Manfaat Singkong

Begitu banyak manfaat singkong bagi manusia. Singkong bisa diolah menjadi makanan ringan atau bahan pembuatan tepung tapioka. Bahkan beberapa daerah di Indonesia menjadikan singkong sebagai makanan pokok pengganti nasi atau jagung.

Singkong juga memiliki manfaat bagi kesehatan kita lho! Karbohidrat yang terkandung dalam singkong sangat dibutuhkan bagi tubuh kita. Selain karbohidrat, terdapat juga beberapa nutrisi yang terkandung dalam tanaman yang tergolong umbi-umbian ini.

Nah, di kesempatan kali ini, Kami akan mengupas tuntas manfaat singkong serta kandungan nutrisi di dalamnya secara lengkap.

Baca juga jenis jenis singkong unggulan.

Manfaat Singkong Bagi Kesehatan

Manfaat Singkong untuk Kesehatan
Sumber Gambar: encrypted-tbn0.gstatic.com

1. Dapat Mencegah Anemia

Manfaat singkong yang pertama adalah dapat mencegah anemia. Ya, karena kandungan mineral besi didalam singkong dapat membantu tubuh kita untuk membentuk dua protein penting.

Protein ini adalah Hemoglobin dan Mioglobin yang memiliki tugas membawa oksigen ke jaringan seluruh tubuh. Sedangkan jika mengkonsumsi akar dan daun singkong dapat membantu tubuh agar tidak kekurangan zat besi.

Karena jika tubuh kekurangan zat besi maka dapat terkena anemia. Jika mengkonsumsi hal tersebut juga dapat membantu proses pembaharuan sel-sel darah merah.

2. Singkong Sebagai Sumber Energi Bagi Tubuh

Dalam 100 gram singkong terkandung 38 gram karbohidrat dan 160 kkal. Maka tak heran jika singkong dapat menjadi sumber energi bagi tubuh manusia.

Ketika kita mengkonsumsi singkong, tubuh kita secara otomatis akan memecah karbohidrat yang terkandung dalam singkong menjadi glukosa, glukosa ini nantinya menjadi sumber energi bagi sel tubuh.

3. Dapat Mencegah Kanker

Selain sebagai sumber energi, singkong juga dapat mencegah penyakit kanker. Karena didalamnya mengandung anti oksidan yang memiliki peran penting untuk mencegah radikal bebas yang masuk ke tubuh. Dimana radikal bebas ini dapat menyebabkan kanker.

Anti oksidan ini dipercaya dapat membantu tubuh untuk melindungi sel-sel dari kerusakan yang mana kerusakan ini disebabkan oleh radikal bebas. Serta dapat memperbaiki DNA yang rusak.

4. Manfaat Singkong Untuk Mencegah Resiko Penyakit Jantung

Di antara organ tubuh manusia yang paling penting adalah jantung. Supaya jantung tetap dalam kondisi baik dan sehat maka bisa melakukan kebiasaan hidup yang baik pula.

Seperti olahraga, mengkonsumsi makanan bergizi dan berserat tinggi. Jika menginginkan makanan dengan kandungan serat tinggi dan biaya yang dikeluarkan murah, maka mengkonsumsi singkong dapat menjadi solusinya.

Ya, karena ubi kayu ini mengandung banyak nutrisi dan serat yang bisa mengontrol kadar kolesterol sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit, salah satunya penyakit jantung.

5. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Gigi dan tulang termasuk bagian penting pada tubuh kita. Apa jadinya jika tulang kita keropos atau bagaimana jadinya jika gigi kita mudah patah saat makan. Nah makanan yang tergolong umbi-umbian ini juga memiliki manfaat dapat menjaga kesehatan gigi dan tulang lho!

Karena singkong banyak mengandung kalsium yang sangat diperlukan bagi tubuh. Kalsium ini dapat menjaga gigi dan tulang supaya tetap kuat. Sedangkan vitamin K yang terkandung di daun singkong berperan dalam membangun susunan tulang serta dapat mencegah hilangnya kalsium.

6. Dapat Memperbaiki dan Melindungi Jaringan Tubuh

Protein yang terkandung dalam singkong berperan sangat penting untuk memperbaiki serta melindungi jaringan tubuh. Bahkan daun singkong banyak mengandung protein seperti arginin, leusin, lisin, isoleusin, dan juga valin yang jarang ditemukan pada daun tanaman umbi-umbian lainnya.

Singkong juga mengandung asam amino seperti halnya telur dan kedelai yang dikenal sebagai sumber protein tinggi.

7. Singkong Dapat Menurunkan Berat Badan

Untuk kalian yang saat ini sedang menjalankan program diet, maka mengkonsumsi singkong bisa menjadi solusinya. Kalori yang terkandung di dalam singkong lebih rendah jika dibandingkan dengan roti atau nasi.

Ubi kayu ini juga mengandung serat yang dapat membuat kenyang lebih lama. Asal tidak berlebihan dalam mengkonsumsi singkong maka berat badan pun dapat ditekan supaya tidak bertambah.

8. Singkong Dapat Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Cuaca yang kadang berubah-ubah, sering mengkonsumsi makanan cepat saji atau kondisi lingkungan yang buruk menjadi beberapa faktor tubuh kita mudah untuk terserang berbagai penyakit.

Nah untuk menjaga agar sistem imun tubuh kita kuat, maka kita dapat mengkonsumsi singkong. Karena singkong mengandung vitamin C dan volat yang baik untuk menjaga serta menguatkan sistem imun tubuh.

Vitamin C sendiri dipercaya dapat melindungi tubuh dari bakteri, serangan virus, dan masalah yang disebabkan dari radikal bebas.

9. Mengobati Diare

Daun singkong dipercaya dapat mengatasi masalah sistem pencernaan. Tidak kalah dengan daunya, daging singkong pun dapat mengatasi masalah tersebut. Caranya dengan meminum air bekas rebusan singkong. Maka dengan sendirinya diare akan sembuh.

10. Menjaga Sistem Pencernaan

Jika kita meminum air rebusan singkong dapat menyembuhkan diare, maka dengan kita mengkonsumsi singkong maka akan dapat menjaga sistem pencernaan supaya tidak memiliki masalah lagi yang berhubungan dengan sistem pencernaan.

Singkong mengandung banyak serat yang sukar untuk larut. Sehingga dapat menyerap racun di dalam sistem pencernaan serta membuangnya saat BAB.

11. Meredakan Sakit Kepala

Manfaat lain dari singkong adalah dapat meredakan sakit kepala. Kalian bisa mengolahnya dengan membuat jus umbi singkong atau dapat dikonsumsi secara langsung.

12. Dapat Mencegah Alzheimer

Salah satu nutrisi yang terkandung di dalam daun singkong adalah vitamin K. Vitamin K sendiri terbukti berperan aktif dalam mengobati pasien yang menderita penyakit Alzheimer.

Penyakit ini dapat mengakibatkan kerusakan di saraf otak. Dengan mengkonsumsi vitamin K dalam jumlah yang cukup maka dapat membantu otak dari kehilangan fungsi sel.

13. Menjaga Kesehatan Otot

Nah, dengan mengkonsumsi singkong secara rutin maka otot akan terjaga kesehatannya. Jadi ubi kayu ini bisa menjadi solusi bagi kita yang saat ini mempunyai keluhan di otot. Singkong sendiri mengandung protein yang membantu membangun kekuatan otot tubuh.

14. Singkong Dapat Menurunkan Gula Darah

Untuk yang memiliki riwayat kolesterol tinggi, mengkonsumsi singkong sangat dianjurkan. Karena ubi kayu ini banyak mengandung serat. Serat ini dapat memperlambat proses penyerapan gula di dalam aliran darah.

15. Singkong Dapat Membantu Mengurangi Stress

Manfaat singkong selanjutnya adalah dapat membantu mengurangi stress serta kecemasan berlebih. Karena singkong mengandung vitamin serta mineral yang baik bagi tubuh.

Selain mengurangi stress dan kecemasan berlebih, kandungan magnesium yang terdapat di dalam singkong juga berperan dalam menenangkan sistem saraf.

16. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat lain dari singkong adalah dapat meningkatkan fungsi otak. Dengan mengkonsumsi singkong atau tepung singkong secara rutin, maka kemampuan otak dapat meningkat. Karena singkong dipercaya mampu menambah energi bagi tubuh dan otak.

17. Singkong Mengandung Serat Tinggi

Ubi kayu ini tergolong ke dalam jenis umbi-umbian yang banyak mengandung serat tinggi, vitamin serta mineral yang ada di dalamnya. Serat yang tinggi ini dapat memperlancar serta menjaga sistem pencernaan dari penyakit yang akan menyerang tubuh.

18. Manfaat Singkong Bagi Kesehatan Kulit

  • Singkong Dapat Mencerahkan, Melembutkan, dan Melembabkan Kulit

Siapa sangka bukan hanya daging dan daun singkong saja yang dapat dimanfaatkan. Namun kulit singkong pun dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk mencerahkan, melembutkan, serta melembabkan kulit.

