Manfaat Jahe

Manfaat Jahe – Halo selamat datang di website @PakTani11. Di sini akan kami jelaskan beberapa manfaat jahe merah dan jahe biasa. Baik untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan.

Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan minuman tradisional. Hal ini karena kandungan pada jahe dipercaya dapat menghangatkan tubuh. Namun manfaat jahe lainnya juga baik untuk kesehatan lho!

Tanaman jahe berasal dari Asia Tenggara namun dengan cepat menyebar ke berbagai negara. Rempah ini mempunyai nama latin Zingiber officinale yang termasuk kedalam keluarga kapulaga atau kunyit.

Cara menanam jahe boleh dikatakan mudah tapi butuh perhatian khusus.

Pada umumnya jahe dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan jamu, minuman penghangat badan, atau bumbu masakan. Nah, pada kesempatan kali ini, Kami akan menjelaskan manfaat lain dari jahe, yaitu untuk kesehatan tubuh.

Baca efek samping minum rebusan jahe dan sereh.

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Manfaat Jahe untuk Kesehatan
Sumber Gambar: anibee.tv

Sejak jaman dahulu sampai sekarang, jahe merupakan salah satu rempah yang banyak dimanfaatkan sebagai obat dari berbagai macam penyakit. Apa saja manfaat jahe bagi kesehatan tubuh? Berikut penjelasannya.

1. Mengurangi Mual

Manfaat yang pertama dari jahe untuk kesehatan adalah dapat meredakan mual akibat masuk angin, morning sickness, vertigo, atau mual akibat efek samping dari pengobatan kanker.

Rasa mual akibat masalah tersebut dapat teratasi jika Anda mengkonsumsi jahe secara langsung atau mengolah jahe untuk dijadikan minuman. Bisa juga mengkonsumsi permen jahe maka dapat mengatasi mual yang diderita ibu hamil.

2. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Selain dapat mengatasi rasa mual, jahe juga dapat mengatasi gangguan pencernaan. Rempah ini sudah dikenal dari generasi ke generasi sebagai obat untuk yang terkena masalah akan gangguan pencernaan.

Kandungan phenolic pada jahe berfungsi meredakan gejala iritasi gastrointestinal, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, menstimulasi air liur, serta dapat membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada didalam pencernaan.

Jahe dapat membantu mengeluarkan gas berlebih pada sistem pencernaan. Sehingga masalah yang berhubungan dengan pencernaan dapat teratasi dengan mengkonsumsi jahe.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Rempah yang satu ini juga memiliki manfaat dapat meningkatkan fungsi otak. Beberapa penelitian menyebutkan, bahwa jahe dapat menghambat peradangan yang  terjadi pada otak.

Sehingga fungsi otak dapat meningkat, fungsi kognitif bertambah, serta stres oksidatif yang disebabkan penyakit Demensia dapat menurun.

4. Meredakan Nyeri Otot

Jika Anda memiliki masalah pada otot, maka jahe juga memiliki manfaat dapat meredakan nyeri otot. Berdasarkan penelitian pada tahun 2013, jahe dapat menghilangkan ketidaknyamanan di otot pada atlet saat setelah latihan/bertanding.

Penelitian dilakukan selama 6 minggu, atlet yang mengkonsumsi jahe dalam kurun waktu tersebut secara teratur dapat menurunkan nyeri otot secara signifikan dibandingkan atlet yang tidak mengkonsumsi jahe.

5. Mengurangi Nyeri Saat Menstruasi

Mungkin rasa nyeri pada awal menstruasi sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, salah satu cara alami untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengkonsumsi jahe.

Jika Anda sedang mengalami hal ini, maka dapat mengkonsumsi ekstrak jahe sekitar 500-2000 mg pada tiga hari masa awal menstruasi.

6. Mencegah Kanker

Dengan mengkonsumsi jahe maka akan dapat mengurangi risiko terkena kanker. Hal ini karena kandungan gingerol pada jahe yang dapat mencegah kanker. Gingerol bisa mencegah pertumbuhan sel kanker pada usus besar.

Hal ini berdasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh Unversity of Minnesota. Bahwa dengan mengkonsumsi jahe akan dapat menghambat pertumbuhan pada sel kanker rahim.

Menurut Basil Roufogalis yang menjabat sebagai pimpinan dari eksekutif Herbal Medicine Research and Education Centre, menyarankan untuk mengkonsumsi teh jahe secara rutin agar dapat menghilangkan rasa sakit.

7. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Selain dapat mencegah kanker, manfaat jahe lainnya juga dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. Jahe dapat dikonsumsi dengan makanan kaya manfaat lainnya seperti bawang putih dan bawang merah.

Makanan tersebut memiliki kemampuan mencegah penyumbatan darah sehingga jika dikonsumsi secara bersamaan, maka penyakit jantung dan stroke dapat di cegah.

8. Mencegah Komplikasi Pada Penderita Diabetes

Gingerol sendiri dapat meningkatkan sensivitas insulin. Melihat dari hal tersebut, terdapat studi yang dipublikasikan di dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menyimpulkan bahwa jahe dapat menekan akumulasi sorbitol di dalam sel darah manusia.

Hal ini menjelaskan bahwa jahe dapat mecegah diabetes tetapi juga dapat melindungi penderitanya dari penyakit lain akibat komplikasi.

9. Mengurangi Peradangan

Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami peradangan, maka cara alami yang dapat dilakukan adalah mengkonsumsi jahe. Karena salah satu manfaat jahe bagi kesehatan tubuh yaitu berfungsi sebagai anti inflamasi, antiviral, atau bahkan antibakteri.

10. Dapat Melegakan Tenggorokan

Ketika mengkonsumsi jahe, maka tubuh kita akan terasa hangat. Dengan mengkonsumsi jahe pula akan dapat memberikan rasa hangat di tenggorokan.

Sehingga dapat melegakan tenggorokan terutama ketika terjadi masalah di tenggorokan seperti tenggorokan gatal akibat penyakit pernafasan.

11. Membantu Proses Detoktifikasi Serta Mencegah Penyakit Kulit

Jahe merupakan rempah-rempah yang biasa disebut juga diaphoretic. Manfaat jahe ini dapat memicu keringat agar keluar. Keluarnya keringat sangat bermanfaat apalagi ketika sedang menderita demam atau flu.

Selain dapat membantu proses detoktifikasi, dengan tubuh mengeluarkan keringat juga dapat melindungi tubuh dari mikroorganisme yang menyebabkan kulit infeksi.

12. Melindungi dari Sinar UV

Berdasarkan penelitian menunjukan jahe memiliki kemampuan penyerap sinar UV berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan DNA.

Dengan mengkonsumsi ekstrak jahe maka dapat merangsang produksi antioksidan di dalam tubuh sehingga dapat memberikan perlindungan dari sinar UV berbahaya.

Manfaat Jahe Untuk Program Diet

Manfaat Jahe untuk Diet
Sumber Gambar: hellosehat.com

Mengkonsumsi jahe juga cocok buat Anda yang saat ini sedang menjalankan program diet.

Jahe sendiri dapat menekan nafsu makan karena jahe dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh serta dapat membakar kalori. Jika mengkonsumsi jahe secara teratur maka berat badan pun akan mengalami penurunan.

Institut for Human Nutrition di Columbia University melakukan penelitian dan menyimpulkan, orang yang rajin mengkonsumsi minuman panas dengan kandungan jahe di dalamnya akan lebih mudah dan lebih cepat mengalami rasa kenyang.

Manfaat Jahe Untuk Kecantikan

Manfaat Jahe untuk Kecantikan
Sumber: nagaswarafm.com

1. Mencegah Timbulnya Jerawat

Jerawat adalah masalah yang serius bagi para remaja dan jerawat juga bisa membuat kurangnya rasa percaya diri. Namun tidak perlu khawatir, jahe juga memiliki manfaat dapat mencegah timbulnya jerawat.

