Manfaat Daun Sambung Nyawa

Mari kita bahas manfaat daun sambung nyawa untuk kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya.

Daun sambung nyawa adalah salah satu jenis herbal yang kaya akan manfaat. Dimana setiap manfaatnya bisa dirasakan dengan cara mengkonsumsi daun sambung nyawa yang berbeda-beda.

Ada yang dibuat menjadi jus, ada yang dijadikan rebusan, dan ada juga yang dikonsumsi secara langsung ataupun dijadikan sebagai lalapan.

Nah, pertanyaannya, apa saja manfaat daun sambung nyawa yang bisa didapat tubuh jika mengkonsumsinya?

Manfaat Daun Sambung Nyawa untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sambung Nyawa untuk Kesehatan Jantung
Sumber Gambar: upload.wikimedia.org

Di bawah ini ada beberapa manfaat dari daun sambung nyawa yang baik jika diketahui. Dimana manfaatnya untuk tubuh bisa membantu menyembuhkan penyakit-penyakit serius.

Nah, apa saja penyakit-penyakit yang bisa disembuhkan dengan bantuan herbal alami ini?

1. Bermanfaat untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah menjadi sesuatu yang penting untuk dicek dan diketahui demi kesehatan yang berkesinambungan.

Efek dari antikoagulan yang terkandung dalam daun sambung nyawa, bisa untuk membantu mencegah penggumpalan darah yang bisa berakibat pada jantung.

Selain efek antioagulan, daun sambung nyawa juga memberi efek diuretik. Yang mana efek ini bisa untuk membantu mengeluarkan kebanyakan natrium pada tubuh.

2. Bermanfaat untuk Ginjal

Ginjal menjadi salah satu organ dalam tubuh yang memiliki peran penting banget terhadap kebugaran tubuh.

Mengkonsumsi daun sambung nyawa bisa bermanfaat mengurangi cairan pada bagian tubuh tertentu. Yang mana cairan tersebut mengganggu kesehatan ginjal.

3. Bermanfaat untuk Membantu Menjaga Saluran Pencernaan

Khasiat daun sambung nyawa salah satunya adalah bagus untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh.

Khususnya racun-racun yang ada dalam saluran pencernaan. Jika racun-racun yang ada dalam saluran pencernaan tidak diatasi, maka akan muncul masalah-masalah pada kesehatannya.

4. Bermanfaat untuk Mengatasi Esofagitis

Apa itu Esofagitis adalah radang kerongkongan. Saluran tenggorokan berkaitan erat dengan lambung. Makanya jika mengalami penyakit Esofagitis, biasanya penyebabnya utamanya bisa dari asam lambung yang naik, infeksi, dan akibat reaksi (alergi).

Kinerja saluran pencernaan bisa terganggu jika mengalami gangguan kerongkongan atau yang disebut Esofagitis.

5. Bermanfaat untuk Mengatasi Tonsillis

Tonsillitis adalah nama untuk jenis penyakit radang amandel. Mengalami penyakit ini bisa menyebabkan sulit untuk bernafas. Dan sulit pula untuk mengkonsumsi makanan.

Kandungan daun sambung nyawa yang memiliki efek antimikroba bisa bermanfaat untuk meredakan infeksi yang terjadi karena mikroorganisme tertentu.

6. Bermanfaat untuk Sinusitis

Apa itu sinusitis? Sinusitis adalah jenis peradangan yang terjadi di anggota badan sekitar hidung.

Gejala yang muncul adalah nyeri di wajah, hidung tersumbat, hidung meler, dan lainnya.

Untuk mengatasi Sinusitis bisa dengan mengatasi gejalanya. Dianatara caranya adalah dengan menggunakan khasiat daun sambung nyawa.

7. Bermanfaat untuk Mencegah Kanker

Daun sambung nyawa mengandung antioksidan yang bagus untuk mencegah radikal bebas pemicu kanker.

Selain bagus untuk mencegah, daun sambung nyawa juga bagus untuk membantu penyembuhan penyakit tersebut.

8. Bermanfaat untuk Mencegah Tumor

Daun sambung nyawa juga dipercaya bisa membantu untuk menangkal tumbuhnya penyakit tumor.

Penyakit tumor merupakan jenis penyakit berbahaya sekelas dengan kanker. Maka jika anda orang yang senang mengkonsumsi ramuan daun sambung nyawa, kesenangan anda sudah bagus.

Meskipun begitu, penggunaan harus tetap dalam anjuran dan jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya. Karena jika berlebihan, bukan manfaat yang didapat, melainkan efek samping.

9. Bagus untuk Menghentikan Pendarahan

Herbal memang bagus digunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah kewanitaan.

Daun sambung yang diolah dengan umbi tanaman sambung dan dicampuri dengan kunyit, serta bahan lainnya bagus untuk mengatasi pendarahan yang terjadi pada rahim atau saat setelah melahirkan.

10. Bermanfaat untuk Mengatasi Wasir

Wasir atau bisa disebut juga dengan wasir merupakan jenis masalah yang berkaitan dengan sistem pencernaan.

Yakni terjadi pembengkakan pada bagian vena, rektum, dan anus. Terkadang pembengkakan tersebut disertai dengan pendarahan.

Untuk membantu mempercepat proses penyembuhannya bisa dengan mengkonsumsi daun sambung nyawa. Caranya bisa dijadikan lalapan, jus, atau bisa juga rebusan daun sambung nyawa.

11. Bermanfaat untuk Penyembuhan Infeksi Kulit

Daun sambung nyawa juga bagus untuk mengatasi masalah kulit. Seperti infeksi kulit yang disebabkan karena gigitan serangga, atau karena hal lainnya seperti bisul, dan lain-lain.

Khusus untuk mengatasi masalah kulit, daun sambung nyawa bisa digunakan dengan cara membalurkannya.

Bisa dengan dihaluskan terlebih dahulu. Lalu campurkan sedikit air supaya bisa bertekstur lengket. Sehingga memudahkan saat membalurkannya ke bagian luka.

Sekarang di apotik-apotik sudah tersedia ekstrak daun sambung nyawa dalam bentuk kapsul. Jika tidak mau ribet untuk penggunaan daun sambung nyawa, bisa konsumsi kapsul ekstrak daun sambung nyawa tersebut.

Perlu jadi perhatian, bahwasanya mengkonsumsi herbal atau pun obat lainnya jika tidak sesuai aturan apalagi berlebihan dalam penggunaannya bisa menyebabkan interaksi yang tidak diinginkan.

Cara terbaik jika ingin menggunakan daun sambung nyawa sebagai herbal pengobatan, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

Nah, itu dia beberapa manfaat daun sambung nyawa untuk kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya. Semoga pembahasannya mencerahkan rasa penasaran anda tentang daun sambung nyawa.

Tinggalkan komentar