Manfaat Sayur Kangkung

Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak disukai oleh orang-orang karena memiliki rasa yang enak dan memiliki harga yang murah. Disamping itu, manfaat sayur kangkung juga banyak, baik untuk kesehatan atau untuk ibu menyusui.

Seperti yang pernah dibahas pada cara menanam kangkung, tanaman ini memiliki dua jenis, yaitu kangkung air atau Ipomoea aquatica dan juga kangkung darat atau Ipomoea reptans. Perbedaan diantara keduanya yaitu terletak pada bentuk daun dan juga warna bunganya.

Misalnya saja kangkung air yang memiliki daun panjang, ujungnya agak tumpul, warnanya hijau tua, bunga berwarna putih kekuningan atau kemerahan. Sedangkan kangkung darat memiliki daun yang panjang pula namun ujungnya agak runcing, warna hijau keputihan dan bunganya berwarna putih.

Manfaat Sayur Kangkung

Manfaat Sayur Kangkung untuk Kesehatan
Sumber Gambar: encrypted-tbn0.gstatic.com

Meskipun terdapat dua jenis kangkung, tetapi baik itu kangkung darat atau kangkung air sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk ibu menyusui atau untuk kesehatan tubuh.

Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas bersama tentang berbagai manfaat sayur kangkung baik untuk ibu yang sedang hamil/menyusui atau manfaat kangkung untuk kesehatan.

1. Manfaat Sayur Kangkung untuk Ibu Menyusui

Dalam masa menyusui, tentunya terdapat beberapa hal yang seharusnya diperhatikan oleh ibu menyusui. Salah satu hal yang diperhatikan ialah asupan nutrisi yang menjadi prioritas utama pada saat menjalani proses menyusui si buah hati.

Asupan makanan yang mengandung berbagai nutrisi bergizi tinggi memang sangat penting untuk diutamakan oleh ibu menyusui. Hal ini bertujuan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi untuk tubuhnya dan dengan mengkonsumsi makanan bergizi juga penting untuk menstimulasi produksi ASI.

Salah satu sayuran yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil adalah sayur kangkung. Sayur kangkung memiliki kandungan gizi seperti zat besi, vitamin, dan lain sebagainya yang diperlukan oleh tubuh terlebih lagi saat dalam masa kehamilan atau menyusui.

Manfaat kangkung untuk ibu menyusui dapat membantu untuk melancarkan ASI. Seperti yang diketahui, ASI merupakan sumber nutrisi bagi bayi yang disusuinya. Jika keluarnya ASI tidak lancar maka dapat membuat bayi kekurangan asupan gizi.

2. Manfaat Sayur Kangkung untuk Ibu Hamil

  • Pembentukan Tulang Janin

Kangkung merupakan salah satu sayuran yang mengandung kalsium yang berguna untuk membantu proses pembentukan tulang pada janin. Kalsium ini dapat membantu proses pembentukan tulang yang kuat.

Hal ini yang menjadikan kangkung baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan didalamnya memang sangat dibutuhkan oleh si janin.

  • Manfaat Sayur Kangkung untuk Mengobati Sembelit

Sayur kangkung mengandung serat tinggi yang berguna untuk melancarkan pencernaan serta dapat mengobati sembelit. Tidak semua sayuran mengandung serat yang tinggi, namun pada sayur kangkung ini mengandung serat dalam per 100 gram nya adalah sebesar 2 gram.

Dengan kandungan serat yang tinggi ini, maka bagi ibu yang sedang mengandung memang dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur kangkung supaya kebutuhan akan nutrisi dan serat dapat terpenuhi serta dapat mengobati sembelit.

  • Manfaat Sayur untuk Memelihara Fungsi Mata

Kandungan lainnya yang terdapat didalam kangkung adalah vitamin A. Vitamin A merupakan vitamin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Maka dengan mengkonsumsi sayur kangkung ini dapat membuat kesehatan mata ibu dan janin yang dikandungnya dapat terjaga.

  • Sayur Kangkung untuk Mencegah Anemia

Zat besi yang terkandung pada sayur kangkung memiliki manfaat dapat mencegah lemas dan juga pucat. Saat Anda hamil dan merasakan badan kurang sehat, misalnya badan terasa lemas, sering mengalami pusing dan wajah pucat itu merupakan salah satu faktornya adalah karena oksigen pada darah sangat terbatas.

Oksigen pada darah terbatas disebabkan karena kurangnya sel darah merah. Nah, dengan mengkonsumsi kangkung maka akan mendapat asupan zat besi yang bisa mengurangi serta mengatasi anemia saat masa kehamilan.

  • Mencegah Diabetes

Pada tahun 2013, penelitian dalam Journal of Diabetes mencatat bahwa sayur kangkung dapat bekerja sebagai antioksidan. Antioksidan ini mampu menangkal oksidasi yang menyebabkan diabetes pada sel-sel tubuh ibu hamil dan juga janin.

3. Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

Selain bermanfaat untuk ibu hamil atau menyusui, kangkung juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Inilah manfaat kangkung untuk kesehatan tubuh.

  • Kangkung sebagai Antiradang

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Research Journal of Pharmaceutical, Biological and Chemical Sciences pada tahun 2010 menemukan fakta jika sayur bayam air ternyata mempunyai khasiat sebagai antiradang yang baik.

Biasanya peradangan ditandai dengan gejala-gejala seperti nyeri dan juga pembengkakan. Pada penelitian tersebut, kangkung diyakini ampuh untuk melawan peradangan yang disebabkan oleh infeksi bakteri Bacillus subtilis dan bakteri Saphylococcus aureus.

Bakteri-bakteri ini juga dapat menyebabkan penyakit MRSA, bintitan, serta dapat mengakibatkan keracunan makanan.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Seperti yang telah di jelaskan di atas, kangkung dapat menjaga kesehatan mata karena terdapat vitamin A yang terkandung didalamnya. Vitamin A ini mampu melindungi kornea dan juga lapisan mata dari infeksi bakteri dan virus.

  • Mencegah Dehidrasi

Bukan hanya manfaat buah semangka yang dapat mencegah dehidrasi, kangkung juga memiliki manfaat yang sama dengan semangka karena kangkung mengandung berbagai jenis mineral yang membuat sayur ini dapat mencegah dehidrasi.

Ini terjadi karena kandungan mineral seperti kalium dan natrium di dalam kangkung. Kedua kandungan ini bertanggung jawab menjaga keseimbangan cairan serta kadar elektrolit didalam tubuh. Hal ini yang menyebabkan sayur kangkung dapat mencegah supaya tidak terlalu banyak kehilangan cairan.

  • Melawan Kerusakan Hati

Sayur kangkung dipercaya ampuh untuk melawan kerusakan organ hati sejak berabad-abad yang lalu. Pada masa sekarang hal tersebut terbukti kebenarannya setelah Jurnal Molecules melakukan penelitian tentang kangkung.

Bayam air atau kangkung dapat melindungi organ hati dari kerusakan, luka, dan juga peradangan. Kangkung dapat memicu produksi enzim yang akan membersihkan (detoktifikasi) hati racun dan sisa-sisa zat yang bisa menyebabkan kerusakan.

  • Mengatasi Anemia

Selain dapat melawan kerusakan hati, mineral yang terkandung didalam kangkung juga dapat membantu untuk mengatasi gejala anemia. Kangkung bermanfaat dapat mengatasi anemia pada ibu hamil dan juga orang yang tidak dalam keadaan mengandung.

Kandungan zat besi dan fosfor didalam kangkung inilah yang dapat mencegah anemia. Zat besi memang sangat ampuh untuk meningkatkan produksi sel darah merah atau hemoglobin.

Sel darah merah ini sangat diperlukan untuk mengangkut oksigen ke seluruh sel dan juga organ tubuh, seperti contohnya jantung dan otak.

  • Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Manfaat sayur kangkung yang terakhir adalah dapat mengurangi penyakit kronis. Di lain sisi, kangkung juga dapat mencegah penyakit lainnya yang disebabkan karena lemahnya sistem kekebalan tubuh.

Hal ini karena kangkung tinggi akan kandungan vitamin C yang mampu untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta dapat melawan kerusakan sel. Penyakit kronis yang dimaksud adalah penyakit jantung dan juga stroke atau penyakit lain yang disebabkan karena infeksi virus dan bakteri.

Nutrisi yang Terkandung pada Sayur Kangkung

Kandungan Sayur Kangkung
Sumber Gambar: encrypted-tbn0.gstatic.com

Sayuran yang mempunyai nama latin Ipomoea aquatica dan Ipomoea reptans ini mengandung berbagai nutrisi yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Dalam 100 gram kangkung segar, terdapat 3,4 gram protein, 3,9 gram karbohidrat, serta 2 gram serat.

Sedangkan kandungan vitamin A dan C pada kangkung tergolong sangat tinggi. Jika diukur dalam secangkir bayam air yang sudah disiangi sekitar 56 gram, maka dapat memenuhi 70 persen kebutuhan vitamin A harian, dan 51 persen kebutuhan vitamin C harian.

Bayam air ini juga kaya akan mineral penting. Misalnya kalium sebanyak 250,1 miligram, 2,3 miligram zat besi, 65 miligram natrium, 67 miligram kalsium, dan 54 miligram fosfor. Meski kaya akan nutrisi, kangkung merupakan sayuran yang rendah kalori.

Itulah berbagai manfaat sayur kangkung yang bisa Anda dapatkan jika mengkonsumsinya. Mulai sekarang, kita jangan sungkan atau malas untuk mengkonsumsi bayam air atau kangkung ini ya supaya nutrisi-nutrisi yang terkandung didalamnya dapat kita peroleh untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita.

Tinggalkan komentar