengolah daun kelor lama-lama.

  • Siapkan daun kelor untuk direbus.
  • Cuci bersih sebelum direbus.
  • Rebus daun kelor dan angkat setelah mendidih.
  • Pisahkan daun kelor dengan air rebusan.
  • Air rebusan siap dikonsumsi. Untuk menjaga agar tetap banyak kandungannya, jangan campurkan apapun ke rebusan daun kelor.

Berdasarkan Dokter Danny dari alodokter.com, ia lebih menyarankan ibu hamil agar tidak berlebihan mengkonsumsi daun kelor. Karena belum ada penelitian khusus yang mengkaji kandungan daun kelor.

Itu saja pembahasan tentang 11 atau beberapa manfaat daun kelor untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar