Manfaat Strawberry

Halo sahabat @PakTani11, perlu diketahui bahwa manfaat strawberry untuk perawatan kecantikan dan kesehatan itu banyak sekali. Seperti bermanfaat untuk membersihkan kulit, melembabkan rambut, dan masih banyak lagi.

Strawberry atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama stroberi merupakan salah satu buah paling populer di dunia. Buah yang sangat di gemari oleh orang-orang ini memiliki rasa yang manis namun sedikit asam. Selain memiliki rasa yang enak, terdapat banyak manfaat strawberry yang tidak kalah dengan manfaat bawang merah.

Tanaman ini memiliki beberapa spesies, salah satunya yaitu Fragraria chiloensis L yang tersebar di berbagai negara- negara di Amerika, Eropa, dan Asia. Namun spesies F. vescha L lebih menyebar luas dibandingkan dengan spesies lainnya. Spesies inilah yang pertama kali masuk ke Indonesia.

Buah yang memiliki bentuk mungil berwarna merah dan terdapat bintik-bintik ini ternyata mengandung berbagai manfaat untuk tubuh. Misalnya dapat dijadikan sebagai masker wajah. Bukan hanya dijadikan masker wajah, strawberry juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh.

Berbagai Manfaat Strawberry untuk Perawatan Hingga Kesehatan

Manfaat Strawberry untuk kesehatan
Sumber Gambar: pixabay.com

Manfaat Strawberry untuk Wajah

Selain dapat dimakan langsung, strawberry juga mampu membuat wajah Anda terlihat lebih cerah, bebas dari jerawat dan minim kerutan! Inilah beberapa manfaat strawberry untuk kecantikan wajah.

  • Membersihkan Kulit

Strawberry terbukti kaya akan antioksidan yang dapat memudahkan pengeluaran kotoran dalam permukaan kulit. Selain itu, buah ini juga mampu menghilangkan toksin serta kotoran.

  • Menyerap Minyak Berlebih

Manfaat strawberry selanjutnya untuk perawatan kulit wajah adalah mampu menyerap minyak berlebih di wajah. Ini karena terdapat kandungan vitamin C yang efektif menghilangkan minyak serta menjaga wajah supaya tetap cerah.

  • Membuat Kulit Berkilau

Strawberry juga teruji klinis mampu membuat wajah terlihat lebih berkilau atau bercahaya. Hal ini disebabkan karena terdapat kandungan antioksidan lain di dalamnya. Inilah yang menyebabkan strawberry selalu hadir dalam produk-produk perawatan pencerah kulit wajah.

  • Menghilangkan Sel Kulit Mati

Pernahkah Anda mendapati sel kulit mati di daerah muka? Umumnya sel kulit mati ini terjadi karena bekas jerawat. Ketika ingin mengambilnya dengan tangan secara langsung biasanya akan terasa susah kan?

Agar memudahkan untuk mengangkat sel kulit mati, maka diperlukan bantuan. Karena ditakutkan akan mengakibatkan infeksi atau malah menimbulkan tumbuhnya jerawat baru. Maka dengan menggunakan strawberry dapat menjadi solusinya. Adanya asam salsilat dapat menjadikan sel kulit mati terangkat dengan mudah dari pori-pori kulit.

  • Menunda Penuaan

Manfaat strawberry yang terakhir untuk perawatan kulit wajah yaitu untuk menunda tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, keriput atau kulit kering. Namun hal ini dapat Anda dapatkan jika rutin memakainya. Tingginya antioksidan pada strawberry mampu mendongkrak jumlah kolagen dalam tubuh. Sehingga mampu menjaga kulit wajah agar tetap elastis.

Manfaat Strawberry untuk Rambut

Manfaat Strawberry untuk Rambut
Sumber Gambar: cdn.cnbcafrica.com

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan kulit dan kesehatan tubuh, strawberry juga bermanfaat untuk perawatan rambut, supaya rambut bebas ketombe, dan membuat rambut menjadi lebih halus dan lembut.

Ini terjadi karena strawberry mengandung magnesium, vitamin C, vitamin E, dan omega-3 yang dapat merawat kesehatan rambut. Di bawah ini adalah manfaat strawberry untuk perawatan rambut.

  • Menghilangkan Ketombe

Jika Anda mempunyai masalah rambut berketombe, maka dapat memanfaatkan strawberry untuk menghilangkannya. Caranya dengan mencapurkan strawberry dengan telur, kemudian aduk sampai rata, lalu tambahkan olive oli.

Gunakan bahan yang telah tercampur tersebut untuk dijadikan masker rambut. Biarkan selama 30 menit. Lakukanlah cara ini sekali dalam seminggu, maka masalah ketombe dapat teratasi.

  • Membuat Rambut Lebih Berkilau

Selain dapat menghilangkan ketombe, masker rambut berbahan dasar strawberry juga sangat baik untuk membuat rambut terlihat lebih berkilau. Namun kali ini campurkan strawberry dengan mayonais. Lakukan 2 kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Melembabkan Rambut

Jika ingin mempunyai rambut lembab, maka bisa menggunakan strawberry sebagai pelembab rambut alami. Ini terjadi karena kandungan antioksidan yang tinggi pada strawberry sangat baik untuk perawatan rambut.

  • Mengurangi Masalah Rambut Bercabang

Rambut yang baik dan sehat itu adalah rambut yang tidak bercabang. Strawberry dapat melawan masalah ini karena memiliki kandungan asam dan juga vitamin yang dapat mengurangi rambut bercabang.

