Tanaman Aquascape di Sawah

Tanaman Aquascape di Sawah – Anda mau mencari tanaman aquascape di sawah? Belum tahu apa saja jenis-jenisnya? Baca informasti tentang tanaman tersebut di sini.

Akan terasa ada yang kurang jika punya akuarium tapi hanya berisi air dan ikan saja. Anda perlu menaruh tanaman aquascape untuk menambah warna pada aquarium anda.

Tidak perlu beli dengan harga mahal. Ada beberapa jenis tanaman aquascape yang bisa didapat di sawah.

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas lebih jauh supaya lebih mengenal jenis tanaman ini.

Baca juga jenis tanaman hias lainnya.

Tanaman Aquascape di Sawah

Jenis Tanaman Aquascape di Sawah
Sumber Gambar: raw.cdn.baca.co.id/

Pengertian tanaman aquascape di sawah adalah jenis tanaman yang bisa digunakan untuk hiasan akuarium. Tidak semua jenis tanaman bisa dijadikan hiasan aquarium.

Oleh karena itu, menjadi penting untuk mencari informasi tentang jenis tanaman aquascape.

Kali ini yang akan dibahas adalah jenis tanaman aquascape di sawah. Ada banyak jenis tanaman ini, namun di sini akan menyebutkan 10 saja.

1. Lindernia Rotundifolia

Jenis Tanaman Aquascape Lindernia Rotundifolia
Sumber Gambar: cdn11.bigcommerce.com

Jenis tanaman aquascape yang pertama kita bahas adalah Lindernia Rotundifolia. Bagi kita orang Indonesia tentu agak sedikit sulit mengingat naman tanaman ini.

Mungkin kita sering melihat di sekitar lingkungan kita atau di sawah. Karena tanaman ini berasal dari Asia, termasuk Indonesia. Bisa jadi di daerah kalian tanaman ini memiliki nama sendiri.

Bentuk daunnya bulat seperti telur, dan bentuknya kecil. Warnanya hijau tua atau hujau gelap. Tanaman ini cukup mandiri karena tidak memerlukan perawatan khusus.

2. Limnocharis Flava

Jenis Tanaman Hias Aquascape Limnocharis Flava
Sumber Gambar: 1.bp.blogspot.com/

Tanaman Limnocharis Flava atau yang sering disebut dengan Genjer, banyak tumbuh di sekitar sawah-sawah. Tanaman ini hidup di perairan sehingga cocok dijadikan tanaman aquascape di sawah.

Tanaman ini memiliki bentuk daun yang lebar. Tumbuh menjulang di atas permukaan. Selain bagus untuk hiasan, tanaman ini juga bisa dikonsumsi. Karena termasuk dalam tanaman sayur.

3. Hydrocotile Sibthorpioides

Jenis tanaman aquascape Hydrocotile Sibthorpioides
Sumber Gambar: flowgrow.de

Berikutnya adalah tanaman aquascape sawah yang bernama Hydrocotile Sibthorpioides. Jika anda sering pergi ke sawah, tentu tidak asing dengan tanaman ini.

Bentuknya menyerupai bentuk ginjal dan berwarna hijau. Mirip dengan spesies verticilata, bedanya belahan pada daunnya lebih dalam.

Sedangkan ukurannya, tanaman ini lebih lebar jika dibandingkan dengan tripartita. Jenis tanaman ini bagus jika digunakan sebagai hiasan aquarim anda.

4. Azolla SP.

Jenis Tanaman Aquascape Azolla SP.
Sumber Gambar: ulyadays.com

Tanaman yang satu ini juga banyak tumbuh di perairan sawah. Azolla SP tumbuh mengambang di dalam air dengan bentuknya yang kecil dan tidak beraturan.

Akar dari tanaman ini juga terlihat mengambang sehingga jika diletakan di dalam aquarium ia akan terlihat sangat indah.

Selain sebagai hiasan aquarium, tanaman ini juga bisa berfungsi sebagai filter atau penyaring air.