Jahe mengandung zat antiseptik serta antioksidan yang bisa melawan bakteri jahat penyebab timbulnya jerawat.

2. Menghaluskan Kulit dan Mencegah Penuaan

Manfaat jahe untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat menghaluskan dan mencegah penuaan dini. Jahe sudah sejak lama dikenal dan dipakai dalam pengobatan Ayurveda dari Cina dan dipercaya dapat menjadi agen anti penuaan dini.

Kandungan antioksidan pada jahe dapat meningkatkan produksi kolagen, mencegah peradangan, dan dapat meminimalkan terjadinya kerusakan kulit.

Anda dapat mendapatkan manfaat jahe ini dengan cara menggosok kulit secara perlahan menggunakan irisan jahe sekitar 2-3 kali dalam seminggu. Cara ini juga dapat dilakukan untuk menghilangkan bekas luka hipopigmentasi.

3. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jika sistem kekebalan tubuh baik dan kuat, maka penyakit pun tidak akan mudah menyerang tubuh. Cara alami agar kekebalan tubuh kuat adalah dengan mengkonsumsi jahe secara teratur.

4. Mencegah Osteoarthritis

Manfaat jahe juga dapat mencegah penyakit osteoarthritis lho! Osteoarthritis ini adalah nyeri sendi atau kekakuan sendi yang disebabkan akibat cedera, obesitas, dan juga penuaan sendi.

Beberapa penelitian menyembutkan, dengan mengkonsumsi ekstrak jahe maka dapa mengatasi penyakit osteoarthritis .

Cara lainnya untuk mengurangi nyeri sendi atau rasa kaku pada sendi adalah dengan menggunakan minyak terapi yang mengandung jahe dan jeruk untuk memijat atau mengurut ke bagian yang mengalami masalah tersebut.

5. Meredakan Pusing

Pusing atau sakit kepala dapat membuat penglihatan berkunang-kunang, kehilangan keseimbangan, atau bahkan bisa mengakibatkan mual. Dengan mengkonsumsi jahe, maka juga dapat meredakan pusing yang disertai mual-mual.

Jahe Merah

Khasiat jahe merah
Sumber Gambar: asset-a.grid.id

Jahe merah adalah masuk dalam keluarga jahe-jahean, namun memiliki karakteristik atau ciri-ciri berbeda dengan jenis jahe lainnya.

Zingiber officinale var rubrum atau jahe merah mempunyai kulit berwarna kemerahan dan bagian daging berwarna merah muda atau kuning.

Jika dibandingkan dengan jahe biasa, jahe merah memiliki ukuran lebih kecil serta memiliki rasa lebih pedas dan lebih pahit dari jenis jahe biasanya.

Jenis jahe merah ini mudah ditemukan dan tumbuh dengan baik di Asia Tenggara, salah satunya di negara kita Indonesia.

Biasanya jahe merah dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Hal ini karena kandungan di dalam jahe merah seperti flavonoid, agen antibakteri, agen antiperadangan, gingerol, dan kandungan lainnya yang bisa memberi dampak positif pada kesehatan.

Manfaat Jahe Merah

Khasiat Jahe Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan
Sumber Gambar: scontent-lhr3-1.cdninstagram.com

Sama seperti jenis jahe lainnya, jahe merah juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Di bawah ini beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan.

1. Membantu Meningkatkan Kesuburan Pada Pria

Manfaat jahe merah yang pertama adalah dapat membantu meningkatkan kesuburan pada pria. Hal ini karena jahe merah mengandung antioksidan serta memiliki aktivitas androgenik.

Beberapa penelitian menemukan bahwa jahe merah bisa meningkatkan jumlah hormon testosteron sehingga bisa untuk meningkatkan kesuburan pria. Namun penelitian ini masih terus dikembangkan agar memperkuat temuan ini.

2. Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat selanjutnya pada jahe merah adalah ekstrak minyak jahe merah bisa melindungi sistem pencernaan dari bakteri, sehingga masalah pencernaan dapat teratasi.

