Manfaat Daun Seledri

Manfaat Daun Seledri – Kebanyakan masyarakat memandang seledri hanya sebagai pelengkap masakan. Padahal, ada banyak khasiat daun seledri untuk kesehatan.

Biasanya daun seledri hanya dicincang untuk ditaburkan di beberapa jenis makanan. Tapi itu pengetahuan secara umum. Sekarang daun seledri sudah memiliki berbagai varian olahan seperti jus seledri, dan rebusan daun seledri.

Dilansir dari situs alodokter.com, di dalam daun seledri terkandung zat antioksidan yang tergolong tinggi. Apa itu zat antioksidan? Yaitu zat yang bisa berfungsi sebagai penangkal kerusakan sel-sel tubuh yang disebabkan karena radikal bebas dan proses oksidasi.

Selain zat antioksidan, daun seledri dipercaya masih banyak mengandung kandungan lainnya yang bagus untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

Wow, baca artikel menarik lainnya di sini.

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daun seledri untuk kesehatan
Pixabay.com

Tanaman seledri merupakan jenis tanaman yang bisa tumbuh baik di dataran tinggi. Secara umum masa tanaman seledri paling cepat yaitu 6 bulan sudah bisa dipanen. Namun bisa saja lebih dari 6 minggu.

Tanaman seledri memiliki banyak kandungan seperti air, protein, karbohidrat, lemak, serat, zat besi, kalium, vitamin C, dan lainnya. Oleh karena kandungan-kandungan tersebut, seledri menjadi kaya akan manfaat untuk kesehatan.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat daun seledri untuk kesehatan yang kami rangkum dari berbagai sumber seperti website-website kesehatan alodokter.com dan lainnya.

1. Membantu Sistem Pencernaan

Menajaga sistem pencernaan merupakan hal yang sangat penting. Bagaimana tidak, bayangkan saja ketika kita mengalami gangguan pencernaan. Tentu ingin segera cepat-cepat sembuh karena tidak nyaman dan mengganggu aktifitas.

Maka, penting untuk selalu berusaha menjaga kesehatan sistem pencernaan. Daun seledri mengandung polisakarida yang berbasis pektin. Yang mana kandungan ini cocok untuk membantu menjaga kelancaran sistem pencernaan.

Selain itu, polisakarida juga baik untuk mencegah penyakit maag dan membenarkan lapisan lambung yang sudah rusak.

2. Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Apabila tubuh kita mengalami tekanan darah tinggi, maka disarankan untuk segera mengatasinya. Karena tekanan darah tinggi ini tidak boleh diremehkan. Dampaknya bisa berakibat fatal.

Salah satu cara mudah dan efektif adalah memanfaatkan daun seledri. Ekstrak yang terkandung di dalam seledri dipercaya baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Bentuk olahannya bisa berupa jus, rebusan daun seledri atau suplemen. Semua olahan tersebut baik untuk membantu mengatasi tekanan darah tinggi.

3. Membantu Mencegah Kanker

Selain baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi, ekstrak daun seledri juga berkhasiat untuk mencegah pertumbuhan kanker di bagian perut.

Kita semua pasti sudah tahu bahwa kanker merupakan jenis penyakit yang berbahaya. Untuk mencegah pertumbuhannya, kita bisa memanfaatkan daun seledri.

Cukup konsumsi sehari 1 atau 2 gelas rebusan daun seledri. Atau bisa juga dalam bentu jus seledri.

4. Membantu Mengurangi Rasa Nyeri pada Haid

Dilansir dari alodokter.com, untuk mengurangi atau meredakan rasa nyeri saat haid pada perempuan, bisa memanfaatkan produk yang salah satu bahannya adalah biji seledri.

Rasa nyeri pada haid tentu cukup mengganggu aktifitas. Apalagi jika anda seorang perempuan yang aktif. Tentu mengalami rasa nyeri karena haid bisa menghambat aktifitas kesehariannya.

5. Bisa untuk Mengusir Nyamuk

Berdasarkan penelitian, ekstrak seledri yang terkandung di dalam gel pengusir nyamuk bisa bertahan sampai 4 jam lebih.

Jadi boleh dikatakan efektifitas daun seledri jika dijadikan bahan campuran antinyamuk cukup tinggi.

6. Membantu Mengatasi Nyeri Sendi

Aroma khas dari seledri memang semerbak menguap. Daun seledri dipercaya baik untuk mengatasi masalah nyeri pada sendi.

Minyak atsiri yang terkandung di daun seledri sangat tinggi. Membuat daun seledri memiliki sifat antiinflamasi sangat tinggi.

7. Membantu Melindungi Kesehatan Hati

Kandungan methanol yang ada dalam daun seledri tentunya baik untuk melindungi hati. Kesehatan hati merupakan hal yang sangat penting dijaga.

