Manfaat Daun Sirih Merah

Ada banyak manfaat daun sirih merah yang dipercaya bisa membantu menjaga kesehatan tubuh manusia. Meski sifatnya masih kepercayaan dan masih membutuhkan pembuktian secara data.

Jika dilihat secara isi kandungan dari daun sirih merah, memang terdapat zat-zat seperti alkaloid, tanim, senyawa minyak atsiri, senyawa polifenolat, dan flavonoid.

Secara medis, kandungan-kandungan tersebut memang berkontribusi untuk kesehatan. Dilansir dari website alodokter.com, memang ada beberapa manfaat daun sirih merah yang secara penelitian menunjukan adanya kemungkinan daun sirih merah berkhasiat untuk kesehatan tertentu.

Baca juga manfaat daun Binahong

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan
Sumber Gambar: suaramuslim.net

Selain dari sumber-sumber website kesehatan, kita juga bisa melihat masyarakat di pedesaan, sampai saat ini masih banyak yang memakai daun sirih merah untuk membantu menyembuhkan kesehatan tertentu.

Tentunya jika daun sirih merah tidak memiliki khasiat, mereka pasti sudah tidak menggunakannya untuk penyembuhan kesehatan.

Nah, berikut ini ada beberapa manfaat daun sirih merah untuk kesehatan yang kami dapat informasinya dari website-website kesehatan dan pengetahuan penulis sendiri.

1. Sebagai Antiseptik

Apa itu antiseptik? Antiseptik adalah zat kimia yang berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan kuman. Biasanya digunakan saat terjadi luka di kulit yang tujuannya untuk melakukan pencegahan infeksi.

Menurut penelitian, cairan yang dibuat dari bahan daun sirih merah lebih unggul jika dibandingkan dengan sabun antiseptik dan sabun non antiseptik.

Tetapi, secara medis, belum ada analisis terkait bakteri apa yang tersisa setelah menggunakan cairan daun sirih merah. Apakah bakteri yang bersifat menyebabkan penyakit (pantogen), atau tidak.

Yang jelas, secara medis, khasiat daun sirih merah masih perlu dilakukan penelitian lagi untuk menganalisis dan mendapatkan bukti secara ilmiah.

2. Sebagai Antibakteri Tertentu

Kandungan berupa minyak atsiri yang ada pada daun sirih merah membuat daun sirih ini bermanfaat sebagai antibakteri.

Bahkan menurut penelitian anti bakteri daun sirih merah lebih efektif dari pada daun sirih hijau.

Penelitian lain juga mengatakan bahwa kandungan ekstrak etanol yang ada pada daun sirih merah mampu memperlambat dan menghambat tumbuhnya Methicillin-Resistant Staphylococcus Aureus atau di singkat MRSA.

Artinya, daun sirih merah ini memang terbukti secara penelitian sebagai antibakteri tertentu.

3. Sebagai Penghambat Karies Gigi

Apa itu karies gigi? Karies gigi adalah kerusakan pada lapisan dan struktur gigi yang terjadi secara bertahap. Diawali enamel yang terkikis sampai akhirnya pada akar gigi dan terjadi kerusakan gigi secara keseluruhan.

Lalu, apa penyebab terjadinya karies gigi? Penyebabnya adalah bakteri Streptococccus Mutans. Penyebab dari makanan adalah sering mengkonsumsi makanan yang manis-manis dan tidak diimbangi dengan perawatan gigi.

Jika sudah terjadi, maka bisa memanfaatkan daun sirih merah untuk membantu menghilangkan karies gigi. Daun sirih merah dipercaya ampuh sebagai penghambat karies gigi karena memiliki kandungan senyawa fenolik, alkanoid, flavonoid, dan minyak aktsiri.

Yang mana semua jenis kandungan tersebut sifatnya aktif pada bakteri Mutans. Dan dari semua kandungan tersebut, membuat daun sirih merah berefek kuat dalam menghambat tumbuhnya bakteri Streptococcus Mutans.

4. Sebagai Penurun Kadar Gula Darah

Manfaat daun sirih merah selanjutnya adalah sebagai penurun gula darah. Artinya, daun sirih merah bisa dimanfaatkan sebagai pencegah penyakit diabetes, atau yang lebih dikenal dengan penyakit gula.

Kandungan yang bersifat sebagai antioksidan, baik untuk mengurangi stresoksidatif yang menyebabkan kerusakan sel dan berdampak pada tidak seimbangnya hormon insulin.

5. Sebagai Penjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Saluran pencernaan merupakan bagian penting yang perlu dijaga kesehatannya. Salah satu bagian pencernaan bermasalah, bisa berdampak pada kesleuruhan sistem pencernaan.