Manfaat Strawberry untuk Ibu Hamil

Manfaat Strawberry untuk ibu hamil
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Dibalik rasa yang enak, strawberry juga mengandung nutrisi dan vitamin yang baik untuk ibu hamil. Inilah beberapa manfaat buah strawberry untuk ibu hamil.

  • Mencegah Berat Badan Berlebih pada Janin

Sudah bukan menjadi hal yang tabu, jika buah strawberry bermanfaat untuk menjaga kestabilan berat badan. Hal ini yang menjadi alasan banyak orang mengkonsumsi buah strawberry untuk menunjang program diet.

Bagi ibu hamil juga dapat mengkonsumsi strawberry agar dapat mengontrol berat badan si janin di trimester akhir. Karena pada fase ini, laju perkembangan janin terus meningkat.

  • Mencegah Anemia

Wanita hamil sangat rentan terkena penyakit anemia atau kurang darah. Ini disebabkan karena banyaknya sel-sel darah merah yang dibutuhkan bagi perkembangan janin.

Oleh sebab itu, mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti strawberry sangat di perlukan untuk membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin C sangat efektif untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Dalam hal ini mengkonsumsi buah strawberry sangat dianjurkan karena buah ini banyak mengandung vitamin C.

  • Mengatasi Rasa Mual

Bagi ibu yang sedang hamil, rasa mual pada awal kehamilan mungkin telah menjadi hal biasa yang mau tidak mau harus dirasakan. Namun tidak perlu khawatir, karena buah strawberry dapat mengatasi rasa mual ini karena buah ini memiliki rasa yang sedikit asam dan manis.

Jika bosan mengkonsumsi strawberry secara langsung, maka strawberry dapat diolah menjadi makanan dan minuman yang dapat meningkatkan nafsu makan. Misalnya saja strawberry dibuat menjadi jus.

  • Kaya Akan Kandungan Asam Folat

Strawberry merupakan salah satu buah yang banyak mengandung asam folat. Asam folat ini adalah salah satu vitamin yang dibutuhkan pada masa kehamilan.

Vitamin ini membantu membentuk sel darah merah, dimana sel darah merah sangat dibutuhkan oleh perkembangan janin, membantu perkembangan sistem syaraf, dan dapat mencegah bayi terlahir cacat.

Manfaat Strawberry Lainnya

Manfaat buah strawberry untuk lainnya
Sumber Gambar: cdn-image.hipwee.com

Dibawah ini adalah beberapa manfaat lainnya dari buah strawberry.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Penglihatan mata dapat berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Biasanya masalah yang muncul adalah mata kering, degenerasi makula, degenerasi saraf optik, gangguan lapang pandang, serta meningkatnya risiko infeksi mata.

Buah strawberry merupakan buah yang banyak mengandung vitamin C dan juga antioksidan, seperti flavonoid, elagic acid, phytochemicals, dan phenolic. Kedua hal ini dapat membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan penurunan fungsi mata. Maka dengan mengkonsumsi strawberry yang banyak mengandung vitamin C akan dapat mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Serupa dengan manfaat bawang merah, strawberry juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C pada strawberry mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit dan vitamin C juga memiliki antioksidan yang dapat membantu menetralisir radikal bebas yang membahayakan tubuh.

  • Mengobati Nyeri Sendi dan Asam Urat

Masalah nyeri sendi dan asam urat merupakan salah satu dampak yang ditimbulkan dari radikal bebas. Buah strawberry dapat membantu mengobati masalah ini karena terdapat kandungan antioksidan di dalamnya. Dengan mengkonsumsi buah ini setiap hari maka mampu meredakan peradangan pada sendi.

  • Mencegah Kanker

Vitamin C, asam folat, anthocyanins, kaempferol, serta quercetin merupakan beberapa jenis flavonoid yang terdapat pada strawberry yang memiliki sifat antikarsinogenik. Kandungan-kandungan tersebut dipercaya mampu melawan pertumbuhan tumor penyebab kanker. Maka dengan mengkonsumsi strawberry setiap hari memiliki manfaat besar terhadap penurunan metastasis atau penyebaran sel-sel kanker berbahaya.

  • Meningkatkan Fungsi Otak

Seiring berjalannya waktu, daya ingat serta kemampuan kognitif otak akan mengalami penurunan. Salah satu hal yang menyebabkan hal ini terjadi adalah radikal bebas karena dapat menyebabkan jaringan otak mulai mengalami penurunan fungsi serta saraf otak melemah.

Tetapi tidak perlu khawatir berlebihan, karena buah strawberry dapat membantu masalah ini.

Peneliti dari Harvard University melakukan uji penelitian di  Brigham and Women’s Hospital menemukan bahwa peningkatan konsumsi anthocyanidin dan juga flavonoid yang terkandung pada strawberry dapat membantu melawan penurunan daya ingat.

  • Mencegah Tekanan Darah Tinggi dan Serangan Jantung

Terdapat penelitian yang dipublikasikan pada American Journal of Clinical Nutrition menemukan dan menyimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung anthocyanin seperti buah strawberry akan mampu mencegah tekanan darah tinggi.

Dr. Eric Rimm melakukan penelitian dan mengemukakan bahwa mereka yang mengkonsumsi strawberry secara teratur akan memiliki risiko serangan jantung yang lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi strawberry. Meski hal ini belum diketahui secara pasti, namun diduga anthocyanin memegang peranan penting dalam mencegah serangan jantung.

Itulah pembahasan mengenai manfaat strawbery. Jika ingin mendapatkan manfaat strawberry seperti yang telah di jelaskan di atas maka harus mengkonsumsi secara teratur agar manfaat-manfaat tersebut bisa kita dapatkan dengan maksimal.

Tinggalkan komentar