Tetapi kulit singkong ini harus diolah terlebih dahulu dengan cara menghaluskan kulit singkong serta membuatnya menjadi scrub.

Jika ingin memanfaatkannya untuk menjadi pelembab kulit, maka cukup tambahkan minyak zaitun atau madu kedalam masker yang berbahan dasar singkong/kulit singkong.

  • Sebagai Masker Wajah

Wajah adalah salah satu bagian terpenting bagi tubuh kita yang terlihat. Ketika wajah kita kusam, berminyak, atau bahkan berjerawat pasti akan menjadikan kita kurang percaya diri!

Nah jika wajah kita mempunyai masalah tersebut, maka bisa mencoba untuk mengaplikasikan masker wajah yang berbahan dasar dari singkong.

Caranya dengan menghaluskan daging singkong lalu mengoleskan ke wajah untuk dijadikan masker. Masker wajah berbahan dasar singkong ini dipercaya dapat menjadikan kulit lebih cerah dan bersinar.

  • Menghilangkan Bekas Luka

Bukan hanya jerawat yang bikin kita kadang kurang percaya diri. Noda bekas jerawat atau luka disekitar wajah pun sama halnya dapat menjadikan kita kurang pede.  Tetapi tidak perlu khawatir karena manfaat singkong lainnya adalah dapat menghilangkan masalah tersebut!

Kita bisa menggunakan singkong untuk dijadikan masker ke area luka di wajah. Gunakan masker singkong ini secara rutin dua kali sehari maka bekas luka atau noda bekas jerawat pun akan menghilang.

19. Singkong Bermanfaat Untuk Kesehatan Rambut

Selain dapat dimanfaatkan sebagai kesehatan kulit, singkong juga dapat dimanfaatkan menjaga kesehatan rambut. Kita bisa menggunakan masker rambut dengan cara menghaluskan singkong atau daunnya.

Cara ini diyakini dapat mempercepat pertumbuhan rambut, mengatasi rambut rontok serta dapat memperkuat akar rambut.

Kandungan Nutrisi Pada Singkong

Kandungan Singkong
Sumber Gambar: berdesa.com

Meskipun singkong memiliki harga yang cukup murah, namun jangan meremehkan nutrisi yang terkandung di dalam ubi kayu ini.

Di bawah ini adalah nutrisi-nutrisi yang terkandung di dalam singkong:

  • Air
  • Zat Besi
  • Fosfor
  • Kalori
  • Kalsium
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Protein
  • Vitamin A, vitamin C, dan vitamin E

Banyak bukan nutrisi yang terkandung dalam singkong? Tak mengherankan jika singkong sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Zat Berbahaya yang Terkandung Pada Singkong

Manfaat singkong untuk kesehatan dan kecantikan
Sumber Gambar: encrypted-tbn0.gstatic.com

Meskipun singkong memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, tetapi singkong juga mengandung beberapa zat berbahaya. Apa saja zat-zat berbahaya tersebut? Berikut penjelasannya.

  • Singkong mengandung zat kimia glikosida sianogen. Zat kimia ini dapat melepaskan sianida di dalam tubuh jika mengolah singkong dengan cara sembarangan. Maka olahlah singkong secara baik dan benar.
  • Jika mengkonsumsi singkong secara berlebihan maka tubuh dapat kekurangan yodium. Karena singkong dipercaya dapat menurunkan jumlah yodium yang diserap tubuh.
  • Hindari juga mengkonsumsi singkong secara berlebihan terlebih bagi kita yang sedang pada masa kehamilan atau menyusui. Karena dapat menjadi faktor meningkatkan risiko bayi mengalami cacat bawaan atau kelainan tiroid.
  • Untuk yang mempunyai riwayat penyakit tidoid maka dilarang mengkonsumsi singkong! Karena dapat mempengaruhi menurunnya kadar hormon tiroid dalam tubuh.

Nutrisi yang terkandung dalam singkong memang sangat bermanfaat bagi kesehatan, akan tetapi singkong juga memiliki beberapa efek samping yang berbahaya bagi tubuh kita.

Hindari mengkonsumsi singkong secara berlebihan serta melakukan pengolahan singkong dengan baik dan benar agar zat-zat berbahaya yang terkandung di dalamnya tidak membahayakan jiwa kita.

Demikianlah penjelasan kami tentang manfaat singkong, kandungan nutrisi pada singkong, serta zat berbahaya yang terkandung pada singkong.

Tinggalkan komentar