Salah satu contoh adalah masalah pada lambung yaitu maag. Penyakit maag terjadi karena pH asam berlebihan. Langkah untuk menyembuhkan maag salah satunya dengan menetralkan kembali tingkat pH lambung.

Untuk mentralkan lambung dari pH maag yang berlebihan, bisa memanfaatkan daun sirih merah yang direbus. Minum rebusan daun sirih merah tersebut untuk menetralkan kembali pH asam yang berlebihan.

6. Sebagai Penghilang Bau Badan

Pernah mendengar kabar bahwa daun sirih merah bisa digunakan sebagai penghilang bau badan.

Caranya dengan mengkonsumsi rebusan daun sirih merah secara teratur dan tidak berlebihan.

Bisa saja menggunakan resep daun sirih merah untuk penghilang bau badan dari sumber doktersehat.com. Yaitu dengan lima lembar daun sirih merah dan 2 gelas air tawar/putih.

Rebus semua daun sirih merah yang sudah disiapkan sampai benar-benar mendidih. Selanjutnya tunggu sampai dingin sebelum diminum.

7. Sebagai Pencegah Penyakit Jantung Koroner

Apa yang dimaksud dengan penyakit jantung koroner? Singkatnya adalah kondisi dimana pembuluh darah arteri koroner tersumbat oleh lemak yang menumpuk.

Akibatnya terjadi sesak napas dan angina atau nyeri di dada yang bisa berdampak fatal pada kematian akibat serangan jantung.

Penyebab terjadinya penyakit ini adalah pola hidup yang tidak sehat, tekanan darah tinggi, merokok, dan polusi.

Nah, kita bisa mencegah serangan penyakit yang berbahaya ini dengan mengkonsumsi rebusan daun sirih merah.

8. Sebagai Pencegah Susah Buang Air Kecil

Biasanya ketika seseorang bertambah usia, ia akan mulai muncul masalah-masalah pada kesehatan tubuhnya.

Tidak jarang ada yang bermasalah ketika buang air kecil. Untuk mengatasi atau mencegah hal itu, bisa gunakan daun herbal yang bernama daun sirih merah.

Caranya dengan mengkonsumsi rebusan daun sirih merah, atau bisa juga dengan jus daun sirih merah ini.

9. Sebagai Obat Jerawat

Jerawat merupakan masalah yang kerap kali terjadi pada orang berusia remaja dan dewasa. Dimana usia-usia tersebut sedang tinggi-tingginya mengutamakan penampilan untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Ada banyak cara untuk mengatasi jerawat yang timbul di wajah. Salah satunya dengan herbal daun sirih merah. Caranya bisa dengan menyiapkan 10 lembar daun sirih merah, kemudian giling dilanjutkan dengan merebusnya.

Gunakan rebusan daun sirih merah yang digiling ini untuk wajah. Bisa dioleskan secara merata. Untuk mendapatkan hasil, tentu tidak cukup dengan mempraktekannya sekali saja. harus rutin dan konsisten.

10. Sebagai Penyembuh Batuk

Batuk adalah penyakit yang hampir semua orang pernah merasakannya. Terkadang ada tipe batuk yang begitu menyiksa penderitanya.

Untuk membantu meredakan batuk, bisa gunakan daun sirih merah, daun bidara, dan madu. Pertama-tama rebus daun sirih merah daun daun bidara sampai mendidih.

Ambil atau saring air rebusan kedua daun tersebut, tunggu sampai dingin, kemudian tambahkan sedikit madu, minum dua kali sehari secara rutin.

11. Sebagai Penyumbat Mimisan

Mimisan adalah pendarahan yang terjadi melalui lubang hidung. Biasanya terjadi pada anak kecil, namun bisa juga terjadi pada orang dewasa.

Daun sirih merah mengandung fenil poppies dan terpene yang berfungsi untuk menghentikan laju darah pada mimisan.

Caranya mudah sekali, dengan menggulung daun sirih sebesar lubang hidung, lalu masukan ke dalam lubang hidung yang mengalami mimisan.

12. Sebagai Penghilang Bau Mulut

Bau mulut kerap sekali membuat seseorang tidak percaya diri untuk berbicara di depan orang. Ada banyak faktor penyebab bau mulut. Salah satunya kurang perawatan gigi.

Menurut merdeka.com, daun sirih merah mengandung senyawa eugenol dan capitol bisa dimanfaatkan untuk membantu mengatasi bau mulut. Caranya dengan berkumur-kumur setiap pagi dan sore hari.

Nah itulah beberapa manfaat daun sirih merah untuk kesehatan. Menarik bukan? Meski sederhana dan tradisional tetapi memiliki khasiat yang luar biasa.

Tinggalkan komentar