Karena jika hati rusak, sulit untuk disembuhkan. Sebuah penelitian mengatakan mengkonsumsi seledri sebenarnya baik untuk menurunkan kondisi hati yang disebabkan karena ketidak normalan kondisi hati.

8. Mampu Membantu Program Diet

Kandungan serat yang tinggi pada daun seledri, membuat orang yang mengkonsumsinya bisa merasa kenyang lebih lama.

Seledri ini merupakan jenis tanaman yang rendah kalori, jadi bisa dikonsumsi secara santai. Selain itu, nutrisiĀ  juga ada, apalagi nutrisi begitu berperan pentin dalam mengatur metabolisme lemak.

9. Baik untuk Kesehatan Jantung

Ada kandungan seperti kalsium, magnesium, vitamin K, dan kalium yang cukup tinggi di dalam daun seledri. membuat yang mengkonsumsinya baik-baik saja.

Masing-masing kandungan memiliki khasiat sendiri-sendiri. Jadi, seperti kalsium yang bertanggung jawab atas kontraksi otot pada jantung. Dan magnesium beserta kalium yang terkandung dalam daun seledri bisa dimanfaatkan untuk rileksasi atau otot jantung mengencang.

10. Membantu Menurunkan Stres

Kandungan minyak esensial dan magnesium ternyata bisa dimanfaatkan untuk menenangkan diri. Maka ini cocok jika dikonsumsi sebelum tidur.

Permasalahan-permasalahan yang numpuk di dalam pikiran kita kerap kali membuat tubuh semakin stres. Untuk membantu menurunkan stres yang ada, bisa mengkonsumsi daun seledri.

11. Membantu Menjaga Kesehatan Lambung

Ekstrak etanol yang ada di dalam daun seledri dipercaya membantu menjaga kesehatan lambung dengan cara menekan produksi asam lambung.

Sehingga ini berdampak pada lapisan dalam lambung. Berdasarkan penelitian mengatakan daun seledri baik untuk memberikan perlindungan pada lapisan dalam lambung.

12. Meningkatkan Kesehatan Indra Mata

Daun seledri dipercaya mengandung vitamin A, yang mana vitamin tersebut jika teratur masuk ke dalam tubuh bisa membantu menyehatkan penglihatan atau indra mata.

Khusus saat masuk usia lanjut biasanya orang mengalami gangguan penglihatan pada matanya. Entah minus, plus, rabun, atau lainnya.

13. Meningkatkan Nafsu Makan

Berkurangnya nafsu makan seseorang juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Karena nafsu makan berperan penting dalam kegiatan sehari-hari.

Bayangkan jika kita tidak memiliki nafsu makan, pasti keseharian kita jadi kurang bergairah karena tubuh kehilangan cairan, energi, dan lainnya tanpa adanya pemasukan.

14. Membantu Mengatasi Kelelahan

Tidak sedikit aktifitas keseharian yang membuat tubuh terasa kelelahan. Penting untuk mengembalikan rasa lelah itu menjadi bugar kembali.

Selain istirahat, ada cara lain yang bisa dipakai supaya tubuh cepat kembali dari rasa lelah. Yakni memanfaatkan daun seledri. Daun seledri memiliki banyak kandungan yang bersifat memberikan energi seperti karbohidrat dan nutrisi-nutrisi lainnya.

15. Melancarkan Buang Air Besar

Tidak bisa buang air besar tentunya menjadi hal yang lucu tapi berbahaya. Bayangkan saja jika kita tidak bisa buang air selamanya. Tentu perut kita akan membesar dan timbul masalah-masalah kesehatan karena kotoran di dalam tubuh tidak terbuang.

Salah satu cara yang bisa dijalankan untuk mengatasi masalah buang air besar adalah mengkonsumsi daun seledri. Bisa dikonsumsi dalam bentuk jus ataupun bentuk olahan daun seledri lainnya.

Nah, itulah beberapa manfaat daun seledri untuk kesehatan yang baik untuk diketahui. Namun, bukan berarti daun seledri yang kaya akan manfaat tidak memiliki sisi tidak baik.

Efek samping tidak baik bisa saja didapat jika pola konsumsi daun seledri tidak baik. Misalkan, karena inginnya mendapat manfaat daun seledri untuk kesehatan, seseorang mengkonsumsi daun seledri sehari sampai 1 ton.

Itu contoh, tentunya segala sesuatu yang berlebihan tidak baik. Malah bisa menyebabkan kefatalan. Maka, jika ingin mendapatkan manfaat daun seledri untuk kesehatan, konsumsi sewajarnya saja atau sesuai dengan anjuran dokter dan ahlii herbal.

Tinggalkan komentar