Hal ini karena agen antibakteri yang terdapat pada jahe merah seperti Escherichia coli, Salmonella enteriditis, dan Staphylococcusaureus.

Jika jahe ditambahkan ke dalam makanan, maka dapat digunakan sebagai bumbu masakan sekaligus menjadi pengawet alami serta dapat mencegah tubuh dari keracunan makanan akibat bakteri.

Rasa hangat pada jahe juga dapat menenangkan pencernaan. Kehangatan ketika mengkonsumsi jahe juga baik untuk mengatasi flu dan pilek.

Mengatasi Radang Otot

Manfaat jahe merah yang terakhir adalah seperti manfaat jahe lain yang telah dijelaskan diatas, yaitu dapat mengatasi radang otot.

Kandungan pada jahe merah dapat menjadi antiperadangan sehingga bisa membantu masalah peradangan akut maupun kronis.

Komponen aktif pada jahe merah seperti gingerdione, gingerol, serta zingeron bisa menghambat enzim siklooksigenase dan juga lipoksigenase. Hal ini dapat menurunkan prostaaglandin dan leukotrien yang dapat memicu peradangan.

Oleoresin pada jahe merah memiliki kandungan lebih tinggi daripada jenis jahe lainnya dimana kandungan ini juga bisa bekerja sebagai antiperadangan.

Cara Membuat Minuman Jahe

Cara Membuat Minuman Jahe
Sumber Gambar: kabarwanita.id

Bila ingin mendapatkan manfaat jahe untuk kesehatan, beberapa cara bisa dilakukan, seperti mengkonsumsi jahe secara langsung atau mengolahnya menjadi minuman jahe.

Berikut cara membuat minuman jahe:

  • Pilihlah jahe yang masih segar
  • Cuci sampai bersih jahe segar yang akan diolah
  • Parut jahe dan ambil 1,5 sendok teh segar
  • Rebus jahe yang telah di parut dengan 4 gelas air bersih
  • Biarkan jahe meresap dan tunggu sekitar 5-10 menit
  • Angkat dan saring air rebusan jahe agar terpisah dengan ampas jahe
  • Air rebusan jahe siap diminum dalam keadaan panas atau dingin

Jika rasa air terlalu pahit/pedas, maka bisa menambahkan perasan air lemon. Jangan khawatir berat badan naik jika meminum air jahe yang telah di campur dengan perasan air lemon.

Karena air lemon dapat membantu meningkatkan kerja metabolisme tubuh. Lemon memiliki sifat diuretik alami yang dapat membantu membersihkan usus dari sisa makanan yang dapat memicu sembelit.

Sehingga hal ini tidak akan memicu berat badan naik, serta sifat asam yang dapat membantu mengurangi rasa lapar.

Sama halnya dengan jahe. British Journal of Nutrition menerbitkan sebuah artikel yang menyatakan bahwa jahe dapat mengendalikan kolesterol dan kadar gula darah, serta dapat membakar lemak.

Berdasarkan hal tersebut, nafsu makan pun dapat berkurang. Bahkan Dr. Len Kravitz dalam artikelnya yaitu Biological and Pharmateutical Bulletin menyebutkan jika jahe bisa menekan produksi hormon kortisol.

Efek Samping Mengkonsumsi Jahe

Efek samping jahe
Sumber Gambar: asset-a.grid.id

Tidak kalah dengan manfaat singkong, jahe juga memiliki bayak manfaat bagi kesehatan. Namun hindari mengkonsumsi jahe secara berlebihan, karena dapat membuat sakit perut, perut kembung dan terasa panas, mulas, bahkan diare.

Batas maksimal mengkonsumsi jahe perhari adalah 4 gram. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ketika akan mengkonsumsi jahe terlebih jika Anda mempunyai riwayat penyakit.

Sama halnya dengan ibu hamil. Meskipun jahe tidak membahayakan kandungan, namun tetap konsultasikan dengan dokter kandungan sebelum mengkonsumsi jahe.

Demikian penjelasan kali ini mengenai manfaat jahe. Terima kasih salam tanaman.web.id.

Tinggalkan komentar