5. Marcelia Hirsuta

Tanaman akuarium Marcelia Hirsuta
Sumber Gambar: barrreport.com

Selanjutnya adalah jenis tanaman aquascape di sawah yang bernama Marcelia Hirsuta. Daun tanaman ini mirip daun semanggi, tapi sedikit lebih kecil.

Memiliki daun majemuk dengan jumlah 4 cabang. Dan biasanya ukuran daunnya berbeda-beda. Karena termasuk dalam tanaman air, maka tanaman ini cocok untuk dijadikan hiasan aquarium.

6. Marcilea Crenata

Jenis Tanaman Aquascape Marcilea Crenata
Sumber Gambar: upload.wikimedia.org

Tanaman ini di negara kita lebih dikenal dengan tanaman semanggi. Satu genus dengan Marcelia Hirsuta. Keunikan dari tanaman ini adalah bentuknya yang jika dilihat dari jauh mirip dengan kupu-kupu.

Meskipun tanaman ini tidak hanya tumbuh di daerah perairan, namun tanaman ini bisa hidup di air. Jadi cocok untuk dijadikan tanaman aquascape.

7. Pristia Statiotes

Tanaman Aquascape di Sawah
Sumber Gambar: 3.bp.blogspot.com/

Pristia Statiotes atau nama lainnya adalah apu-apu. Tanaman ini dikenal sebagai gulma oleh para petani. Seperti yang kita tahu, gulma adalah tanaman yang merugikan.

Namun, meskipun begitu, keunikan dan keindahan tanaman ini membuatnya cocok untuk di jadikan hiasan aquarium. Dan tanaman ini bisa berfungsi sebagai pembersih air dari pencemaran.

8. Hydrocotile Tripartita

Jenis Tanaman Aquascape di Sawah Hydrocotile Tripartita
Sumber Gambar: shop.plantedaquariumscentral.com

Tanaman ini biasanya terlihat tumbuh di tepi-tepi sawah. Hydrocotile Tripartita tumbuh menggerombol dengan bentuknya yang mirip karper dan daunnya berbentuk menyerupai bentuk ginjal.

Jika ingin menjadi tanaman ini sebagai hiasa aquarium, maka tidaka ada perawatan khusus yang mempersulit. Cukup dengan memperbanyak rhizoma.

9. Java Moss

Tanaman Aqarium Java Moss
Sumber Gambar: myhomenature.com

Tanaman hias aquascape yang satu ini tergolong sudah populer di kalangan pecinta tanaman aquascape. Selain bentuknya yang indah, tanaman ini sangat mudah ditemukan.

Karena tanaman ini mudah tumbuh di tepi-tepi sawah dan di dekat tanaman padi. Tanaman ini tergolong dalam tanaman yang tumbuhnya cukup lambat. Bentuk daunnya kecil meruncing.

10. Hydrocotile Verticilata

Jenis Tanaman Akuarium Hydrocotile Verticilata
Sumber Gambar: purposefulplants.com

Terakhir adalah tanaman aquascape yang bernama Hydrocotile Verticilata. Tanaman ini juga sudah populer di kalangan pecinta tanaman aquascape.

Biasanya tumbuh di sawah-sawah yang tidak dekat dengan air. Pertumbuhannya tergolong sangat cepat. Dan perawatannya juga sangat mudah. Tanaman ini bisa bertahan lama jika CO2 dan cahaya tidak terlalu banyak.

10 jenis tanaman aquascape bersumber dari sawah tersebut hanya sebagian dari banyaknya tanaman aquascape yang tumbuh di sawah.

Anda bisa berinisiatif untuk mencari dan menemukan jenis tanaman aquascape yang bagus di sekitaran sawah. Karena di sawah tumbuh banyak sekali macam jenis tumbuhan.

Ke-10 tanaman aquascape di sawah yang sudah kita sebutkan, bisa anda temukan dengan mudah di sekitaran sawah-sawah. Selamat mencari.

Tinggalkan komentar